Subhanakallahumma Rabbana Wabihamdika Allahummaghfirli : Bacaan Doa Sujud

Subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli adalah doa yang dibaca ketika sedang sujud.

Terdapat berbagai macam periwayatan doa sujud, mulai dari riwayat imam muslim dari Hudzaifah, riwayat imam muslim dari Ali dan subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli adalah riwayat imam bukhari dan muslim dari Siti Aisyah.

Apa arti dari doa sujud subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli dan bagaimana tulisan arabnya. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Table of Contents

Subhanakallahumma Rabbana Wabihamdika Allahummaghfirli ِArab

subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli arab dan artinya
subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli

Sujud merupakan salah satu rukun sholat yang harus dikerjakan, apabila ditinggalkan maka sholatnya tidak sah. Didalam 1 rakaat sholat terdapat 2 kali sujud dan ketika saat sujud disunnahkan untuk membaca doa.

Baca Juga : Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar Doa Apa?

Bunyi bacaan doa dalam sujud yaitu subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli. Tulisan arabnya ialah 

سُبْحَانَكَ اللهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللهُمَّ اغْفِرْلِيْ

I'rabnya ;

سُبْحَانَكَ : Masdar ghairu mutasharrif berkedudukan sebagai maful mutlak. Dhomir kaf merupakan dhomir muttasil mahal jar karena berlaku sebagai mudhof ialih

 اللهُمَّ : Asalnya adalah Ya Allah. Dalam kalam arab kebanyakan jika lafadz Allah berlaku sebagai munada maka membuang huruf nida dan diganti mim musyaddadah jadilah lafadz Allahumma. 

رَبَّنَا : Membuang huruf nida, asalnya ya rabbana. Karena termasuk munada mudhof maka lafadz رَبَّ dibaca nashab dengan tanda fathah karena isim mufrad. رَبَّ berkedudukan sebagai mudhaf mempunyai mudhof ilaih berupa dhomir na.

وَبِحَمْدِكَ : Wau huruf athof. Ba huruf jar berlaku mengejarkan isim, maka حَمْدِ dibaca jar dengan tanda kasrah karena isim mufrad dan juga berlaku sebagai mudhaf mempunyai mudhaf ilaih berupa dhomir ka.

اللهُمَّ : Asalnya adalah Ya Allah. Dalam kalam arab kebanyakan jika lafadz Allah berlaku sebagai munada maka membuang huruf nida dan diganti mim musyaddadah jadilah lafadz Allahumma. 

اغْفِرْلِيْ : Merupakan fiil amar dari fiil madhi ghafara ikut wazan fa'ala yaf'ilu. Lam adalah huruf jar mempunyai majrur berupa ya mutakallim

Inilah tasrif istilahi lafadz ighfir(اغْفِرْ) :

غَفَرَ بيَغْفِرُ إِغْفِرْ غُفْرَانًا غَافِرٌ مَغْفُوْرٌ مَغْفِرٌمَغْفِرٌ مِغْفَرٌ

Dari keterangan diatas, dapat diketahui cara penulisan arab subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli :

  1. Arab berharakat : سُبْحَانَكَ اللهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللهُمَّ اغْفِرْلِيْ
  2. Arab tanpa harakat (Arab gundul) : سبحانك اللهم ربنا وبحمدك, اللهم اغفرلي

Adapun hadits ketika sujud membaca subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli yang kami dapat dalam kitab Al Adzkar Nawawi adalah sebagai berikut :

 وروينا فى صحيحي البخاري ومسلم , عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان النبي صلى الله عليه وسلم يكثر فى ركوعه وسجوده : .سبحانك اللهم ربنا وبحمدك, اللهم اغفرلي

Kita meriwayatkan didalam shohih Bukhari dan Muslim, dari Aisyah Radhiyallahu Anha : adalah Nabi SAW  didalam rukuk dan sujudnya memperbanyak membaca "Subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli".

Artikel Terkait :

Apa Arti Subhanakallahumma Rabbana Wabihamdika Allahummaghfirli

Samiallahu liman hamidah rabbana lakal hamdu mil us samawati wamil ul ardhi wamil uma syi'ta min syain ba'du adalah bunyi bacaan ketika i'tidal. Setelah itu membaca takbir " Allahu akbar" untuk melaksanakan sujud.

Adapun bacaan pada saat sujud yaitu سُبْحَانَكَ اللهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللهُمَّ اغْفِرْلِيْ.

Latin : Subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli.

Artinya : Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji Engkau ya Allah ampunilah aku.

Di Indonesia, bacaan sujud diatas biasanya dipakai oleh Muhammadiyah dalam bacaan sujud sholat 5 waktu, sedangkan NU biasanya memakai bacaan sujud subhana rabbiyal a'la wabihamdihi.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Hudzaifah RA tentang perilaku Nabi SAW dalam mengerjakan sholat, ketika beliau membaca surat Al BAqarah, An Nisa dan Ali Imran dalam satu rakaat.

Bahwa tidak dilaluinya ayat rahmat melainkan beliau berdoa memohon kepada Allah dan tidak dilaluinya ayat adzab melainkan beliau memohon perlindungan kepada Allah.

Kemudian Hudzaifah RA, melanjutkan ceritanya, kemudian beliau sujud lalu membaca : 

سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى

Lalu beliau sujud cukup lama hampir sama dengan berdirinya tadi.

Doa sujud boleh dibaca satu kali, tidak harus 3 kali, bahkan tidak membaca doa sujudpun tidak membatalkan sholat karena sifatnya yang sunnah, tetapi sujud tetap harus dilakukan secara tumakninah karena itu merupakan rukun sholat.

Demikian pembahasan mengenai doa sujud subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli arab dan artinya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment