Sholawat Bariyyah Arab Latin dan Artinya Beserta Manfaatnya

Sholawat bariyyah adalah kepunyaan Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu. Bariyyah artinya manusia, biasanya dalam konteks sholawat lafadz bariyyah biasa disandingkan dengan lafadz khairun. jadi jika di gabungkan menjadi lafadz khoirul bariyyah yang artinya sebaik-baik manusia.

Lafadz khoirul bariyyah biasanya untuk mengungkapkan sebuah pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan sebaik-baik manusia.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai sholawat bariyyah arab latin dan artinya serta manfaatnya.

Mari kita simak bersama.

Bacaan Sholawat Bariyyah Arab Latin dan Terjemahnya

bacaan sholawat bariyyah arab latin
teks sholawat bariyyah

Jika anda sudah siap untuk menghafal lirik sholawat bariyyah, inilah bacaan arab 

اللهمّ يا دائم الفضلِ على البريّة يا باسط اليدين بالعطيّة يا صاحبَ المواهبِ السنيّة صلّ وسلّم على سيّدنا محمّدٍ خيرِ الورى سجيّة واغفر لنا يا ذا العُلا فى هذهِ العشيّة

Bacaan Latin :

Allahumma ya daimal fadhli 'alal bariyyah ya basithal yadaini bil 'athiyyah ya shohibal mawahibis saniyyah sholli wasallim 'ala sayyidina muhammadin khoiril wara sajiyyah waghfir lana ya dzal 'ula fii hadzihil 'asyiyyah.

Artinya :

Ya Allah, wahai dzat yang abadi keutamaannya atas manusia, wahai dzat yang memebentangkan kedua tangannya dengan pemberian, wahai dzat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur. Semoga rahmat ta'dzim dan keselamatan tetap atas junjungan kita nabi Muhammad SAW sebaik-baik manusia didalam budi pekertinya (akhlaqnya). dan ampunilah kami wahai dzat yang mempunyai keluhuran di malam ini.

Cara mengamalkan sholawat bariyyah adalah dibaca 10x pada malam jumat atau hari jumat. Adapun  manfaat sholawat bariyyah yaitu :

  • Akan dicatat 100 juta kebaikan
  • Akan dihapus 1 juta keburukan
  • Diangkat 100 juta derajat
  • Besok dihari kiamat nabi ibrahim memintakan rahmat kepada Allah untuknya
  • Bagi pelajar dapat menambah kecerdasan dan tercapainya ilmu.

Khasiat ini sesuai dengan perkataan ibnu Abbas :

من قالها ليلة االجمعة او يوم  الجمعة عشر مرات كتب الله له ما ئة الف الف حسنة ومحا عنه الف الف سيئة ورفع له ما ئة الف الف درجة وإذا كان يوم القيامة يراحم ابراهيم الْخليل عليه السلام فى قبته 

Artinya:  “barangsiapa pada malam jumat atau siang harinya membaca shalawat (sebagaimana yang telah disebutkan di atas) sebanyak 10 x, maka Allah akan mencatat baginya 100 juta kebaikan, menghapus darinya 100 juta keburukan dan mengangkatnya 100 juta derajat. Dan apabila nanti pada hari kiamat, nabi Ibrahim akan memintakan rahmat di qubahnya.

Demikian pembahasan mengenai sholawat bariyyah arab latin dan artinya beserta manfaatnya. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai bacaan sholawat.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment