18 Contoh Mad Iwad di Juz 30 Surat Pendek

Contoh mad iwad di juz 30 sangat penting diajarkan agar orang tau bahwa fathah tanwin ada yang dibaca panjang 1 alif.

Perhatikan ayat berikut ini : َاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ. Lafadz يُسْرًاۙ tidak dibaca yusron melainkan cara membacanya adalah yusro dengan menghilangkan tanwin dan menggantinya dengan alif.

Hukum bacaan يُسْرًاۙ dinamakan bacaan mad iwad karena fathah tanwin berada diakhir kalimat.

Huruf mad iwad hanya ada 1 yaitu alif yang berada diakhir kalimat atau keadaan waqaf dan sebelumnya berupa fathah tanwin.

Panjang bacaan mad iwad ialah 2 harakat atau 1 alif sama dengan panjang bacaan mad thobi'i.

Berikut kami tuliskan 18 contoh mad iwad yang kami temukan di juz 30 beserta surat dan ayatnya agar mudah dipelajari teman-teman dalam memahami ilmu tajwid.

Table of Contents

Contoh Mad Iwad Juz 30 di Surat apa?

5 contoh mad iwad dalam surat pendek
contoh mad iwad di juz 30

Salah satu bagian dari mad far'i adalah mad iwad. Suatu bacaan dapat disebut mad iwad apabila ada bacaan waqaf diakhir kalimat dan berupa fathah tanwin.

Adapun contoh dari mad iwad beserta surat dan ayatnya yang terdapat di juz 30 antara lain :

  • Surat An Nasr ayat 2-3
  • Surat Al 'Adiyat ayat 1-5
  • Surat Al Balad ayat 6
  • Surat Al Fajr ayat 19-22
  • Surat At-Tariq ayat 15-17
  • Surat An Naba' ayat 6-7

5 Contoh Mad Iwad Dalam Juz Amma Surat Al Adiyat

Letak bacaan mad iwad dalam suatu ayat terdapat diakhir kalimat ketika dalam keadaan waqaf dan berharakat fathah tanwin.

Berikut kami sebutkan 5 contoh mad iwad yang terdapat dalam surat pendek juz 30 surat Al 'Adiyat:

  1. وَالْعٰدِيٰتِ ضَبْحًاۙ .Artinya : Demi kuda-kuda perang yang berlari kencang terengah-engah, Lafadz ضَبْحًاۙ merupakan contoh mad iwwad di juz 30 surat Al-‘Ādiyāt ayat 1.
  2. فَالْمُوْرِيٰتِ قَدْحًاۙ .Artinya : yang memercikkan bunga api (dengan entakan kakinya),Letak bacaan mad iwad dalam suatu ayat berada diakhir kalimat, contohnya قَدْحًاۙ dalam surat Al-‘Ādiyāt ayat 2
  3. فَالْمُغِيْرٰتِ صُبْحًاۙ .Artinya : yang menyerang (dengan tiba-tiba) pada waktu pagi.Huruf mad iwad hanya 1 yaitu alif yang jatuh setelah fathah tanwin dalam keadaan waqaf, contohnya صُبْحًاۙ dalam surat Al-‘Ādiyāt ayat 3
  4. فَاَثَرْنَ بِهٖ نَقْعًا Artinya : sehingga menerbangkan debu, panjang bacaan نَقْعًا adalah 2 harakat karena merupakan bacaan mad iawad dalam surat Al-‘Ādiyāt ayat 4. Dalam ayat tersebut terdapat contoh mad shilah qashirah juz 30 dalam lafadz بِهٖ.
  5. فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًا .Artinya : lalu menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh. جَمْعًا merupakan hukum bacaan mad iwadh dalam surat Al-‘Ādiyāt ayat 5 sekaligus contoh mad far'i di juz 30 berupa mad iwad. 

3 Contoh Mad Iwad Dalam Surat Pendek

Selain mad thobi'i yang dibaca panjang 2 harakat adalah mad iwad. Berikut ini adalah contoh bacaan mad iwad yang terdapat dalam surat pendek di juz 30 :

  1. وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ Artinya : dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah. Lafadz اَفْوَاجًاۙ merupakan contoh mad iwad dalam surat An-Naṣr ayat 2 dan terdapat juga contoh bacaan mad layyin juz 30 dalam lafadz وَرَاَيْتَ.
  2. فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا Artinya : bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Penerima tobat. Panjang bacaan lafadz تَوَّابًا adalah 2 harakat karena merupakan mad iwad dalam surat An-Naṣr ayat 3
  3. فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ Artinya : Maka, sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan. Lafadz يُسْرًاۙ merupakan contoh mad iwad dalam surat Asy-Syarḥ ayat 5.

10 Contoh Mad Iwad di Juz 30 Surat Al Lail - An Naba'

Berikut ini adalah 10 contoh mad iwad yang terdapat dalam surat pendek juz 30 mulai dari surat Al lail sampai surat An naba' :

  1. يَقُوْلُ اَهْلَكْتُ مَالًا لُّبَدًاۗ Artinya : Dia mengatakan, “Aku telah menghabiskan harta yang banyak.لُّبَدًاۗ adalah contoh mad iwad dalam surat Al-Balad ayat 6
  2. وَتَأْكُلُوْنَ التُّرَاثَ اَكْلًا لَّمًّاۙ. Artinya : memakan harta warisan dengan cara mencampurbaurkan (yang halal dan yang haram). لَّمًّاۙ merupakan contoh mad iwad dalam surat Al-Fajr ayat 19
  3. وَّتُحِبُّوْنَ الْمَالَ حُبًّا جَمًّاۗ. Artinya : dan mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan. Panjang bacaan جَمًّا adalah 2 harakat karena merupakan mad iwad dalam surat Al-Fajr ayat 20
  4. كَلَّآ اِذَا دُكَّتِ الْاَرْضُ دَكًّا دَكًّاۙ .Artinya : Jangan sekali-kali begitu! Apabila bumi diguncangkan berturut-turut (berbenturan), Mad iwad dalam surat Al-Fajr ayat21 adalah lafadz دَكًّاۙ. Dalam ayat tersebut juga terdapat contoh bacaan mad jaiz munfasil di juz 30 yaitu كَلَّآ اِذَا.
  5. وَّجَاۤءَ رَبُّكَ وَالْمَلَكُ صَفًّا صَفًّاۚ .Artinya : Tuhanmu datang, begitu pula para malaikat (yang datang) berbaris-baris. Mad diwad dalam surat Al-Fajr ayat 22 adalah lafadz صَفًّاۚ. Dalam ayat tersebut lafadz وَّجَاۤءَ merupakan contoh mad wajib muttasil di juz 30.
  6. اِنَّهُمْ يَكِيْدُوْنَ كَيْدًاۙ .Artinya : Sesungguhnya mereka (orang kafir) melakukan tipu daya. Mad iwad dalam surat Aṭ-Ṭāriq ayat 15 adalah lafadz كَيْدًاۙ.
  7. وَّاَكِيْدُ كَيْدًاۖ. Artinya : Aku pun membalasnya dengan tipu daya. Hukum bacaan كَيْدًاۖ ialah bacaan mad iwad dalam surat Aṭ-Ṭāriq ayat 16
  8. فَمَهِّلِ الْكٰفِرِيْنَ اَمْهِلْهُمْ رُوَيْدًا .Artinya : Maka, tangguhkanlah orang-orang kafir itu. Biarkanlah mereka sejenak (bersenang-senang). رُوَيْدًا terdapat fathah tanwin dalam akhir kalimat dalam keadaan waqaf dalam surat Aṭ-Ṭāriq ayat 17
  9. اَلَمْ نَجْعَلِ الْاَرْضَ مِهٰدًاۙ .Artinya : Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan. مِهٰدًا terdapat fathah tanwin dalam akhir kalimat dalam keadaan waqaf dalam surat An-Naba' ayat 6
  10. وَّالْجِبَالَ اَوْتَادًاۖ .Artinya : dan gunung-gunung sebagai pasak?Hukum bacaan mad iwad dalam surat An-Naba' ayat 7 adalah اَوْتَادًاۖ.

Demikian pembahasan mengenai contoh mad iwad di juz 30 surat pendek, semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment