Hadits Puasa Asyura Arab Latin dan Artinya Beserta Keutamaannya

Puasa asyura 10 muharram 2023 jatuh pada tanggal 28 juli 2023. Ada beberapa hadits yang menerangkan tentang keutamaan puasa dibulan muharram terlebih pada tanggal 10 yaitu hari asyura.

Dalam kesempatan kali ini kami akan sampaikan hadits tentang puasa asyura dan tasua arab dan artinya dan juga keutamaannya.

Hadits Puasa Asyura Arab

dalil hadits puasa asyura arab dan artinya
hadits puasa asyura arab dan artinya

Berpuasalah kamu di hari asyura hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Begini redaksi haditsnya.

روى الشيخان عن ابن عباس رضي الله عنهما أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلم صام عاشوراء وأمر بصيامه

Artinya kurang lebih : Imam Bukhari dan muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma "sesungguhnya Rasulullah SAW berpuasa bulan asyura dan memerintah supaya kita mengerjakannya"

Hadits diatas merupakan salah satu dalil puasa asyura yang biasa dijadikan pegangan orang islam. Puasa asyura hukumnya adalah sunnah, bukanlah wajib.

Baca Juga : Niat Puasa Asyura dan Tasua Arab dan Artinya

Orang-orang yahudi juga melaksanakan puasa asyura untuk menghormati Nabi Musa AS, sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan imam muslim :

 عن ابن عبّاس رضي الله عنهما قال : قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء فسئلوا عن ذالك؟ فقالوا : هذا اليوم الذي أظهر الله فيه موسى و بني إسرائيل على فرعون فنحن نصومه تعظيما له فقال النبيّ صلى الله عليه وسلم : نحن أولى بموسى منكم فأمر بصومه (رواه مسلم)

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma berkata : Rasululah SAW hadir dikota madinah maka beliau menjumpai orang yahudi berpuasa di hari asyura. Mereka ditanya tentang puasa tersebut. Mereka (orang yahudi) menjawab : Hari ini adalah hari dimana Allah memberikan kemenangan kepada Nabi Musa AS dan Bani Israil atas fir'aun. Maka kita berpuasa untuk menghormati (memuliakan) Nabi Musa. Maka Nabi SAW bersabda : Kami (umat islam) lebih utama (menghormati) Nabi Musa, maka Nabi memerintahkan puasa ayura.

Boleh saja hanya puasa ditanggal 10 muharram tanpa puasa tasua. Didalam kitab "I'anatut Thalibien" karya Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati diterangkan :

 وفى الأم لا بأس أن يفرده (أي لا بأس أن يصوم العاشر وحده

Artinya : Didalam kitab "Al-Umm" tidak mengapa hanya melakukan puasa asyura saja. Maksudnya  tidak mengapa hanya berpuasa ditanggal 10 saja tanpa diiringi hari sebelumnya tanggal 9 muharrram atau sesudahnya.

Tetapi untuk membedakan dengan ibadah puasa sunnah umat yahudi sebaiknya juga dilakukan puasa ditanggal 9 muharram yang dinamakan puasa tasua.

Didalam kitab "Riyadhus Sholihin" Karya Imam Nawawi, diterangkan :

 روى مسلم عن ابن عبّاس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لئن بقيت إلى قابل لأصومنّ التاسع

Imam Muslim meriwayatkan dari sahabt Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : Jikalau aku masih hidup sampai tahun depan sungguh aku akan berpuasa pada tanggal 9 muharram.

Baca Juga : Doa Asyura 10 Muharram Arab dan Artinya

Hadits Puasa Asyura Menghapus Dosa Setahun

Puasa bulan muharram merupakan puasa yang paling utama setelah puasa bulan ramadhan, sebagimana diterangkan dalam hadits :

روى مسلم عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم و أفضل الصلاة بعد الفريضة صلاة الليل

Diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Puasa paling utama setelah ramadhan adalah puasa pada bulan muharram dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.'

Dibulan muharram terdapat hari yang istimewa yaitu hari asyura tanggal 10 muharram. Ada beberapa hadits yang menerangkan keutamaan puasa pada hari tersebut.

Adapun hadits puasa asyura yang menjelaskan menghapus dosa 1 tahun, berikut adalah redaksinya :

روى مسلم عن أبي قتادة رضي الله عنه أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل عن صيام يوم عاشوراء فقال يكفر السنة الماضية 

Artinya kurang lebih : Imam Muslim meriwayatkan dari Abi Qatadah Radhiyallahu 'anhu sesungguhnya rasulullah SAW ditanya tentang puasa asyura. nabi menjawab : menghapus dosa satu tahun yang telah berlalu. 

Demikian pembahasan kami mengenai hadits puasa asyura arab latin dan artinya beserta keutamaannya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.
Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment