Mad Farqi : Pengertian, Contoh, Hukum Bacaan Dalam Al Quran

Mad farqi termasuk salah satu dari bagian mad far'i. Didalam Al Quran sangat jarang ditemukan hukum bacaan mad farqi, jangankan disuruh menyebutkan 10 contoh, 5 contoh bacaan mad farqi pun kita tidak dapat menemukannaya didalam Al Quran.

Kalau hanya menuliskan 3 contoh mad farqi dalam Al Quran pasti bisa, karena hanya ada 4 hukum bacaan mad farqi yang terdapat dalam Al Quran.

Dalam kesempatan ini kami akan jelaskan penegertian mad farqi beserta contohnya beserta hukum bacaannya dalam Al Quran.

Table of Contents

Apa Yang Disebut Dengan Mad Farqi?

hukum bacaan mad farqi dan contohnya
pengertian mad farqi dan contohnya

Mad secara bahasa artinya panjang. Sedangkan farqi secara bahasa artinya pemisah (pembeda).

Pengertian mad farqi secara istilah ialah mad yang berfungsi sebagai pembeda antara kalam istifham dan kalam khobar, karena jika tidak dibaca mad pasti dianggap kalam khobar bukan kalam istifham padahal hamzah tersebut mengandung makna istifaham.

Kalam khobar ialah kalimat yang pembicaranya dapat dikatakan orang yang benar apabila sesuai dengan kenyataan dan pembohong apabila berlainan dengan kenyataan.

Kalam khobar disebut juga jumlah mufidah, pola susunan kalamnya biasanya berupa jumlah ismiyah atau jumlah fi'liyah.

Mad farqi memang termasuk bacaan mad yang jarang ditemukan didalam Al Quran. Dalam kenyataannya hanya ada 4 hukum bacaan mad farqi yang terdapat didalam Al Quran yaitu dalam surat Al An'am, Surat An Naml dan Surat Yunus.

Contoh Mad Farqi Beserta Surat dan Ayatnya

Fungsi mad farqi dalam ilmu tajwid adalah untuk membedakan kalam khobar dan kalam istifham.

Didalam Al Quran hanya terdapat 4 ayat yang mengandung hukum bacaan mad farqi, yaitu :

  1. Surat An-Naml ayat 59
  2. Surat Yunus ayat 59
  3. Surat Al-an'am ayat 143
  4. Surat Al-An'am ayat 144

Berikut ini contoh hukum bacaan mad farqi adalah :

1. ءٰۤالذَّكَرَيْنِ Dalam Surat Al-An'am Ayat 143

ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍۚ مِنَ الضَّأْنِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْمَعْزِ اثْنَيْنِۗ قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ نَبِّـُٔوْنِيْ بِعِلْمٍ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Artinya : 

Ada delapan hewan ternak yang berpasangan (empat pasang, yaitu) sepasang domba dan sepasang kambing. Katakanlah, “Apakah yang Dia haramkan itu dua yang jantan, dua yang betina, atau yang ada dalam kandungan kedua betinanya? Terangkanlah kepadaku berdasarkan pengetahuan jika kamu orang yang benar.”

Hukum bacaan mad farqi dalam Al Quran surat Al An'am ayat 143 terdapat pada lafad ءٰۤالذَّكَرَيْن.

2. Dalam Surat Al-An'am Ayat 144

وَمِنَ الْاِبِلِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْبَقَرِ اثْنَيْنِۗ قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ اَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاۤءَ اِذْ وَصّٰىكُمُ اللّٰهُ بِهٰذَاۚ فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا لِّيُضِلَّ النَّاسَ بِغَيْرِ عِلْمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

Artinya :

(Dua pasang lagi adalah) sepasang unta dan sepasang sapi. Katakanlah, “Apakah yang Dia haramkan dua yang jantan, dua yang betina, atau yang ada dalam kandungan kedua betinanya? Apakah kamu menjadi saksi ketika Allah menetapkan ini bagimu? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah untuk menyesatkan orang-orang tanpa pengetahuan?”264) Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

Surah yang didalamnya terdapat dua bacaan mad farqi adalah surah Al-An'am ayat 143 dan 144 berupa lafadz ءٰۤالذَّكَرَيْن. Dalam ayat diatas juga terdapat contoh mad layyin dalam bacaan اثْنَيْنِ dimana ya sukun jatuh setelah fathah.

Baca Juga : 20 Contoh Mad Tamkin Dalam Al Quran

3. ءٰۤاللّٰهُ Dalam Surat Yunus Ayat 59

قُلْ اَرَءَيْتُمْ مَّآ اَنْزَلَ اللّٰهُ لَكُمْ مِّنْ رِّزْقٍ فَجَعَلْتُمْ مِّنْهُ حَرَامًا وَّحَلٰلًا ۗ قُلْ ءٰۤاللّٰهُ اَذِنَ لَكُمْ اَمْ عَلَى اللّٰهِ تَفْتَرُوْنَ

Artinya :

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Terangkanlah kepadaku tentang rezeki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan sebagiannya halal.” Katakanlah, “Apakah Allah telah memberikan izin kepadamu (tentang ini) ataukah kamu mengada-ada atas nama Allah?”

Salah satu bacaan mad farqi terdapat dalam Surah Yunus ayat 59 yaitu lafadz ءٰۤاللّٰهُ.

4. ءٰۤاللّٰهُ Dalam Surat An-Naml Ayat 59

قُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَسَلٰمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰىۗ ءٰۤاللّٰهُ خَيْرٌ اَمَّا يُشْرِكُوْنَ 

Artinya :

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Segala puji bagi Allah dan salam sejahtera atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya. Apakah Allah yang lebih baik ataukah apa yang mereka persekutukan (dengan-Nya)?”

Bunyi bacaan mad farqi yang terdapat pada q.s. an-naml ayat 59 adalah ءٰۤاللّٰهُ.

Hukum Bacaan Mad Farqi

Terjadinya hukum bacaan mad farqi itu agar dapat dibedakan antara kalam khobar dengan kalam istifham karena kalam khobar dan kalam istifham mempunyai pengertian dan makna yang berbeda.

Kita lihat contohnya : ءٰۤاللّٰهُ jika diuraikan, terdapat hamzah istifham sebelum lafadz jalalah أالله

Cara membaca mad farqi adalah pada huruf hamzah di panjangkan sebanyak 6 ketukan(harakat) atau 3 alif. sama dengan panjang bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi

No Surat dan Ayat Contoh Bacaan Hukum Bacaan
1 Al An'ama ayat 143 ءٰۤالذَّكَرَيْن Panjang 6 harakat dibaca Aaaaaadzakaraini
2 Al An'ama ayat 144 ءٰۤالذَّكَرَيْن Panjang 6 harakat dibaca Aaaaaadzakaraini
3 Yunus ayat 59 ءٰۤاللّٰهُ Panjang 6 harakat dibaca Aaaaaallahu
4 An-Naml ayat 59 ءٰۤاللّٰهُ Panjang 6 harakat dibaca Aaaaaallahu

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian mad farqi, contoh dan hukum bacaannya dalam Al Quran. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pelajar dalam memahami ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment