Subhana Rabbiyal Adzimi Wabihamdih Arab dan Artinya Doa Rukuk

Doa subhana rabbiyal adzimi wabihamdih dibaca pada saat rukuk. Rukuk merupakan gerakan membungkuk dengan punngung dan kepala sejajar membentuk 90 derajat dengan kedua tangan diletakkan di atas kedua lutut.

Apa arti dari subhana rabbiyal adzimi wabihamdih dan bagaimana tulisan arabnya yang benar? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Table of Contents

Subhana Rabbiyal Adzimi Wabihamdih Arab

subhana rabbiyal adzimi wabihamdih doa rukuk
subhana rabbiyal adzimi wabihamdih arab dan artinya

Setelah membaca membaca surat atau ayat dari Al Quran, selanjutnya orang yang sholat membaca takbir "Allahu akbar" untuk melaksanakan rukuk.

Rukuk harus dilakukan secara tumakninah yaitu diam pada gerakan rukuk seukur ucapan subhanallah.

Gerakan rukuk yang sempurna meliputi :

  1. Menyamakan punggung, leher dan kepala sekiranya lurus seperti papan
  2. Lutut tegak
  3. Kedua telapak tangan menggenggam kedua lutut
  4. Jari-jari direnggangkan secara normal dengan menghadap ke qiblat.

Doa didalam rukuk hukumnya sunnah tidaklah wajib, jadi apabila ditinggalkan maka sholatnya tidak batal dan tetap sah. Inilah bunyi bacaan doa rukuk.

Arab :

سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

Latin :

Subhana rabbiyal adzimi wabihamdih.

Cara penulisan subhana rabbiyal adzimi wabihamdih dalam bahasa arab dapat ditulis dala 2 bentuk :

  1. Arab gundul (tanpa harakat) : سبحان ربي العظيم وبحمده
  2. Arab berharakat : سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ وَبِحَمْدِه

Subhana Rabbiyal Adzimi Wabihamdih Artinya

Didalam kitab Kasifatus Saja karya Syaikh Muhammad Nawawi Al Bantani dijelaskan :

فقد ورد عن عتبة بن عامر أنه قال لمّا نزلت فسبج باسم ربك العظيم قال صلى الله عليه وسلم إجعلوها فى ركوعكم و لمّا نزلت سبج اسم ربك الأعلى قال إجعلوها فى سجودكم

Dari Utbah bin "Amir sesungguhnya ia berkata ketika diturunkan ayat "fasabbih bismirabbikal adzim" maka Nabi SAW bersabda : Jadikanlah itu didalam rukuk kalian, dan ketika diturunkan ayat "sabbihis ma rabbikal a'la" Nabi bersabda : Jadikanlah itu didalam sujud kalian.

Itulah sebabnya didalam rukuk disunnahkan membaca doa subhana rabbiyal adzimi wabihamdih dan ketika sujud disunnahkan membaca subhana rabbiyal a'la wabihamdih.

Adapun arti subhana rabbiyal adzimi wabihamdih adalah sebagai berikut :

 سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ وَبِحَمْدِه

Artinya : Maha suci Tuhanku yang maha agung dan segala puji bagi-Nya.

Banyak bacaan dzikir ketika rukuk salah satunya 

فقد ثبت فى صحيح مسلم من حديث حذيفة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال فى ركوعه الطويل الذي كان قريبا من قراءة البقرة  والنساء وآل عمران(( سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ ))

Sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Hudzaifah RA yang artinya : Sesungguhnya Rasulullah SAW membaca " Subhana rabbiyal adzimi " pada rukuknya yang panjang hampir sepanjang bacaan surat Al Baqarah, An Nisak dan Ali Imran.

maksudnya beliau mengulang-ulang bacaan "Subhana rabbiyal adzimi" pada rukunya.

وجاء فى كتب السنن أنه صلى الله عليه وسلم قال : إذا قال أحدكم سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ ثلاثا فقد تم ركوعه

dalam beberapa kitab sunan telah diterangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya : Ketika salah seorang diantara kalian membaca subhana rabbiyal adzimi sebanyak 3 kali maka sesungguhnya telah sempurna rukuknya.

Bacaan doa rukuk diatas biasanya dipakai oleh mayoritas muslim di Indonesia kusyusnya warga Nahdhiyyin, sedangkan mayoritas warga Muhammadiyah ketika rukuk membaca doa subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli.

 وروينا فى صحيحي البخاري ومسلم , عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان النبي صلى الله عليه وسلم يكثر فى ركوعه وسجوده : .سبحانك اللهم ربنا وبحمدك, اللهم اغفرلي

Kita meriwayatkan didalam shohih Bukhari dan Muslim, dari Aisyah Radhiyallahu Anha : adalah Nabi SAW  didalam rukuk dan sujudnya memperbanyak membaca "Subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli".

Bacaan Ruku Selain Subhana Rabbiyal Adzimi Wabihamdih

Subhana rabbiyal adzimi wabihamdih merupakan doa dalam sholat ketika rukuk. Ada banyak bacaan doa saat rukuk sebagaimana diterangkan dalam kitab Al Adzkar karya Imam An-Nawawi.

Berikut adalah bacaan doa dalam rukuk yang benar selain subhana rabbiyal adzimi wabihamdih :

  1. سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ (Subhana rabbiyal 'adzim)
  2. سبحانك اللهم ربنا وبحمدك, اللهم اغفرلي (Subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli)
  3. خشع سمعي وبصري ومخي وعظمي وماستقلت به قدمي لله رب العالمين (Khasya'a sam'i wabashari wa mukhkhi wa adzmi wa mastaqalat bihi qadami lillahi rabbil 'alamin).
  4. اللهم لك ركعت وبك امنت ولك أسلمت خشع لك سمعي وبصري ومخي وعظمي وعصبي
  5. سبوح قدوس ربنا ورب الملائكة والروح
  6. سبحان ذي الجبروت والملكوت والكبرياء والعظمة

Setelah selesai melaksanakan rukuk maka orang yang sholat tegak berdiri kembali untuk melaksanakan i'tidal dengan membaca samiallahu liman hamidah, rabbana lakal hamdu mil us samawati wa mil ul ardhi wamil u ma syi'ta min syain ba'du.

Demikian pembahasan mengenai subhana rabbiyal adzimi wabihamdih artinya dan tulisan arab dalam doa rukuk semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment