5 Contoh Idgham Mutamatsilain Mutajanisain Mutaqaribain di Juz 30

Perhatiakan 2 ayat berikut : اِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌۙ dan وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ .Dalam ayat pertama عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌۙ merupakan contoh bacaan idgham mutamatsilain dan lafadz عَبَدْتُّمْۙ dalam ayat kedua merupakan contoh idgham mutajanisain di juz 30.

Perbedaan idgham mutamatsilain dan mutajanisain adalah jika mutamatsilain kedua hurufnya sama baik dalam hal makhraj maupun sifat sedangkan idgham mutajanisain kedua hurufnya berdekatan dalam hal makhraj dan sifatnya.

Dalam artikel ini kami kami membahas tentang contoh idgham mutamatsilain mutajanisain dan mutaqaribain di juz 30 beserta surat dan ayatnya disertai penjelasannya.

Table of Contents

Contoh Idgham Mutamatsilain Mutajanisain Mutaqaribain di Juz 30

contoh idgham mutaqaribain mutajanisain mutamatsialin dalam surat pendek
contoh idgham mutaqaribain mutajanisain mutamatsialin di juz 30

Macam macam idgham dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. Idgham mutamatsilain
  2. Idgham mutajanisain
  3. Idgham mutaqaribain

Idgham mutamatsilain terjadi apabila terdapat 2 huruf yang sama dalam hal makhraj dan sifatya, seperti ba bertemu ba, dal bertemu dal dan lain sebagainya.

Idgham mutajanisain terjadi ketika ada 2 huruf yang berdekatan dalam hal makhraj dan sifatnya, sedangkan idgham mutaqaribain terjadi jika bertemunya 2 huruf yang berdekatan dalam hal makhraj tetapi tidak dalam hal sifat.

Idgham Mutamatsilain di Juz 30

Bacaan idgham mutamatsilain itu terjadi ketika adanaya 2 huruf yang sama dalam hal sifat dan makhrajnya, contohnya نَجْعَلْ لَّهٗ terdapat lam bertemu dengan lam.

Huruf-huruf idgham mutamatsilain ada 28 sesuai dengan jumlah huruf hijaiyah.

Cara membaca kalimat yang termasuk dalam idgham Mutamatsilain ialah dengan memasukkan huruf yang pertama kedalam huruf yang kedua dengan mentasdidkan hurufnya.

Berikut ini adalah contoh hukum bacaan idgham mutamatsilain disurat pendek juz 30 :

  1. Surat Quraisy Ayat 4 : الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْف Artinya : yang telah memberi mereka makanan untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut. Lafadz اَطْعَمَهُمْ مِّنْ merupakan contoh idgham mutamatsilain di juz 30 surat Quraisy ayat 4.
  2. Surat Al-Humazah Ayat 8 : اِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌۙ Artinya : Sesungguhnya dia (api itu) tertutup rapat (sebagai hukuman) atas mereka,
  3. Surat Al-Qadr Ayat 4 : تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ Artinya : Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
  4. Surat Al-Balad Ayat 8 : اَلَمْ نَجْعَلْ لَّهٗ عَيْنَيْنِۙ Artinya : Bukankah Kami telah menjadikan untuknya sepasang mata,
  5. Surat Al-Fajr Ayat 17 : كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ الْيَتِيْمَۙ Artinya : Sekali-kali tidak! Sebaliknya, kamu tidak memuliakan anak yatim,757)
  6. Surat Al-Muṭaffifīn Ayat 3 : وَاِذَا كَالُوْهُمْ اَوْ وَّزَنُوْهُمْ يُخْسِرُوْنَۗ Artinya : (Sebaliknya,) apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka kurangi.
  7. Surat An-Nāzi‘āt Ayat 18 : فَقُلْ هَلْ لَّكَ اِلٰٓى اَنْ تَزَكّٰىۙ Artinya : Lalu, katakanlah (kepada Fir‘aun), ‘Adakah keinginanmu untuk menyucikan diri (dari kesesatan).

Idgham Mutajanisain di Juz 30

Bacaan idgham mutajanisain terjadi ketika adanaya 2 huruf yang berdekatan dalam hal sifat dan makhrajnya

Cara membaca kalimat yang termasuk dalam idgham mutajanisain ialah dengan memasukkan huruf yang pertama kedalam huruf yang kedua dengan mentasdidkan hurufnya.

Jumlah huruf-huruf idgham mutajanisain antara lain :

  • ت  dan ط
  • ط  dan ت
  • ت dan  د
  • ل dan ر
  • ذ  dan ظ
  • د  dan ت

Contoh idgham mutajanisain dalam juz amma di juz 30 ialah lafadz عَبَدْتُّمْۙ dalam surat Al Kafirun ayat 4 :

وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ

Artinya : Aku juga tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

عَبَدْتُّمْۙ adalah contoh idgham mutajanisain dalam juz amma surat Al Kafirun ayat 4

Perhatikan ayat ini : كَلَّا بَلْ ۜرَانَ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ مَّا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Dalam surat Al Muthaffifin ayat 14 terdapat lam sukun bertemu dengan ra (بَلْ ۜرَانَ), tetapi tidak dapat dihukumi bacaan idgham mutajanisain karena setelah lafadz بَلْ terdapat saktah(berhenti sejenak tanpa mengambil nafas).

Idgham Mutaqaribain di Juz 30

Bacaan idgham mutaqaribain terjadi ketika terdapat 2 huruf yang dekat dalam makhraj dan sifatnya.

Cara membaca kalimat yang termasuk dalam idgham Mutamatsilain ialah dengan memasukkan huruf yang pertama kedalam huruf yang kedua dengan mentasdidkan hurufnya.

Jumlah huruf-huruf idgham mutaqaribain yang berdekatan dalam hal makhraj dan sifatnya adalah :

  • ق dan ك
  • ب dan  م
  • ث dan  ذ

Didalam surat pendek juz 30 kami belum menemukan contoh idgham mutaqaribain. Untuk mengetahui contohnya teman-teman bisa baca dalam artikel kami yang berjudul " ".

Demikian pembahasan kami mengenai contoh idgham mutamatsilain mutajanisain dan mutaqaribain di juz 30 beserta surat dan ayatnya disertai penjelasan hurufnya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment