Bagaimana Cara Melaksanakan Sujud Tilawah Pada Saat Sedang Shalat dan Diluar Sholat?

Cara melaksanakan sujud tilawah pada saat sedang salat dan diluar sholat adalah berbeda pelaksanaannya. lalu bagaimana tata cara melakukannya didalam sholat dan diluar sholat?

Berbeda dengan sujud sahwi yang pasti dilakukan didalam shalat dan sujud syukur yang dilakukan diluar sholat, pelaksanaan sujud tilawah ada yang terjadi didalam sholat karena membaca ayat sajdah ketika sholat dan ada yang terjadi diluar sholat karena mendengar ayat sajdah dibacakan, atau ia sendiri bertepatan membaca ayat sajdah.

Dalam artikel ini kami akan terangkan bagaimana cara melakukan sujud tilawah pada saat sholat dan diluar sholat agar teman-teman tidak salah dalam mempraktikkannya.

Table of Contents

Hukum Melakukan Sujud Tilawah

Bagaimana cara melaksanakan sujud tilawah pada saat sedang sholat dan diluar sholat
Bagaimana cara melaksanakan sujud tilawah pada saat sedang sholat

Hukum melakukan sujud tilawah adalah sunnah baik itu didalam sholat maupun diluar sholat. Pada saat sedang shalat seseorang yang membaca surat dan sampai pada ayat sajdah maka disunnahkan melaksanakan sujud tilawah. Begitu juga orang yang tidak dalam keadaan sholat mendengar ayat sajdah maka disunnahkan melakukan sujud tilawah.

Didalam kitab Fathul Muin Syaikh Zainuddin Al Malibari mengatakan :

تسن سجدة التلاوة لقارئ وسامع جميع أية سجدة ويسجد مصل لقراءته إلا مأموما فيسجد هو لسجدة إمامه

Artinya : Sujud tilawah disunnahkan bagi orang yang membaca atau mendengar sebagian ayat sajdah. Orang yang sholat dianjurkan sujud karena membaca ayat sajdah kecuali bagi makmum, maka makmum mesti sujud karena mengikuti sujudnya imam.

Ayat sajdah dalam Al Quran yang disunnahkan melakukan sujud sahwi ketika membaca atau mendengarnya ada 15 :

Bagaimana Cara Melaksanakan Sujud Tilawah Pada Saat Sedang Shalat

Cara melaksanakan sujud tilawah pada saat sedang shalat yaitu pada saat kita selesai membaca ayat sajdah lalu mengucap takbir tanpa mengangkat kedua tangan untuk melakukan sujud tilawah. Pada saat sujud tilawah membaca doa : سَجَدَ وَجْهِيَ للَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ  وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ و قُوَّتِهِ (sajada wajhiya lilladzi kholaqohu wa showwarohu wa syaqqa sam'ahu wabasharahu bihaulihi waquwwatihi).

Baca Juga : Perbedaan Sujud Syukur Sujud Sahwi dan Sujud Tilawah

Kemudian berdiri kembali seperti posisi sebelum sujud tanpa duduk istirahat dengan mengucap takbir tanpa mengangkat kedua tangan. Alhasil, jika tadi kita membaca surat sajdah dipertengahan ayat maka teruskanlah ayat selanjutnya. Jika membaca ayat sajdah yang berada diakhir ayat maka diam sejenak untuk selanjutnya melakukan rukuk.

Inilah alur cara melakukan sujud tilawah didalam sholat :

  1. Ketika selesai membaca ayat sajdah, mengucap takbir tanpa mengangkat kedua tangan
  2. Turun untuk melakukan sujud tilawah
  3. Melaksanakan sujud tilawah dengan membaca doa
  4. Mengucap takbir untuk berdiri kembali tanpa mengangkat kedua tangan dan tanpa duduk istirahat
  5. Kembali kebacaan atau rukun sholat sebelum melakukan sujud tilawah

Perlu diperhatikan : Sujud tilawah yang dilakukan didalam shalat tidak ada niat, takbiratul ihram dan salam.

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur?

Bagaimana Cara Melaksanakan Sujud Tilawah Saat Diluar Shalat

Cara melaksanakan sujud tilawah diluar sholat harus memenuhi syarat sah sholat meliputi : suci dari hadats besar dan kecil, suci dari najis baik pakaian, badan maupun tempat sujud, menutup aurat dan menghadap kiblat.

Ketika kita membaca ayat sajdah ataupun mendengar bacaan ayat sajdah diluar sholat dan ingin melakukan sujud sahwi maka pertama harus memenuhi syarat sah sholat seperti yang disebut diatas kemudian niat sujud tilawah,mengangkat kedua tangan takbiratul ihram (tidak harus berdiri) lalu takbir kembali tanpa mengangkat kedua tangan untuk melakukan sujud kemudian sujud tilawah dengan membaca doa :

 سَجَدَ وَجْهِيَ للَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ  وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ و قُوَّتِهِ (sajada wajhiya lilladzi kholaqohu wa showwarohu wa syaqqa sam'ahu wabasharahu bihaulihi waquwwatihi). Setelah itu duduk untuk melakukan salam.

Inilah alur cara melakukan sujud tilawah diluar sholat :

  • Ketika selesai membaca atau mendengar ayat sajdah pastikan suci dari hadats besar dan kecil
  • Pakaian, badan dan tempat sujud harus suci dari najis
  • Menutup aurat
  • Menghadap kiblat
  • Niat melakukan sujud tilawah
  • Takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan
  • Takbir tanopa mengangkat kedua tangan untuk melakukan sujud
  • Sujud dengan membaca doa sujud tilawah
  • Bangun dari sujud berhenti sejenak tanpa membaca tahiyat
  • Melakukan salam

Demikian penjelasan kami mengenai bagaimana cara melaksanakan sujud tilawah pada saat sedang salat dan diluar sholat, semoga banyak memberikan manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment