15 Contoh Bacaan Mad Shilah Qashirah Beserta Surat dan Ayatnya

Contoh bacaan mad shilah qashirah dapat ditemui dalam berbagai ayat Al-Quran salah satunya dalam surat Al An'am ayat 21 اِنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الظّٰلِمُوْنَ. Dalam lafadz اِنَّهٗ terdapat ha dhomir yang jatuh setelah huruf berharakat.

Mad shilah qashirah berbeda dengan mad shilah thawilah dimana bacaannya lebih pendek, sebagaimana arti dari qashirah yang artinya pendek dan thawilah yang mempunyai arti panjang.

Dalam artikel ini kami akan memberikan contoh bacaan mad shilah qashirah yang terdapat dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya yang sudah kami rangkum beserta penjelasannya.

Table of Contents

Apa Itu Bacaan Mad Shilah Qashirah

10 contoh bacaan mad shilah qashirah dalam alquran
10 contoh bacaan mad Shilah qashirah dalam Al-quran

Mad shilah qashirah adalah huruf mad yang berupa tambahan dan dikira-kirakan yang jatuh setelah ha dhomir.  Panjang bacaan mad shilah qashirah adalah 2 harakat (ketukan) atau biasa disebut dengan 1 alif ketika ha dhomir dibaca dhommah atau kasrah.

Mad shilah qashirah bertempat pada ha dhomir dimana sebelumnya terdapat huruf yang berharakat, contohnya عِنْدَهٗ (sebelum ha berupa da berharakat). Jika sebelum ha dhomir hurufnya tidak berharakat maka tidak ada bacaan mad, contohnya فِيْهَا خٰلِدُوْنَ (sebelum ha berupa ya sukun).

Salah satu syarat bacaan mad shilah thawilah adalah huruf setelah ha dhomir tidak disambung, jika huruf setelah ha dhomir disambung maka tidak bisa dibaca mad shilah qoshirah contohnya إِنَّهُ الحَقُّ.

Perhatikan pengertian bacaan mad shilah qashirah, dimana dibaca mad apabila ha dhomir dibaca dhommah atau kasrah. Sedangkan kita tahu bahwa huruf mad yang mencocoki dhommah adalah wau dan yang cocok dengan kasrah adalah ya.

Al hasil, huruf mad shilah qashirah ada 2 yaitu wau dan ya yang dikira-kirakan. Kedua huruf mad tersebut tidak tampak secara dhohir tetapi akan tampak secara bacaan. Lihatlah contoh bacaan عِنْدَهٗ dan بِهٖ. Kedua lafadz tersebut tidak terdapat huruf mad tetapi harus dibaca mad shilah qashirah, karena huruf madnya dikira-kirakan(disembunyikan), jika diperlihatkan aslinya adalah عِنْدَهٗوْ dan بِهِيْ

Mad pada dasarnya terbagi menjadi 2 yaitu mad asli dan mad far'i. Mad asli berupa mad thobi'i dimana jumlah hurufnya ada 3 yaitu : wau, ya dan alif. Sedangkan mad far'i adalah mad yang panjangnya melebihi mad asli dikarenakan tambahan alif atau sukun.

Salah satu dari macam mad far'i adalah mad shilah. Mad shilah di bagi menjadi 2, yaitu mad shilah thawilah dan mad shilah qashirah.

Ciri ciri mad silah Qasirah antara lain :

  • Jatuh setelah ha dhomir
  • Huruf sebelum ha dhomir berharakat (bukan huruf mati atau sukun)
  • Ha dhomir tidak disambung
  • Huruf mad tidak terlihat tetapi disembunyikan yang jatuh setelah ha dhomir

15 Contoh Mad Shilah Qashirah

Berikut ini beberapa contoh mad silah qasirah beserta surat dan ayatnya dalam Al Quran :

1. QS. Al Baqarah ayat 81

بَلٰى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَّاَحَاطَتْ بِهٖ خَطِيْۤـَٔتُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Artinya : Bukan demikian! Siapa yang berbuat keburukan dan dosanya telah menenggelamkannya, mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al baqarah ayat 81 adalah بِهٖ.

2. QS Āli ‘Imrān ayat 14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

Artinya : Dijadikan indah bagi manusia kecintaan pada aneka kesenangan yang berupa perempuan, anak-anak, harta benda yang bertimbun tak terhingga berupa emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat ali imran ayat 14 adalah عِنْدَهٗ.

3. QS. Al-An'am ayat 21

وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِهٖۗ اِنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya : Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan suatu kebohongan terhadap Allah atau mendustakan ayat-ayat-Nya? Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak beruntung.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al an'am ayat 21 adalah اِنَّهٗ 

4. QS. An-Nisā' ayat 2

وَاٰتُوا الْيَتٰمٰىٓ اَمْوَالَهُمْ وَلَا تَتَبَدَّلُوا الْخَبِيْثَ بِالطَّيِّبِ ۖ وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَهُمْ اِلٰٓى اَمْوَالِكُمْ ۗ اِنَّهٗ كَانَ حُوْبًا كَبِيْرًا

Artinya : Berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah dewasa) harta mereka. Janganlah kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan janganlah kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya (tindakan menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat an nisa' ayat 2 adalah اِنَّهٗ

5. QS. Al-Mā'idah ayat 14

وَمِنَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّا نَصٰرٰٓى اَخَذْنَا مِيْثَاقَهُمْ فَنَسُوْا حَظًّا مِّمَّا ذُكِّرُوْا بِهٖۖ فَاَغْرَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاۤءَ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ ۗ وَسَوْفَ يُنَبِّئُهُمُ اللّٰهُ بِمَا كَانُوْا يَصْنَعُوْنَ

Artinya : Dari orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani,” Kami telah mengambil perjanjian. Kemudian, mereka melupakan sebagian pesan yang telah diperingatkan kepada mereka. Maka, Kami menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka hingga hari Kiamat. Kelak Allah akan memberitakan kepada mereka apa yang selama ini mereka perbuat.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al maidah ayat 14 adalah بِهٖ.

6. QS. Maryam ayat 2

ذِكْرُ رَحْمَتِ رَبِّكَ عَبْدَهٗ زَكَرِيَّا ۚ

Artinya : (Yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhanmu kepada hamba-Nya, Zakaria,

Contoh mad shilah thawilah dalam surat maryam ayat 2 adalah عَبْدَهٗ

7. QS. Al-Kahf ayat 5

مَّا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ وَّلَا لِاٰبَاۤىِٕهِمْۗ  كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْۗ اِنْ يَّقُوْلُوْنَ اِلَّا كَذِبًا

Artinya : Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang (hal) itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah besar (dosa) perkataan yang keluar dari mulut mereka. Mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al kahfi ayat 5 adalah بِهٖ.

8. QS. Al-Isrā' ayat 1

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya : Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya425) agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

425) Masjidilaqsa dan daerah sekitarnya diberkahi Allah Swt., di antaranya, dengan diutusnya banyak nabi di sana dan dengan kesuburan tanahnya.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al isra' ayat 1 adalah بِعَبْدِهٖ. حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ dan اِنَّهٗ

9. QS. Yāsīn ayat 28

۞ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى قَوْمِهٖ مِنْۢ بَعْدِهٖ مِنْ جُنْدٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَمَا كُنَّا مُنْزِلِيْنَ  

Artinya : Setelah dia (dibunuh), Kami tidak menurunkan satu pasukan pun dari langit kepada kaumnya dan Kami tidak perlu menurunkannya.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat yasiin ayat 28 adalah بَعْدِهٖ

10. QS. Al-Furqān ayat 1

تَبٰرَكَ الَّذِيْ نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلٰى عَبْدِهٖ لِيَكُوْنَ لِلْعٰلَمِيْنَ نَذِيْرًا ۙ

Artinya : Maha berlimpah anugerah (Allah) yang telah menurunkan Furqan (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya (Nabi Muhammad) agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al furqan ayat 1 adalah عَبْدِهٖ.

11. QS. Al-Anbiyā' ayat 19

وَلَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَمَنْ عِنْدَهٗ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسْتَحْسِرُوْنَ ۚ

Artinya : Hanya milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. (Malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al anbiya ayat 19 adalah عِبَادَتِهٖ, لَهٗ dan عِنْدَهٗ

12. QS. Ar-Raḥmān ayat 29

يَسْـَٔلُهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ  كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِيْ شَأْنٍۚ

Artinya :  Siapa yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap hari Dia menangani urusan.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat ar rahman ayat 29 adalah يَسْـَٔلُهٗ.

13. QS. Al-Wāqi‘ah  ayat 77

اِنَّهٗ لَقُرْاٰنٌ كَرِيْمٌۙ  

Artinya : Sesungguhnya ia  benar-benar Al-Qur’an yang sangat mulia,

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al waqiah ayat 77 adalah اِنَّهٗ 

14. QS. Al-Mulk ayat 13

وَاَسِرُّوْا قَوْلَكُمْ اَوِ اجْهَرُوْا بِهٖۗ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ 

Artinya : Rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al mulk ayat 13 adalah اِنَّهٗ 

15. QS. Al-Qalam ayat 7

اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖۖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ 

Artinya : Sesungguhnya Tuhanmulah yang paling mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya. Dialah yang paling mengetahui siapa orang yang mendapat petunjuk.

Contoh mad shilah thawilah dalam surat al qalam ayat 7 adalah سَبِيْلِهٖ.

Demikian pembahasan mengenai contoh bacaan mad shilah qashirah beserta surat dan ayatnya, kami berikan bukan hanya 5 atau 10 contoh melainkan 15 contoh diharapkan supaya membantu para pelajar dalam memahami dan membedakan bacaan mad dalam ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment