10 Contoh Mad Badal Beserta Surat dan Ayatnya

Contoh mad badal beserta surat dan ayatnya banyak kita jumpai dalam Al Quran, salah satunya dalam surat Al Anbiya ayat 48 وَلَقَدْ اٰتَيْنَا مُوْسٰى وَهٰرُوْنَ الْفُرْقَانَ وَضِيَاۤءً وَّذِكْرًا لِّلْمُتَّقِيْنَ. Dalam ayat tersebut lafadz اٰتَيْنَا merupakan contoh mad badal dimana terdapat hamzah yang setelahnya berupa huruf mad.

Memang sekilas terlihat seperti mad thobi'i dimana terdapat alif yang jatuh setelah fathah, tetapi huruf mad tersebut bersama dengan hamzah dalam satu kalimat dan didahului oleh hamzah. Untuk lebih jelasnya apa yang dimaksud dengan mad badal, ciri-ciri beserta contohnya mari kita simak ulasan dari zonasantri.com.

Table of Contents

Apa Yang Dimaksud Dengan Mad Badal?

contoh mad badal beserta surat dan ayatnya dalam Al Quran
contoh mad badal beserta surat dan ayatnya

Secara bahasa badal artinya pengganti, dan mad artinya memanjangkan. Jika dikaitkan dengan qawaidul i'lal maka dapat diketahui bahwa badal disini adalah mengganti hamzah yang kedua karena bertemunya 2 hamzah, lalu hamzah kedua diganti dengan huruf yang mencocoki, contohnya آدَمَ asalnya adalah أَأدَمَ hamzah yang kedua diganti alif karena yang cocok dengan harakat fathah adalah alif. Dan contoh إِيْماَنًا asalnya adalah إِإمَانًا hamzah yang kedua diganti ya' karena yang cocok dengan harakat kasroh adalah ya'.

Mad badal secara istilah adalah bertemunya huruf mad dengan hamzah dalam satu kalimat tetapi didahului huruf hamzah dan mengakhirkan huruf mad, contohnya آدَمَ. Dalam contoh tersebut hamzah lebih dahulu daripada huruf mad berupa alif. Contoh lainnya yaitu إِيْماَنًا dimana huruf hamzah berada diawal lalu setelahnya beru[pa huruf mad ya'.

Dapat disimpulkan bahwa, ciri-ciri mad badal adalah :

  1. Terdapat huruf mad dan hamzah
  2. Huruf mad jatuh setelah hamzah (hamzah berada diawal dan huruf mad jatuh setelahnya)
  3. Mad dan hamzah dalam satu kalimat
  4. Antara huruf mad dan hamzah tidak ada pemisah
Cara membaca mad badal adalah dibaca panjang 2 harakat atau satu alif sama dengan bacaan mad thobii.

Contoh Mad Badal Beserta Surat dan Ayatnya

Pada zaman sekarang Mushaf Al Quran sudah ditulis ulang disertai harakat dan tanda baca yang dimaksudkan untuk memudahkan para pembaca, sehingga beberapa orang mungkin tidak bisa membedakan mana contoh mad badal dan mana yang merupakan contoh mad thobii karena secara tulisan bisa dikatakan sama, contohnya إِيْماَنًا.

Baca Juga : 15 Contoh Bacaan Mad Shilah Qashirah

Bacaan إِيْماَنًا merupakan contoh bacaan mad thobi'i karena terdapat ya' mati yang jatuh setelah kasroh. Pernyataan tersebut benar, tetapi jika mau lebih teliti lagi bacaan mad yang diawali dengan hamzah dalam satu kalimat dan tidak ada pemisah merupakan bacaan mad badal.

10 contoh mad badal didalam Al Quran yang dapat dipelajari adalah sebagai berikut :

1. Surat Al Baqarah Ayat 8

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ ٨

Artinya : Di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari Akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang mukmin.

Contoh mad badal yaitu terdapat pada lafadz الْاٰخِرِ dimana terdapat hamzah yang setelahnya berupa huruf mad dan masih dalam satu kalimat.

2. Surat Taha Ayat 10

اِذْ رَاٰ نَارًا فَقَالَ لِاَهْلِهِ امْكُثُوْٓا اِنِّيْٓ اٰنَسْتُ نَارًا لَّعَلِّيْٓ اٰتِيْكُمْ مِّنْهَا بِقَبَسٍ اَوْ اَجِدُ عَلَى النَّارِ هُدًى ١٠

Artinya : (Ingatlah) ketika dia (Musa) melihat api, lalu berkata kepada keluarganya, “Tinggallah (di sini)! Sesungguhnya aku melihat api. Mudah-mudahan aku dapat membawa sedikit nyala api kepadamu atau mendapat petunjuk di tempat api itu.”

Lafadz اٰنَسْتُ merupakan contoh bacaan mad badal dimana bacaan mad fathah alif jatuh setelah hamzah.

3. Surat Al Anbiya Ayat 48

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا مُوْسٰى وَهٰرُوْنَ الْفُرْقَانَ وَضِيَاۤءً وَّذِكْرًا لِّلْمُتَّقِيْنَ ۙ ٤٨

Artinya : Sungguh, Kami telah menganugerahkan kepada Musa dan Harun Al-Furqan (Kitab Taurat), sinar (kehidupan), dan peringatan bagi orang-orang yang bertakwa.

 Contoh mad badal yaitu terdapat pada lafadz اٰتَيْنَا dimana terdapat hamzah yang setelahnya berupa huruf mad dan masih dalam satu kalimat.

4. Surat Ali imran Ayat 194

رَبَّنَا وَاٰتِنَا مَا وَعَدْتَّنَا عَلٰى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ اِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ١٩٤

Artinya : Ya Tuhan kami, anugerahilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari Kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak pernah mengingkari janji.”

Lafadz اٰتِنَا merupakan contoh bacaan mad badal dimana bacaan mad fathah alif jatuh setelah hamzah.

5. Surat Yusuf Ayat 91

قَالُوْا تَاللّٰهِ لَقَدْ اٰثَرَكَ اللّٰهُ عَلَيْنَا وَاِنْ كُنَّا لَخٰطِـِٕيْنَ ٩١

Artinya : Mereka berkata, “Demi Allah, Allah benar-benar telah melebihkan engkau di atas kami dan sesungguhnya kami benar-benar orang-orang yang bersalah.”

Contoh mad badal yaitu terdapat pada lafadz اٰثَرَكَ dimana terdapat hamzah yang setelahnya berupa huruf mad dan masih dalam satu kalimat.

6. Surat Al Kahfi Ayat 64

قَالَ ذٰلِكَ مَا كُنَّا نَبْغِۖ فَارْتَدَّا عَلٰٓى اٰثَارِهِمَا قَصَصًاۙ ٦٤

Artinya : Dia (Musa) berkata, “Itulah yang kita cari.” Lalu keduanya kembali dan menyusuri jejak mereka semula.

Lafadz اٰثَارِهِمَا merupakan contoh bacaan mad badal dimana bacaan mad fathah alif jatuh setelah hamzah.

7. Surat At-Tur Ayat 21

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِاِيْمَانٍ اَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآ اَلَتْنٰهُمْ مِّنْ عَمَلِهِمْ مِّنْ شَيْءٍۗ كُلُّ امْرِئٍ ۢبِمَا كَسَبَ رَهِيْنٌ ٢١

Artinya : Orang-orang yang beriman dan anak cucunya mengikuti mereka dalam keimanan, Kami akan mengumpulkan anak cucunya itu dengan mereka (di dalam surga). Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.

Contoh mad badal yaitu terdapat pada lafadz اٰمَنُوْا dan اِيْمَانٍ dimana terdapat hamzah yang setelahnya berupa huruf mad dan masih dalam satu kalimat.

8. Surat Al Qashas Ayat 29

۞ فَلَمَّا قَضٰى مُوْسَى الْاَجَلَ وَسَارَ بِاَهْلِهٖٓ اٰنَسَ مِنْ جَانِبِ الطُّوْرِ نَارًاۗ قَالَ لِاَهْلِهِ امْكُثُوْٓا اِنِّيْٓ اٰنَسْتُ نَارًا لَّعَلِّيْٓ اٰتِيْكُمْ مِّنْهَا بِخَبَرٍ اَوْ جَذْوَةٍ مِّنَ النَّارِ لَعَلَّكُمْ تَصْطَلُوْنَ ٢٩

Artinya : Maka, ketika Musa telah menyelesaikan waktu yang ditentukan itu dan berangkat dengan istrinya,561) dia melihat api di lereng gunung. Dia berkata kepada keluarganya, “Tunggulah (di sini). Sesungguhnya aku melihat api. Mudah-mudahan aku dapat membawa suatu berita kepadamu dari (tempat) api itu atau (membawa) sepercik api agar kamu dapat menghangatkan badan (dekat api).”

Lafadz اٰنَسَ dan اٰنَسْتُ, اٰتِيْكُمْ merupakan contoh bacaan mad badal dimana bacaan mad fathah alif jatuh setelah hamzah.

561) Setelah Nabi Musa a.s. menyelesaikan hal yang dijanjikan kepada mertuanya, Syekh Madyan, ia berangkat bersama istrinya ke Mesir untuk menjumpai ibunya.

9. Surat An Nahl Ayat 106

مَنْ كَفَرَ بِاللّٰهِ مِنْۢ بَعْدِ اِيْمَانِهٖٓ اِلَّا مَنْ اُكْرِهَ وَقَلْبُهٗ مُطْمَىِٕنٌّۢ بِالْاِيْمَانِ وَلٰكِنْ مَّنْ شَرَحَ بِالْكُفْرِ صَدْرًا فَعَلَيْهِمْ غَضَبٌ مِّنَ اللّٰهِ ۗوَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ ١٠٦

Artinya : Siapa yang kufur kepada Allah setelah beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa (mengucapkan kalimat kekufuran), sedangkan hatinya tetap tenang dengan keimanannya (dia tidak berdosa). Akan tetapi, siapa yang berlapang dada untuk (menerima) kekufuran, niscaya kemurkaan Allah menimpanya dan bagi mereka ada azab yang besar.

Contoh mad badal yaitu terdapat pada lafadz اِيْمَانِ dimana terdapat hamzah yang setelahnya berupa huruf mad dan masih dalam satu kalimat.

10. Surat Asy-Syuara' Ayat 84

وَاجْعَلْ لِّيْ لِسَانَ صِدْقٍ فِى الْاٰخِرِيْنَ ۙ ٨٤

Artinya : Jadikanlah aku sebagai buah tutur yang baik di kalangan orang-orang (yang datang) kemudian.

Lafadz الْاٰخِرِيْنَ merupakan contoh bacaan mad badal dimana bacaan mad fathah alif jatuh setelah hamzah.

Demikian penjelasan mengenai contoh mad badal beserta sueat dan ayatnya semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca, terlebih bagi para pelajar yang sedang belajar ilmu Al Quran dan tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment