Sholawat Thobibiyah (Thobibi Qalbi) Lirik Arab Latin dan Artinya

Sholawat thobibiyah atau juga dikenal dengan nama sholawat thobibi qalbi dikenal karena pernah dibacakan oleh Habib Husain bin Anis bin Alwi bin Ali Al-Habsyi pengarang maulid simtudduror.

Thobibi qalbi artinya pengobat hatiku, dimana salah satu manfaat dari sholawat ini adalah untuk mengobati (membersihkan) penyakit dalam diri kita secara lahir maupun batin.

Dalam artikel ini kami akan tuliskan teks sholawat thobibiyah yang pernah dilantunkan oleh Habib Husain Al Habsyi beserta ijazah dan khasiatnya dan juga lirik arab latin dan artinya.

Baca Juga : Sholawat Karimil Aba Wal Ummahat

Table of Contents

Sholawat Thobibiyah (Thobibi Qalbi)

sholawat thobibiyah (thobibi qalbi) lirik
sholawat thobibiyah (thobibi qalbi) 

Dahulu sholawat thabibiyah sering dilantunkan untuk pujian sholawatan untuk menunggu ibadah sholat jamaah dimasjid. Pelantun sholawat biasanya melantunkan sholawat yang ia hafal dan kuasai, jika zaman sekarang mungkin ada beberapa orang yang tidak tahu bacaan sholawat thobibiyah karena banyaknya macam bacaan sholawat.

Inilah bacaan sholawat thobibiyah yang pernah dilantunkan Habib Husain Al Habsyi

اللهمَّ صَلِّ وسلِّمْ على سيَّدِيْ وحبِيْبِيْ وطَبِيْبِيْ قَلْبِيْ وجَسَدِيْ وَروْحِيْ سيِّدِيْ رَسُوْلِ الله مُحًمَّدٍ ابْنِ عَبْدِ الله الصَّادِقِ اْلآمِيْن وعَلَى آلِهِ وصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Allahumma sholli wasallim 'ala sayyidi wahabibi wathobi qalbi wajasadi waruhi sayyidi rasulillah muhammadibni 'abdillah as-shodiqil amin wa 'ala alihi washahbihi ajmain.

Artinya : ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan atas atas junjunganku da kekasihku dan pengobat hati, jasad dan ruhku. Yaitu junjunganku, utusan Allah yaitu Muhammad putra Abdullah, seorang yang benar dan jujur. dan juga (berikanlah sholawat dan salam) kepada keluarga nabi dan para sahabatnya.

Ijazah sholawat thabibiyah dari Habib Husain bin Anis bin Alwi bin Ali Al-Habsyi untuk dibaca diawal majelis dan diniatkan untuk menguatkan ruh dan jiwa, membersihkan penyakit dalam diri kita dhohiran wa bathinan dan untuk kesehatan.

Cara mengamalkan sholawat thobibiyah yaitu dibaca sebanyak 7 kali ketika akan memulai majelis. Faidah sholawat thobibiyah adalah sebagai berikut :

  • Menguatkan ruh dan jiwa
  • Membersihkan penyakit dalam diri kita dhohiran(yang tampak mata) wa bathinan(dan berada dalam jiwa)
  • Untuk kesehatan.

Lirik Sholawat Thobibiyah

Pada tahun 2021 sholawat thobibiyah kembali populer karena banyak orang yang melantunkannya, salah satunya adalah artis Dian Agustin. Inilah lirik sholawat thobibiyah arab dan latin.

Arab :

اللهمَّ صَلِّ وسلِّمْ على

سيَّدِيْ وحبِيْبِيْ

وطَبِيْبِيْ قَلْبِيْ

وجَسَدِيْ وَىُوْحِيْ

سيِّدِيْ رَسُوْلِ الله

مُحًمَّدٍ ابْنِ عَبْدِ الله

الصَّادِقِ اْلآمِيْن

وعَلَى آلِهِ

وصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Baca Juga : Lirik Sholawat Badar Arab Latin dan Artinya

Latin :

Allahumma sholli wasallim 'ala 

sayyidi wahabibi

wathobi qalbi 

wajasadi waruhi

sayyidi rasulillah

muhammadibni 'abdillah

as-shodiqil amin

wa 'ala alihi

washahbihi ajmain.

Album Artis Dirilis
Sholawat Thobibiyah Dian Agustin 2021

Demikian pembahasan mengenai sholawat thabibiyah (thobibi qalbi) beserta ijazah dan khasiatnya disertai lirik arab latin dan artinya.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment