Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Yang Benar, Khasiat dan Cara Mengamalkannya

Sholawat ibrahimiyah adalah bacaan sholawat yang biasa dibaca umat muslim setiap hari pada saat tasyahud didalam sholat baik itu sholat fardhu ataupun sholat sunnah.

Didalam sholat kita membacanya pada saat duduk tasyahud, lalu seperti apa bacaannya yang benar.

Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang bacaan sholawat ibrahimiyah yang benar beserta khasiat dan cara mengamalkannya.

Mari kita simak bersama.

Table of Contents

Sholawat Ibrahimiyah Yang Benar

bacaan sholawat ibrahimiyah yang benar
bacaan sholawat ibrahimiyah yang benar

Sholawat ibrahimiyah biasa dibaca setiap muslim dalam sholat, tetapi banyak juga orang yang mencari tentang sholawat ibrahimiyah yang benar. Hal tersebut kemungkinan karena adanya perbedaan redaksi periwayatan tentang sholawat ibrahimiyah dan kemungkinan kedua adalah tentang perbedaan pemakaian kata sayyidina dalam sholawat ibrahimiyah dalam sholat maupun pengamalannya.

Mengenai periwayatan sholawat ibrahimiyah ada banyak ahli hadits yang meriwayatkannya, antara lain:

  • Imam Malik dalam kitab muwattho'
  • Imam Bukhori dalam shohih bukhori
  • Imam Muslim dalam shohih muslim
  • Imam Abu Dawud
  • Imam Nasai
  • Imam Turmudzi
  • Imam Al Iraqi
  • Imam As Sakhawi

Di kutip dari Nu Online dalam pembahasan mengenai sholawat ibrahimiyah, Sebagaimana penuturan An-Nabhani beginilah teks sholawat ibrahimiyah yang di riwayatkan oleh imam baihaqi :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ   

Allahumma sholli ala muhammad wa ala ali muhammad kama shollaita ala ibrahim wa ala aali ibrahim wabaarik ala muhammad wa ala aali muhammad kama barakta ala ibrahim wa ala aali ibrahim fil alamina innaka hamidum majid. 

Shalawat Ibrahimiyah adalah shalawat yang paling sempurna shighatnya dibanding shalawat-shalawat yang lain, baik yang ma’tsûrah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma’tsûrah.

Karena kesempurnaannya ini maka para ulama menentukannya sebagai shalawat yang dibaca ketika seorang muslim melakukan shalat, di samping karena adanya kesepakatan perihal kesahihan haditsnya.

- Yusuf bin Ismail An Nabhani dalam Afdlalus Shalawat Ala Sayyidis Saadat  

Mengenai perbedaan pemakaian lafadz sayyidina dan tidak sebagaimana didalam hadits tidak memakai lafadz sayyidina, sedangkan para muslimin indonesia jika membaca sholawat nabi termasuk juga sholawat ibrahimiyah banyak yang menggunakan lafadz sayyidina, lalu manakah yang benar.

Tentunya mereka yang memakai lafadz sayyidina mempunyai dasar tersendiri sehingga dapat berpegang teguh dengan prinsip tersebut, sebagaimana pernyataan imam ramli dalam kitab nihayatul muhtaj :

Bahwa yang utama adalah membacanya dengan menggunakan kata sayyidinâ. Karena di dalam penggunaan kata ini ada pemenuhan terhadap perintah, sekaligus juga tata krama terhadap pangkat beliau yang semestinya. Maka menggunakan kata sayyidinâ ketika membaca shalawat Ibrahimiyah lebih utama dari pada tidak menggunakannya.

- Syamsudin Ar-Ramli dalam Nihayatul Muhtaj syarah al-Minhaj

Sementara Imam Ahmad bin Hajar menuturkan bahwa penambahan kata sayyidinâ sebelum kata Muhammad tidaklah mengapa. Bahkan ini merupakan tata krama terhadap hak Rasulullah meskipun diucapkan di dalam shalat fardlu.

Karena banyaknya perawi atau periwayatan mengenai sholawat ibrahimiyah, tentunya antara perawi satu dengan lainnya ada sedikit perbedaan teks dalam periwayatannya. Adapun redaksi dari imam bukhori adalah sebagai berikut :

عن كعب بن عجرة رضي الله عنه قال: سَأَلْنَا رَسولَ اللَّهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ فَقُلْنَا: يا رَسولَ اللَّهِ، كيفَ الصَّلَاةُ علَيْكُم أَهْلَ البَيْتِ؛ فإنَّ اللَّهَ قدْ عَلَّمَنَا كيفَ نُسَلِّمُ علَيْكُم؟ قالَ: قُولوا: اللَّهُمَّ صَلِّ علَى مُحَمَّدٍ وعلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كما صَلَّيْتَ علَى إبْرَاهِيمَ وعلَى آلِ إبْرَاهِيمَ ، إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ علَى مُحَمَّدٍ وعلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كما بَارَكْتَ علَى إبْرَاهِيمَ وعلَى آلِ إبْرَاهِيمَ ، إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ . أخرجه البخاري (٣٣٧٠، و٦٣٥٧)

Latin :

'An Ka'ab ibnu ujroh tradhiyallahu 'anhu qola: saalna rasulallah sallallahu 'alaihi wasallam faqulna : ya rasulallah, kaifas sholatu 'alaikum ahlal bait fainnallah qad 'allamana kaifa nusallimu 'alaikum? qola : quulu : Allahumma sholli ala muhammad wa ala ali muhammad kama shollaita ala ibrahim wa ala aali ibrahim innaka hamidum majid allahumma barik 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama barakta ala ibrahim wa ala aali ibrahim innaka hamidum majid. akhrajahul bukhori.

Artinya :

Dari ka'ab bin ujrah radhiyallahu anhu berkata ; kita bertanya kepada rasulullah SAW, maka kita berkata : wahai Rasulullah , bagaimana cara kita bersholawat kepada engkau sekalian ahlul bait, maka sesungguhnya Allah telah mengajarkan kita bagaimana memberi salam kepada engaku sekalian (ahlul bait). Nabi SAW bersabda : ucapkanlah oleh kalian : Allahumma sholli ala muhammad wa ala ali muhammad kama shollaita ala ibrahim wa ala aali ibrahim innaka hamidum majid allahumma barik 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama barakta ala ibrahim wa ala aali ibrahim innaka hamidum majid. akhrajahul bukhori. Hadits riwayat bukhori

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat Nabi Muhammad SAW yang terbaik dan terindah adalah sholawat ibrahimiyah karena sholawat ini diajarkan langsung oleh Nabi SAW (sholawat Maktsurah). Adapun bunyi bacaan shalawat ibrahimiyah arab adalah sebagai berikut:  

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Latin :

Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad kama shollaita ala sayyidina ibrahim wa ala aali sayyidina ibrahim wabaarik ala sayyidina muhammad wa ala aali sayyidina muhammad kama shollaita ala sayyidina ibrahim wa ala aali sayyidina ibrahim fil alamina innaka hamidum majid.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.” 

Khasiat Sholawat Ibrahimiyah 1000x

Setiap sholawat mempunyai manfaat tersendiri, adapun khasiat sholawat ibrahimiyah sebagaimana disebutkan oleh imam As-Shawi dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari di mana Rasulullah SAW bersabda:
  من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له   
Artinya kurang lebih : barang siapa yang membaca shalawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.

Sedangkan fadhilah sholawat ibrahimiyah 1000x dapat menjadi penyebab melihat nabi SAW, sebagaimana penuturan sebagian ulama :

Membaca shalawat ibrahimiyah sebanyak 1000x dapat menjadikan pembacanya melihat Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam.

Cara Mengamalkan Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat ibrahimiyah selalu kita amalkan sehari 5 kali didalam sholat, sedangkan untuk pengamalan diluar sholat anda dapat mengikuti saran dari syaikh ali jabir mengenai cara mengamalkan sholawat ibrahimiyah.

Baca Juga : Kedahsyatan Sholawat Bahriyah Kubro Kwagean

Syeikh ali jabir menjelaskan, bahwa sholawat ibrahimiyah itu lumayan panjang jika anda ingin membacanya 1000x dalam sehari maka akan menghabiskan banyak waktu. jika anda ingin mengamalkannya dengan mudah setiap seleseai sholat baca 200x, jika merasa 200x sholawat setelah sholat mugkin terlalu banyak boleh anda bagi, bagaimana caranya sebelum sholat 100x sesudah sholat 100x jadi 200x, jika sholat 5 waktu jadi 1000x.

Anda mulai dengan sholawat ibrahimiyah 10x, karena Rasulullah berkata : Barang siapa bersholawat kepadaku dalam 1 hari 10x maka berhak mendapat syafaatku. Jadi kita sholawat 10x tinggal berapa kalau 100. tinggal 90. 90 nya boleh dengan sholawat pendek. Jadi dimulai dengan sholawat ibrahimiyah supaya kita benar-benar dapat sholawat yang langsung dari Allah dan selebihnya (90x) baca sholawat allahumma sholli ala muhammad ya rabbi sholli alaihi wasallim, mau lebih mudah lagi juga boleh : shollallahu ala muhammad atau shollallu alaihi wasallam. semampu kita boleh, mau pakai sayyidina boleh tidak juga tidak apa-apa

- Syaikh Ali Jabir

Begitulah penjelasan mengenai bacaan sholawat ibrahimiyah yang benar, khasiat dan cara mengamalkannya. Semoga dapat memberikan banyak manfaat kepada para pembaca.

Source:
www.islam.nu.or.id

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment