Rodhitu Billahi Robba Wabil Islami Dina Wabi Muhammadin Nabiyya Warasula

Rodhitu billahi robba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula sering dibaca anak-anak madrasah untuk memulai kegiatan belajar dengan awalan doa tersebut. Bagi yang terbiasa membaca dzikir doa tersebut juga biasa di dzikirkan untuk bacaan dzikir sore hari.

Sebenarnya apa manfaatnya mengamalkan dzikir tersebut, apakah ada hadits yang berkaitan dengan doa ini, seperti apa tulisan arab dan artinya.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai rodhitu billahi rabba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula.

Table of Contents

Rodhitu Billahi Robba Wabil Islami Dina Wabi Muhammadin Nabiyya Warasula

rodhitu billahi rabba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula hadits dan manfaat
rodhitu billahi rabba wabil islami dina (zonasantri.com)

Radhitu billahi rabba, Kalimat tersebut sering terdengar ketika anak-anak membaca doa ketika akan mulai belajar. Bukan hanya doa belajar Radhitu billahi rabba juga biasa dijadikan bacaan doa ketika sore hari. Jadi untuk mengetahui kebenaran doa tersebut kita simak penjelasan berikut.

Tulisan arab Rodhitu billahi rabba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula adalah sebagai berikut :

  • Arab gundul : رضيت بالله ربّا وبالإسلام دينا وبمحمّد نبيّا ورسولا
  • Arab berharakat : رضيت بالله ربّا وبالإسلام دينا وبمحمّد نبيّا ورسولا

Radhitu artinya Aku ridho. Kata Radhitu berasal dari madhi mutsalsti mujarrad ikut wazan faila berupa rodhiya (رضي) lalu ditasrif lughowi maka ketemulah lafadz rodhitu (رضيت) yang memiliki arti aku ridho.

Billahi robba (بالله ربّا) ba' merupakan huruf jar. huruf jar pasti mempunyai ta'alluq yaitu lafadz rodhitu. Jadi billahi robba artinya aku rido Allah sebagai tuhanku.

Wabil islami dina (وبالإسلام دينا) disitu terdapat wawu athof dan lafadz tersebut ikut (athof) dengan lafadz billahi robba sehingga mempunyai arti aku ridho islam sebagai agamaku.

Wabimuhammadin nabiyya warasula (وبمحمّد نبيّا ورسولا) kalimat ini masih athof dengan lafadz billahi robba sehingga mempunyai makna aku ridho Muhammad sebagai Nabi dan Rasul.

Sehingga bisa dijelaskan arti dari Rodhitu billahi rabba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula (رضيت بالله ربّا وبالإسلام دينا وبمحمّد نبيّا ورسولا) artinya Aku ridho Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai Agamaku dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku.

Dalam praktiknya rodhitubillahi rabba bisa dijadikan bacaan dzikir bisa juga sebagai bacaan doa. Adapun doa dengan permulaan rodhitu billahi robba adalah doa untuk memulai pelajaran, kalimatnya adalah sebagai berikut :

رضيت بالله ربّا وبالإسلام دينا وبمحمّد نبيّا ورسولا ربّ زدني علما وارزقني فهما واجعلني من الصالحين

Latinrodhitu billahi robba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya wa rasula rabbi zidni ilma warzuqni fahma waj'alni minas sholihin.

Artinya : Aku ridho Allah Sebagai tuhanku, islam sebagai agamaku, muhammad sebagai nabi dan rasulku, Ya Allah berilah hamba tambahan ilmu dan berilah hamba rizqi berupa kefahaman . dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang sholih.

Adapun beberapa manfaat yang didapat jika seseorang mengamalkan Radhitu billahi rabba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula yang kami himpun dari beberapa sumber yaitu :

  • Wajib baginya untuk masuk surga
  • Mendapatkan ridho Allah SWT

Hadits Tentang Rodhitu Billahi Robba

Disamping doa untuk belajar rodhitu billahi rabba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula sejatinya adalah amalan dzikir sore hari yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Hadits mengenai dzikir radhitubbiillahi rabba wabil islami dina diriwayatkan oleh imam turmudzi dari tsauban Radhiyallu 'anhu ia berkata : Rasulullah SAW bersabda yang artinya : Barang siapa pada sore hari membaca :

رضيت بالله ربّا وبالإسلام دينا وبمحمّد صلّى الله عليه وسلّم نبيّا كان حقّا على الله تعالى أن يرضيه

Latin : rodhitu billahi robba wabil islami dina wabi muhammadin shollallahu alaihi wasallama nabiyya, kana haqqon 'alallai ta'ala an yurdhiyahu

Artinya : Aku ridho Allah Sebagai tuhanku, islam sebagai agamaku, muhammad  SAW sebagai nabiku, niscanya ia akan mendapatkan ridho Allah.

Diantara para perawi hadits tersebut terdapat sa'ad bin marzaban Abu sa'ad Al Baqqal Al Kuufii, bekas budak yang dimerdekakan oleh sahabat nabi yang bernama Hudzaifah bin Al Yaman. Dia adalah seorang perawi hadits yang dinyatakan dhoif oleh para ahli hadits dengan kesepakatan pendapat. tetapi Imam Turmudzi menyatakan bahwa hadits tersebut diatas adalah hasan shahih gharib. Kemungkinan imam turmudzi meriwayatkan hadits tersebut dengan jalan lain tidak melalui sa'ad tersebut.

Imam Abu daud dan nasa'i juga meriwayatkan hadits yang serupa dengan sanad yang baik dari seorang sahabat yang berkhodam melayani kebutuhan Nabi SAW yang bersumber lagsung dari beliau. Dengan demikian isbatlah shahihnya hadits itu, walillahi  hamdu. Hadits serupa diriwayatkan oleh Al Hakim Abu Abdillah didalam kitabnya Al Mustadrak ia menyatakan sebagai hadits shahih pada sanadnya.

Didalam riwayat Imam abu Daud dan lainnya diterangkan sebagai berikut :

بمحمّد رسولا

(Bimuhammadin Rasula)
Dengan Nabi Muhammad sebagai rasul. Sedangkan dalam riwayat imam turmudzi :

بمحمّد نبيّا 

(Bimuhammadin Nabiyya)
Dalam mengamalkan dzikir rodhitu billahi robba disunnahkan untuk menghimpun keduanya :

بمحمّد نبيّا ورسولا

(Bimuhammadin nabiyya wa rasula)

Dan apabila dibaca salah satunya pun sudah termasuk mengamalknan sunnah Rasulullah. Jadi jelas sudah bahwa rodhitubbiillahi rabba wabil islami imama merupakan sebuah bacaan dzikir atau doa bukan bacaan sholawat. 

Demikian penjelasan mengenai bacaan dzikir dan doa rodhitu billahi robba wabil islami dina wabi muhammadin nabiyya warasula semoga menambah pemahaman bagi teman-teman yang membutuhkan informasi.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment