20 Contoh Mad Tamkin Beserta Surat dan Ayatnya Dalam Al Quran

Contoh bacaan mad tamkin sering kita jumpai ketika membaca Al Quran walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak, seperti yang kami temukan dalam surat Ali Imran ayat 20 وَقُلْ لِّلَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْاُمِّيّٖنَ ءَاَسْلَمْتُمْ.

Dalam ayat tersebut terdapat contoh bacaan mad tamkin terdapat dalam lafadz وَالْاُمِّيّٖنَ dimana terdapat 2 ya, yang satunya sukun dan sebelum ya sukun berharakat kasrah berserta tasydid. 

Untuk lebih jelasnya apa yang dinamakan hukum bacaan mad tamkin, berapa panjang bacaannya dan apa saja contohnya dalam Al Quran, mari kita simak penjelasan dari zonasantri.com.

Table of Contents

Pengertian Mad Tamkin

pengertian dan contoh mad tamkin
contoh mad tamkin

Dikutip dari kitab Hidayatus Mustafid Karya Syaikh Muhammad Mahmud mad tamkin adalah jika ada 2 ya salah satunya mati dan sebelum ya mati tersebut bertasydid dan berharakat kasrah, contohnya.

Secara bahasa mad artinya panjang, sedangkan tamkin artinya berposisi atau bertempat. Kenapa dinamakan bacaan mad tamkin? Karena adanya tasydid yang bertempat(bahasa arab: tamkin) di huruf mad.

Huruf mad yang terlibat dalam hukum bacaan mad tamkin hanya ada 1 yaitu huruf ya.

Alhasil syarat-syarat mad tamkin harus berupa :

  • Huruf mad berupa ya
  • Adanya 2 huruf ya
  • Huruf sebelum ya mati dibaca kasrah dan bertasydid

Cara membaca Al Quran jika terdapat hukum bacaan mad tamkin adalah dibaca panjang 2 harakat atau 1 alif sebagaimana diterangkan Ustadz Abu Umar dalam tarjamah hidayatul mustafid.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Mad Farqi Dalam Al Quran

Contoh Mad Tamkin Beserta Surat dan Ayatnya

Salah satu bacaan dalam ilmu tajwid yang wajib dipelajari adalah hukum bacaan mad tamkin. Adapun 20 contoh bacaan mad tamkin dalam Al Quran adalah sebagai berikut :

1. Surat Al Baqarah ayat 61

ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ

Artinya : Hal itu (terjadi) karena sesungguhnya mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar).

Contoh bacaan mad tamkin dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya adalah lafadz  النَّبِيّٖنَ dalam surat Al Baqarah ayat 61, dimana terdapat 2 ya yang sati mati dan sebelumnya berharakat kasrah beserta ditasydid.

2. Surat Al Baqarah ayat 177

 لَيْسَ الْبِرَّاَنْ تُوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةِ وَالْكِتٰبِ وَالنَّبِيّٖنَ ۚ 

Artinya : Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, melainkan kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari Akhir, malaikat-malaikat, kitab suci, dan nabi-nabi;

Hukum bacaan mad tamkin dalam ayat diatas berupa lafadz وَالنَّبِيّٖنَ dalam surat Al Baqarah ayat 177. Dalam ayat tersebut juga terdapat contoh bacaan mad layyin berupa lafadz لَيْسَ.

3. Surat Al Baqarah ayat  213

كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ

Artinya : Manusia itu (dahulunya) umat yang satu (dalam ketauhidan). (Setelah timbul perselisihan,) lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan.

Cara membaca bacaan mad tamkin adalah dibaca panjang 2 harakat, contohnya النَّبِيّٖنَ dalam surat Al Baqarah ayat 213.

4. Surat Ali Imran ayat 20

فَاِنْ حَاۤجُّوْكَ فَقُلْ اَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلّٰهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ ۗوَقُلْ لِّلَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْاُمِّيّٖنَ ءَاَسْلَمْتُمْ

Artinya : Jika mereka mendebat engkau (Nabi Muhammad) katakanlah, “Aku berserah diri kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku.” Katakanlah kepada orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah diberi Kitab (Taurat dan Injil) dan kepada orang-orang yang umi,87) “Sudahkah kamu masuk Islam?”

Ayat yang mengandung hukum bacaan mad tamkin dalam Al Quran adalah lafadz وَالْاُمِّيّٖنَ dalam surat Ali Imran ayat 20.

5. Surat Āli ‘Imrān ayat 21

اِنَّ الَّذِيْنَ يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِحَقٍّۖ وَّيَقْتُلُوْنَ الَّذِيْنَ يَأْمُرُوْنَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِۙ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٍ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang kufur terhadap ayat-ayat Allah, membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar), dan membunuh manusia yang memerintahkan keadilan, sampaikanlah kepada mereka kabar ‘gembira’ tentang azab yang pedih.

Lafadz النَّبِيّٖنَ merupakan bacaan mad tamkin karena terdapat 2 ya , yang satu sukun dan sebelumnya berharakat kasrah beserta tasydid.

6. Surat Āli ‘Imrān ayat 75

 ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْا لَيْسَ عَلَيْنَا فِى الْاُمِّيّٖنَ سَبِيْلٌۚ وَيَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ

Artinya : Yang demikian itu disebabkan mereka berkata, “Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang umi.”103) Mereka mengatakan hal yang dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui.

Surat yang terdapat bacaan mad tamkin dalam Al Quran adalah surat Ali Imran ayat 75 berupa lafadz الْاُمِّيّٖنَ.

7. Surat Āli ‘Imrān ayat 79

مَا كَانَ لِبَشَرٍ اَنْ يُّؤْتِيَهُ اللّٰهُ الْكِتٰبَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُوْلَ لِلنَّاسِ كُوْنُوْا عِبَادًا لِّيْ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلٰكِنْ كُوْنُوْا رَبَّانِيّٖنَ بِمَا كُنْتُمْ تُعَلِّمُوْنَ الْكِتٰبَ وَبِمَا كُنْتُمْ تَدْرُسُوْنَ ۙ

Artinya : Tidak sepatutnya seseorang diberi Alkitab, hukum, dan kenabian oleh Allah, kemudian dia berkata kepada manusia, “Jadilah kamu para penyembahku, bukan (penyembah) Allah,” tetapi (hendaknya dia berkata), “Jadilah kamu para pengabdi Allah karena kamu selalu mengajarkan kitab dan mempelajarinya!”

Contoh bacaan mad tamkin dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 79 adalah lafadz رَبَّانِيّٖنَ.

8. Surat Āli ‘Imrān ayat 80

وَلَا يَأْمُرَكُمْ اَنْ تَتَّخِذُوا الْمَلٰۤىِٕكَةَ وَالنَّبِيّٖنَ اَرْبَابًا ۗ اَيَأْمُرُكُمْ بِالْكُفْرِ بَعْدَ اِذْ اَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ ࣖ

Artinya : Tidak (sepatutnya) pula dia menyuruh kamu menjadikan para malaikat dan para nabi sebagai tuhan. Apakah (patut) dia menyuruh kamu (berbuat) kekufuran setelah kamu menjadi muslim?

Contoh bacaan mad tamkin beserta surat dan ayatnya adalah وَالنَّبِيّٖنَ dalam surat Ali Imran ayat 80.

9. Surat Āli ‘Imrān ayat 81

وَاِذْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ النَّبِيّٖنَ لَمَآ اٰتَيْتُكُمْ مِّنْ كِتٰبٍ وَّحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مُّصَدِّقٌ لِّمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهٖ وَلَتَنْصُرُنَّهٗ ۗ قَالَ ءَاَقْرَرْتُمْ وَاَخَذْتُمْ عَلٰى ذٰلِكُمْ اِصْرِيْ ۗ قَالُوْٓا اَقْرَرْنَا ۗ قَالَ فَاشْهَدُوْا وَاَنَا۠ مَعَكُمْ مِّنَ الشّٰهِدِيْنَ

Artinya : (Ingatlah) ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepadamu, lalu datang kepada kamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.”104) Allah berfirman, “Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian dengan-Ku atas yang demikian itu?” Mereka menjawab, “Kami mengakui.” Allah berfirman, “Kalau begitu, bersaksilah kamu (para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu.”

Lafadz النَّبِيّٖنَ disebut bacaan mad tamkin, alasannya terdapat 2 ya dan yang satu mati serta sebelum ya mati berharakat kasrah serta bertasydid.

10. Surat An-Nisā' ayat 69

وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ فَاُولٰۤىِٕكَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاۤءِ وَالصّٰلِحِيْنَ ۚ وَحَسُنَ اُولٰۤىِٕكَ رَفِيْقًا 

Artinya : Siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nabi Muhammad), mereka itulah orang-orang yang (akan dikumpulkan) bersama orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

Hukum bacaan mad tamkin dalam ayat diatas berupa lafadz النَّبِيّٖنَ dalam surat An Nisa ayat 69.

11. Surat An-Nisā' ayat 86

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Artinya : Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan (salam), balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah dengan yang sepadan. Sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu.

Contoh mad tamkin berupa lafadz حُيِّيْتُمْ terdapat dalam surat An Nisa ayat 86.

12. Surat Al-Mā'idah ayat 111

وَاِذْ اَوْحَيْتُ اِلَى الْحَوَارِيّٖنَ اَنْ اٰمِنُوْا بِيْ وَبِرَسُوْلِيْ ۚ قَالُوْٓا اٰمَنَّا وَاشْهَدْ بِاَنَّنَا مُسْلِمُوْنَ 

Artinya : (Ingatlah) ketika Aku ilhamkan kepada para pengikut setia Isa, “Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada Rasul-Ku.” Mereka menjawab, “Kami telah beriman dan saksikanlah (wahai Rasul) bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri.”

Cara membaca lafadz الْحَوَارِيّٖنَ ketika sampai ya berteasydid berharakat kasrah yang setelahnya berupa ya sukun maka dibaca panjang 1 alif atau 2 harakat karena merupakan bacaan mad tamkin.

13. Surat Yūsuf ayat 101

۞ رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

Artinya : Tuhanku, sungguh Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang saleh.”

Lafadz وَلِيّٖ dinamakan hukum bacaan mad tamkin dalam surat Yusuf ayat 101.

14. Surat Al-Isrā' ayat 55

وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِمَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيّٖنَ عَلٰى بَعْضٍ وَّاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا

Artinya : Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang di langit dan di bumi. Sungguh, Kami telah melebihkan sebagian nabi-nabi atas sebagian (yang lain) dan Kami anugerahkan Zabur kepada Daud.

Contoh mad tamkin dan alasannya yaitu lafadz النَّبِيّٖنَ dalam surat Al Isra ayat 55. Alasannya karena terdapat 2 ya dan yang 1 mati dan juga sebelum ya mati berharakat kasrah yang bertasydid.

15. Surat Maryam ayat 58

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ مِنْ ذُرِّيَّةِ اٰدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۖ وَّمِنْ ذُرِّيَّةِ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْرَاۤءِيْلَ ۖوَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَاۗ اِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَّبُكِيًّا ۩

Artinya : Mereka itulah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yakni para nabi keturunan Adam, orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, keturunan Ibrahim dan Israil (Ya‘qub), serta orang yang telah Kami beri petunjuk dan Kami pilih. Apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih, mereka tunduk, sujud, dan menangis.

Lafadz النَّبِيّٖنَ dalam surat Maryam ayat 58 merupakan bacaan mad tamkin.

16. Surat Al-Aḥzāb ayat 7

وَاِذْ اَخَذْنَا مِنَ النَّبِيّٖنَ مِيْثَاقَهُمْ وَمِنْكَ وَمِنْ نُّوْحٍ وَّاِبْرٰهِيْمَ وَمُوْسٰى وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۖوَاَخَذْنَا مِنْهُمْ مِّيْثَاقًا غَلِيْظًاۙ

Artinya : (Ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari para nabi, darimu (Nabi Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putra Maryam. Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh,608).

Contoh mad tamkin dalam Al Quran terdapat dalam surat Al Ahzab ayat 7 berupa lafadz النَّبِيّٖنَ.

17. Surat Al-Aḥzāb ayat 40

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Artinya : Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, melainkan dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Hukum bacaan النَّبِيّٖنَۗ dalam surat Al Ahzab ayat 40 dinamakan bacaan mad tamkin.

18. Surat Az-Zumar ayat 69

وَاَشْرَقَتِ الْاَرْضُ بِنُوْرِ رَبِّهَا وَوُضِعَ الْكِتٰبُ وَجِايْۤءَ بِالنَّبِيّٖنَ وَالشُّهَدَاۤءِ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ

Artinya : Bumi (padang Mahsyar) menjadi terang benderang dengan cahaya Tuhannya, buku (catatan amal) diberikan (kepada setiap orang), para nabi dan para saksi pun dihadirkan, lalu diberikan keputusan di antara mereka secara adil dan mereka tidak dizalimi.

Dibaca mad tamkin bila terdapat 2 ya dimana salah satunya berharakat sukun dan sebelumnya berharakat kasrah beserta tasydid, contohnya lafadz بِالنَّبِيّٖنَ dalam surat Az zumar ayat 69.

19. Surat Al-Jumu‘ah ayat 2

هُوَ الَّذِيْ بَعَثَ فِى الْاُمِّيّٖنَ رَسُوْلًا مِّنْهُمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِهٖ وَيُزَكِّيْهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَاِنْ كَانُوْا مِنْ قَبْلُ لَفِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍۙ 

Artinya : Dialah yang mengutus seorang Rasul (Nabi Muhammad) kepada kaum yang buta huruf dari (kalangan) mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, serta mengajarkan kepada mereka Kitab (Al-Qur’an) dan Hikmah (sunah), meskipun sebelumnya mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.

Lafadz الْاُمِّيّٖنَ dibaca panjang 2 harakat atau 1 alif karena merupakan bacaan mad tamkin.

Contoh Mad Tamkin di Juz 30

contoh mad tamkin di juz 30 surat pendek
contoh mad tamkin di juz 30

20. Surat Al-Muṭaffifīn Ayat 18

كَلَّآ اِنَّ كِتٰبَ الْاَبْرَارِ لَفِيْ عِلِّيِّيْنَۗ 

Artinya : Sekali-kali tidak! Sesungguhnya catatan orang-orang yang berbakti benar-benar tersimpan dalam ‘Illiyyīn.750)

Hanya terdapat sedikit contoh bacaan mad tamkin dalam Al Quran di juz 30 yang kami temukan yaitu lafadz عِلِّيِّيْنَۗ dalam surat Al Muthaffififn ayat 18.

Baca Juga : 10 Contoh Mad Far'i di Juz 30

Mad Tamkin Ada di Surah Apa?

contoh bacaan mad tamkin dalam Al Quran diantaranya terdapat dalam surat ;

  • Al Baqarah ayat 61, 177 dan 213
  • Ali Imran ayat 20,21,75,79,80, dan 81
  • An Nisa ayat 69 dan 8
  • Al Maidah ayat 111
  • Yusuf ayat 101
  • Al Isra ayat 55
  • Maryam ayat 58
  • Al Ahzab ayat 7 dan40
  • Az zumar ayat 69
  • Al Jumuah ayat 2
  • Al Muthaffifin ayat 18

Untuk memudahkan teman-teman dalam belajar Al Quran tajwid online, maka kami ringkaskan contoh mad tamkin dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya dalam bentuk tabel.

No Contoh Bacaan Surat dan Ayat
1 النَّبِيّٖنَ Al Baqarah : 61
2 وَالنَّبِيّٖنَ Al Baqarah : 177
3 النَّبِيّٖنَ Al Baqarah : 213
4 وَالْاُمِّيّٖنَ Ali Imran : 20
5 النَّبِيّٖنَ Ali Imran : 21
6 الْاُمِّيّٖنَ Ali Imran : 21
7 رَبَّانِيّٖنَ Ali Imran : 79
8 وَالنَّبِيّٖنَ Ali Imran : 80
9 النَّبِيّٖنَ Ali Imran : 81
10 النَّبِيّٖنَ An Nisa : 69
11 حُيِّيْتُمْ An Nisa : 86
12 الْحَوَارِيّٖنَ Al Maidah : 111
13 وَلِيّٖ Yusuf : 101
14 النَّبِيّٖنَ Al Isra : 55
15 النَّبِيّٖنَ Maryam : 58
16 النَّبِيّٖنَ Al Ahzab : 7
17 النَّبِيّٖنَ Al Ahzab : 40
18 بِالنَّبِيّٖنَ Az Zumar : 69
19 الْاُمِّيّٖنَ Al Jumuah : 2
20 عِلِّيِّيْنَۗ Al Muthaffifin : 18

Demikian 20 contoh bacaan mad tamkin beserta surat dan ayatnya dalam Al Quran semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca dan pelajar yang sedang mendalami ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment