Doa I'tidal Rabbana Lakal Hamdu Mil Us Samawati Wal Ardhi Artinya

Rabbana lakal hamdu mil 'us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil'u maa syi'ta min syai'in ba'du merupakan doa ketika i'tidal setelah membaca samiallahu liman hamidah.

Dalam praktiknya pembacaan doa i'tidal ada yang pendek dan ada yang panjang, sebenarnya bagaimana bacaan doa i'tidal yang benar sesuai sunnah.

Dalam kesempatan ini kami akan membahas doa i'tidal rabbana lakal hamdu mil 'us samaawaati wa mil ul ardhi arab dan artinya dan juga haditsnya.

Table of Contents

Rabbana Lakal Hamdu Mil Us Samawati Wal Ardhi Arab

Rabbana lakal hamdu mil 'us samaawaati wa mil ul ardhi arab doa i'tidal
Rabbana lakal hamdu mil 'us samaawaati wa mil ul ardhi artinya dan tulisan arab

Setalah selesai rukuk dengan tumakninah dan disunnahkan membaca subhana rabbiyal adzimi wabihamdih, orang yang sholat kembali berdiri kembali secara tegak dengan mengucapkan sami'allahu liman hamidah, untuk melaksanakan i'tidal. 

Pada saat i'tidal disunnahkan untuk membaca doa i'tidal yaitu rabbana lakal hamdu mil 'us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil'u maa syi'ta min syai'in ba'du.

Arab :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءُ اْلأَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Latin :

Rabbana lakal hamdu mil 'us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil'u maa syi'ta min syai'in ba'du.

Cara menulis doa i'tidal rabbana lakal hamdu mil us samawati wal ardi dalam bahasa arab dapat ditulis dengan 2 cara penulisan 

1. Arab gundul (tanpa harakat)

ربنا لك الحمد ملء السماوات و ملء الأرض وملء ما شئت من شيء بعد

2. Arab berharakat

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءُ اْلأَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Baca Juga : Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar Doa Apa?

Rabbana Lakal Hamdu Mil Us Samawati Wal Ardhi Artinya

Pada saat melaksanakan i'tidal maka harus disertai dengan tumakninah yaitu seukur ucapan subhanallah, sedangkan doa i'tidal hukumnya adalah sunnah. Setelah selesai i'tidal selanjutnya ialah melakukan sujud dan sunnah membaca subhana rabbiyal a'la wabihamdih.

Di Indonesia yang mayoritas masyarakat muslimnya ikut NU dan Muhammadiyah bacaan doa i'tidalnya berbeda. Masing-masing punya dasar hadits tersendiri untuk diamalkan, jika NU memakai riwayat muslim jika muhammadiyah memakai riwayat bukhari.

Bacaan i'tidal yang shahih sebagaimana diterangkan dalam kitab Al Adzkar Nawawi, diriwayatkan dari Kitab Shohih Muslim yang bersumber dari Ibnu Abbas RA adalah sebagai berikut :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءَ اْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Artinya : Wahai Tuhanku segala puji hanya bagi-Mu yang memenuhi langit dan bumi dan antara keduanya dan memenuhi sesuatu yang engkau kehendaki dari sesuatu sesudahnya.

Masih dalam kitab Al Adzkar, diriwayatkan dalam Kitab Shohih Bukhari yang bersumber dari Rifa'ah bin Rafi' Az Zarqi, Beliau berkata : 

كنا يوما نصلي وراء النبي صلي الله عليه وسلم فلما رفع رأسه من الركعة قال "سمع الله لمن حمده" فقال رجل وراءه : ربنا ولك الحمد حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ , فلما انصرف قال : ."من المتكلم"؟ قال : أنا, قال : "رأيت بضعة وثلاثين ملكا يبتدرونها أيهم يكتبها أول

Suatu hari kita melaksanakan sholat dibelakang Rasulullah SAW , ketika beliau (Nabi SAW) mengangkat kepalanya dari rukuk, beliau memebaca " Sami'allahu liman hamidah". Maka lelaki yang berada dibelakangnya menyahut " Rabbana walakal hamdu hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fihi." Ketika Nabi selesai mengerjakan sholat belaiu bertanya : " Siapakah yang membaca dzikir tadi?" Orang tersebut menjawab : "Saya". Nabi bersabda : Aku melihat lebih dari 30 malaikat berlomba-lomba untuk mencatat lebih amal.

Doa I'tidal Pendek dan Panjang

Bagi orang yang sedang mengerjakan sholat disunnahkan untuk membaca seluruh bacaan/dzikir dalam i'tidal dengan menggabungkan semua riwayat tersebut diatas.

Bacaan I'tidal Panjang

رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءَ اْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ أَهْلِ الثَّنَاءِ وَالمَجْدِ أَحَقُّ مَا قَالَ العَبْدُ وَكُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَ الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ

Latin : 

Rabbana walakal hamdu hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fihi, Rabbana lakal hamdu mil 'as samaawaati wa mil al ardhi wa mil'a maa syi'ta min syai'in ba'du Ahlis tsana'i wal majdi ahaqqu ma qalal abdu wakulluna laka 'abdun la mani'a lima a'thaita wala mu'thiya lima mana'ta wala yanfa'u dzal jaddi minjkal jaddu.

dan seandainya membaca sebagiannya saja, maka membaca sebagai berikut :

سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءَ اْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Latin :

Samiallahu liman hamidah rabbana lakal hamdu mil 'as samaawaati wa mil al ardhi wa mil'a maa syi'ta min syai'in ba'du.

Dan jika hendak dibaca lebih pendek lahi, maka membaca sebagai berikut :

Doa I'tidal Pendek

سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ

Sami'allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu.

Selain kedua doa diatas tidak ada lagi doa yang lebih pendek.

Seluruh dzikir tersebut diatas sunnah dibaca oleh imam, makmum dan orang yang menegrjakan sholat dengan sendirian. Hanya saja bagi imam, dengan syarat jika makmumnya menyukai sholat yang dikerjakan dengan baaan yang panjang-panjang.

Karena dzikir pada waktu i'tidal itu hukumnya hanya sunnah maka seandainya ditinggalkanpun tidak diharuskan menggantinya dengan sujud sahwi. meski begitu meninggalkannya hukumnyua amat makruh.

dan Dalam i'tidal itu tidak dimakruhkan membaca Al Quran lain halnya pada waktu rukuk dan sujud. Wallahu a'lam

- Imam Nawawi dalam Al Azkar Nawawi

Bacaan I'tidal Yang Benar

Pembahasan mengenai periwayatan doa i'tidal dan bacannya mulai dari yang pendek sampai yang panjang telah kami terangkan diatas.

Berikut ini merupakan bacaan i'tidal yang benar :

  1. رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءَ اْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ أَهْلِ الثَّنَاءِ وَالمَجْدِ أَحَقُّ مَا قَالَ العَبْدُ وَكُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَ الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ
  2. رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءَ اْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ
  3. رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ
  4. رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ
  5. رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ

Demikian pembahasan mengenai doa i'tidal robbana lakal hamdu mil us samawati wal ardhi arab dan artinya beserta hadits nya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment