15 Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun Beserta Surat dan Ayatnya

Contoh bacaan mad arid lissukun beserta surat dan ayatnya dapat kita temukan dalam Al Quran mulai dari surat Al Fatihah, surat Al Baqarah hingga surat-surat pendek di juz 30. Contohnya قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَۙ .

Lafadz الْكٰفِرُوْنَۙ dimana terdapat huruf hijaiyah nun yang jatuh setelah hurf mad dan dalam keadaan waqof maka harakat pada huruf nun dihilangkan dan timbullah sukun baru dinamakan bacaan mad arid lissukun.

Jika sudah menguasai materi tentang huruf mad dan pembagiannya tentunya mudah untuk mencari 5 contoh bacaan mad arid lissukun, tetapi terkadang kita diminta untuk mencari bacaan mad arid lissukun pada surat tertentu di dalam Al Quran yang mengharuskan kita mencari dan membacanya dari ayat per ayat.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini zonasantri.com akan memberikan 15 contoh bacaan mad arid lissukun beserta surat dan ayatnya didalam Al Quran yang dapat teman-teman pelajari.

Table of Contents

Contoh Mad Arid Lissukun Dalam Surat Al Baqarah

15 contoh bacaan mad arid lissukun beserta surat dan ayat
15 contoh bacaan mad arid lissukun beserta surat

Mad arid lissukun adalah bacaan mad jika ada huruf mad setelahnya berupa huruf mati yang baru sebab matinya karena waqaf. Contoh bacaan mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah adalah : 

  1. اَوَلَا يَعْلَمُوْنَ اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّوْنَ وَمَا يُعْلِنُوْنَ ٧٧ Artinya : Tidakkah mereka tahu bahwa Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka nyatakan? Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 77 adalah lafadz يُعْلِنُوْنَ dimana nun yang awalnya berharakat ketika tingkah waqaf dan jatuh setelah huruf mad maka harakatnya dihilangkan dan diganti sukun.
  2. وَمِنْهُمْ اُمِّيُّوْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ الْكِتٰبَ اِلَّآ اَمَانِيَّ وَاِنْ هُمْ اِلَّا يَظُنُّوْنَ ٧٨ Artinya : Di antara mereka ada yang umi (buta huruf), tidak memahami Kitab (Taurat), kecuali hanya berangan-angan dan mereka hanya menduga-duga. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 78 adalah lafadz يَظُنُّوْنَ .
  3. وَلَقَدْ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ اٰيٰتٍۢ بَيِّنٰتٍۚ وَمَا يَكْفُرُ بِهَآ اِلَّا الْفٰسِقُوْنَ ٩٩ Artinya : Sungguh, Kami benar-benar telah menurunkan ayat-ayat yang jelas kepadamu (Nabi Muhammad), dan tidaklah ada yang mengingkarinya selain orang-orang fasik. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 99 adalah lafadz الْفٰسِقُوْنَ .
  4. اَوَكُلَّمَا عٰهَدُوْا عَهْدًا نَّبَذَهٗ فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ ۗ بَلْ اَكْثَرُهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ ١٠٠ Artinya : Mengapa setiap kali mereka mengikat janji, sekelompok mereka melanggarnya? Bahkan, sebagian besar mereka tidak beriman. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 100 adalah lafadz يُؤْمِنُوْنَ .
  5. وَلَوْ اَنَّهُمْ اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَمَثُوْبَةٌ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ خَيْرٌ ۗ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ ࣖ ١٠٣ Artinya : Seandainya mereka benar-benar beriman dan bertakwa, pahala dari Allah pasti lebih baik, seandainya mereka mengetahui(-nya). Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 103 adalah lafadz يَعْلَمُوْنَ .

Contoh Mad Arid Lissukun Surat Al Fiil Juz 30

  • اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ ١ Artinya : Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? Contoh mad arid lissukun dalam surat Al fiil ayat 1 adalah lafadz الْفِيْلِۗ .
  • اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ ٢ Artinya : Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia? Contoh mad arid lissukun dalam surat Al fiil ayat 2 adalah lafadz تَضْلِيْلٍۙ 
  • وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ ٣ Artinya : Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al fiil ayat 3 adalah lafadz اَبَابِيْلَۙ .
  • تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ ٤ Artinya : yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar, Contoh mad arid lissukun dalam surat Al fiil ayat 4 adalah lafadz سِجِّيْلٍۙ .
  • فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ࣖ ٥ Artinya : sehingga Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). Contoh mad arid lissukun dalam surat Al fiil ayat 5 adalah lafadz مَّأْكُوْلٍ .

Contoh Mad Arid Lissukun Surat Al Kafirun Juz 30

  • قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَۙ ١ Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai orang-orang kafir, Contoh mad arid lissukun dalam surat Al kafirun ayat 1 adalah lafadz الْكٰفِرُوْنَۙ .
  • لَآ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَۙ ٢ Artinya : aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al kafirun ayat 2 adalah lafadz تَعْبُدُوْنَۙ .
  • لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ ࣖ ٦ Artinya : Untukmu agamamu dan untukku agamaku.” Contoh mad arid lissukun dalam surat Al kafirun ayat 6 adalah lafadz دِيْنِ .

Contoh Mad Arid Lissukun Surat Al Qariah Juz 30

  • يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ ٤ Artinya : Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al qariah ayat 4 adalah lafadz الْمَبْثُوْثِۙ .
  • وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ ٥ Artinya : dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al qariah ayat 5 adalah lafadz الْمَنْفُوْشِۗ .
Demikian pembahsan mengenai 15 contoh bacaan mad arid lissukun beserta surat dan contohnya. Besar harapan dapat memberikan banyak manfaat untuk para pelajar yang sedang dalam belajar ilmu tajwid dan dapat mengaplikasikannya dengan benar ketika membaca Al Quran.
Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment