Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur?

Alasan mengapa kita harus melakukan sujud syukur salah satunya adalah karena mendapatkan nikmat secara mendadak atau terhindar dari marabahaya pada waktu tersebut. Hal ini sebagai perwujudan rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh Allah.

Tata cara melaksanakan sujud syukur sama dengan tata cara melakukan sujud tilawah diluar sholat, hanya saja penyebab sujudnya yang berbeda, begitu juga bacaannya.

Dalam artikel ini kami akan terangkan apa yang dimaksud dengan sujud syukur dan bagaimana cara melakukannya lalu mengapa kita harus melakukan sujud syukur? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Arti Bacaan Dalam Sujud

Apa Yang dimaksud Sujud Syukur

Mengapa kita harus melakukan sujud syukur -zonasantri
Mengapa kita harus melakukan sujud syukur? gambar: https://www.zonasantri.com/

Sujud syukur hukumnya sunnah. Dalam kitab Wizaratul Auqaf was Syu'unul Islamiyah Kuwait, al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah al Kuwaitiyah dijelaskan sujud syukur adalah sujud yang dilakukan oleh seseorang ketika datangnya nikmat atau tertolaknya bahaya.

هو سجدة يفعلها الإنسان عند هجوم نعمة أو اندفاع نقمة

Artinya : Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan oleh seseorang ketika kedatangan nikmat atau tertolaknya bahaya.

- Wizaratul Auqaf was Syu'unul Islamiyah Kuwait, al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah al Kuwaitiyah

Bagaimana Cara Melakukan Sujud Syukur

Sujud syukur dilakukan oleh orang yang mendapatkan nikmat secara mendadak atau orang yang terhindar dari musibah. 

Sujud syukur dapat dilakukan ditempat manapun asalkan tempat untuk sujud suci dari najis. Cara melaksanakan sujud syukur sama dengan tata cara melakukan sujud tilawah diluar sholat yaitu :

  • Suci dari hadats dan najis
  • Badan, pakaian dan tempat sujud harus suci
  • Menutup aurat
  • Mengahadap kiblat
  • Niat melakukan sujud syukur
  • Takbiratul Ihram
  • Mengucap takbir lalu turun untuk melaksanakan sujud syukur
  • Melakukan sujud syukur dengan membaca doa
  • Duduk setelah sujud syukur
  • Salam

Berbeda dengan sujud sahwi yang dilakukan sebanyak 2x, sujud syukur dilakukan sebanyak 1x. Adapun bacaan doa yang biasa dibaca umat islam saat melakukan sujud syukur adalah:

سَجَدَ وَجْهِيَ للَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ  وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ و قُوَّتِهِ

Latin : Sajada wajhiya lilladzi khalaqahu washawwarahu wa syaqqa sam'ahu wabasharahu bihaulihi waquwwatihi.

Artinya : Diriku bersujud kepada dzat yang menciptakan dan membentuk, membuka pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuatannya.

Baca Juga :Tata Cara Sujud Sahwi dan Bacaannya

Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur

Dalam kitab Al Iqna' diterangkan beberapa alasan yang menyebabkan disunnahkan untuk sujud syukur, yaitu :

  • Datangnya nikmat secara mendadak
  • Terhindar dari bahaya
  • Melihat orang terkena musibah(orang cacat)
  • melihat orang fasik secara terang-terangan

Pernyataan yang bukan merupakan penyebab melaksanakan sujud syukur adalah mendapatkan nikmat secara lazim(sebagaimana umumnya) seperti diberikan nikmat sehat, nikmat berdagang laris dan sebagainya, karena nikmat tersebut lazimnya(umumnya) sering kita dapatkan bukan termasuk nikmat yang mendadak.

Baca Juga : Bagaimana Cara Melaksanakan Sujud Tilawah Yang Benar?

Adapun alasan mengapa kita harus melakukan sujud syukur antara lain :

  1. Mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub ilAllah) - Banyak cara seorang muslim mendekatkan diri kepada Allah seperti bedzikir, shodaqoh, membaca Al Quran dan banyak amalan lainnya tak terkecuali sujud syukur.
  2. Bentuk rasa syukur karena diberi nikmat atau dijauhkan dari musibah - Bentuk rasa syukur bukan melulu tentang nikmat apa yang selalu Allah berikan kepada kita, tetapi mencakup juga diri kita dihindarkan dari marabahaya.
  3. Menambah nikmat yang telah diberikan - Allah telah berfirman dalam surat ibrahim Ayat 7 yang artinya kurang lebih "Sesungguhnya jika kalian bersyukur pasti kami akan menambah(nikmat) kepada kalian dan jika kalian kufur (atas nimat-Ku), sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.
  4. Bentuk kerendahan diri kepada Allah - Segala kenikmatan yang Allah berikan adalah karena kasih sayang dan kemurahan dari Allah, maka untuk menghindari rasa takabur dan sombong sebaiknya ketika mendapat nikmat yang mendadak atau selamat dari bahaya seyogyanya melakukan sujud syukur.

Demikian pembahasan mengenai mengapa harus melakukan sujud syukur sudah kami sampaikan secara jelas. Semoga dapat menambah keilmuan para pembaca dalam membedakan antara sujud dalam sholat, sujud sahwi, sujud syukur dan sujud tilawah.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment