Sholawat Nuridzati : Bacaan, Manfaat dan Ijazah Pengamalannya

Sholawat Nuridzati - Salah satu bentuk kecintaan seseorang kepada nabinya Muhammad Saw adalah dengan sering menyebut namanya, atau biasa dinamakan bersholawat. ada banyak macam-macam sholawat hingga bahkan sampai dibuat lagu.

Dari sekian banyak sholawat nabi, pernahkah anda mendengar yang namanya Sholawat nuridzati. Jika saudara baru pertama kali mengenalnya atau disini ada yang ingin mencari tahu tentang bacaan, fadhilah,manfaat dari sholawat tersebut tepat sekali kami akan membahasnya.

Sebenarnya apa sih energi dari sholawat nuridzati ini sehingga banyak orang yang mencari tahu dan ingin mengamalknannya, ada banyak keutamaan sholawat tapi mengenai sholawat ini lebih lengkapnya mari kita simak pembahasan tentang bacaan, manfaat, ijazah dan kisah pengamal sholawat nuridzati.

Arti Sholawat Nuridzati
Table of Contents

Bacaan Sholawat Nuridzati

Dikarenakan banyaknya versi bacaannya karena setiap ulama' mempunyai versi tersendiri banyak orang mencari bacaan sholawat nuridzati yang asli dan artinya. perlu diketahui bahwa sholawat nuridzati adalah karya Imam As-syadzili. Adapun tulisan arabnya adalah sebagai berikut :

الّلهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد النّور الذّاتي والسّر السّاري في سائر الأسماء والصّفات

Bacaan latin : 

Allahumma sholli wasallim wabarik 'ala sayyidina muhammadinin nuridzati wassirris sari fi sairil asmai wasshifati.

Artinya :

Ya Allah (ya tuhanku) semoga rahmat ta'dhim dan keselamatan tetap atas pemimpin kita nabi Muhammad yang merupakan cahaya dzat (Allah), rahasia yang mempunyai rahasia untuk semua nama-nama dan sifat-sifat.

teks Sholawat Nuridzati
teks sholawat nuridzati

قال سيدي أحمد الصاوي هذه صلاة النور الذاتي لسيدي أبي الحسن الشاذلي رضي الله عنه ونفعنا به وهي بمثابة ألف صلاة وعدتها خمسمائة لتفريج الكرب.

Ini adalah sholawat nuridzati milik sayyidi Abu hasan as-syadzili (semoga Allah meridhoi beliau dan memberi kita manfaat sebab beliau). Sholawat ini sebanding dengan 1000 sholawat, hitungannya 500 kali untuk memudahkan segala kesusahan

- Sayyidi Ahmad As-Showi

وذكرها ابن عابدين في ثبته نقلاً عن ثبت الشراباتي فقال كيفية صلاة جليلة أخذتها سابقاً عن شيخنا العارف بالله السيد أحمد البغدادي القادري ونسبها لبعض العارفين وهي اللهم صل على سيدنا محمد النور الذاتي الساري في جميع الآثار والأسماء والصفات وعلى آله وصحبه وسلم.

Imam Ibnu abidin didalam kitab tsabatnya menuturkan dikutip dari tsabatnya imam As-Syarbani beliau berkata : tata cara membaca sholawat yang agung ini. “Dulu saya mendapatkannya dari guru sayaa al-arif billah Sayyid Ahmad al-Baghdadi al-Qodiri dan Beliau menisbatkannya kepada sebagian ulama’ ahli ma’rifat, cara bacanya yaitu : Allahumma sholli alaa sayyidinaa muhammadinin nurid dzati as saari fii jami’il atsaar wal asma’ was sifat wa alaa alihi wasohbihi wasallim".

 وأفاد سيدي الشيخ أحمد الملوي في صلوات له أنها للإمام الشاذلي وأنها بمائة ألف صلاة وأنها لفك الكرب ولكنها بزيادة ونقص على ما تقدم وهذه صورتها اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد النور الذاتي والسر الساري في جميع الأسماء والصفات.

Sayyidi Syekh Ahmad al-Malawi memberikan faedah dalam kitab sholawatnya bahwa sholawat ini ciptaan Imam as-Syadzili dan sesungguhnya ini sholawat pahalanya sebanding dengan 100.000 sholawat dan manfatnya untuk memecahkan segala kesulitan, tetapi dengan penambahan dan pengurangan sebagaimana terdahulu. inilah bacaan sholawatnya : “allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa muhammadidnin nurid dzati was sirris saari fii jaami’il asma’i was shifaati.”

 وذكرها شيخنا الشيخ محمد عقيلة في صلوات له بلفظ اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا ومولانا محمد النور الذاتي والسر الساري سره في جميع الآثار والأسماء والصفات وسلم تسليماً ا.ه.

Allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa wamaulana muhammadinin nurid dzati was sirri  as saari sarrihi fii jami’il atsaar wal asma’ i was sifati wasallim taslima

- Syeikh Muhammad Uqailah dalam kitab sholawatnya

Manfaat Sholawat Nuridzati

Setelah membaca penjelasan diatas, setidaknya terdapat sedikit gambaran tentang manfaat sholawat nuridzati diantaranya :

1. Menarik Rezeki

Khasiatnya untuk melancarkan riski maka bacalah dengan rutin sebanyak 3x setelah shalat fardhu. Seyogyanya diistiqomahkan, insya Allah rezeki akan mengalir deras dan lancar.

2. Menyelesaikan Masalah atau Problem

Khasiatnya dapat menyelesaikan segala masalah, dengan mendawamkan (melanggengkan) sholawat nuridzati secara rutin insya Allah segala masalah apapun akan terselesaikan.

3. Perisai Diri Dari Marabahaya

Manaafat berikutnya dapat melindungi diri dari segala marabahaya dan ancaman yang bersifat merusak seperti :
  • sihir
  • kerusuhan
  • orang dhalim
  • perampokan dan sebagainya

maka bacalah sholawat nuridzati ketika hendak bepergian keluar rumah : "Allahumma sholli wasallim wabarik 'ala sayyidina muhammadinin nuridzati wassirris sari fi sairil asmai wasshifati wa'ala alihi washahbihi wasallim". Bismillahi tawakkaltu 'alallah lahaula wala quwwata illa billah.

Insya Allah kita akan dapat perlindungan dari Allah SWT, diberikan keselamatan hingga tujuan dan selamat sampai kembali kerumah.

4. Menjauhkan dari Bencana

Manfaat lain dari sholawat ini yaitu dapat menjauhkan dari bencana. Membaca sholawat ini setelah sholat maghrib dan subuh psling sedikit 3x maka insya Allah akan dapat penjagaan dari Allah dari berbagai macam bahaya.

5.Pelindung Dari Perbuatan Orang Jahat

Dengan membaca sholawat ini dengan penuh rasa keyakinan lalu tiupkan pada sebuah kerikil, kemudian sentilkan kepada orang yang hendak berbuat jahat, insya Allah niat jahat orang tersebut akan hilang.

6. Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit

Niat yang utama tetpa memohon pertolongan kepada Allah SWT, agar dengan wasilah sholawat ini Allah berkenan menyembuhkan penyakitnya. Lalu bacalah sholawat nuridzati ini pada segelas air putih. Untuk jumlah sholawat yang dibaca bisa sebanyak 3x, 7x, 21x sampai 41 xdisesuaikan dengan kemamtapan hajatnya masing-masing kemudian tiupkan keair putih dalam gelas tadi lalu diminumkan. Insya Allah dengan izin Allah akan diberikan kesembuhan.

7. Menghilangkan Perasaan Susah

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari pengamalan sholawatr ini adalah menghilangkan perasaaan susah,,, dimudahkan rezeki dijauhkan dari kemiskinan, kelaparan serta kesulitan serta disukai siapa saja dengan kehadiran kita dengan membaca sholawat nuridzati setiap malam 41x secara rutin dan istiqomah.
8. Pagar atau Membentengi Badan
9. Menangkal gangguan jin atau Syaitan terhadap anak
Manfaat terakhir yang didapat yaitu dapat menangkal gangguan jin dan syaitan terhadap anak.

Ijazah Sholawat Nuridzati Gus Syamsuddin

Adapun ijazah sholawat nuridzati yang kami dapat dari berbagai sumber dan cara pengamalnnya sebagai berikut :
1. shalat taubat
2. Tawassul kepada
  • Nabi Muhammad Saw. Alfatihah 3x
  • Shohibatan Nabi (Abu bakar ash shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin affan, Sayyidina Ali, Malaikat jibril, mikail, isrofil, izroil.
  • Nabi Khidir As, Nabi daud As, nabi Sulaiman As, Nabi Ibrahim As
  • Syeikh Abdul Qodir aljailani
  • Syaikh Abdul Hasan As-syadzili
3. Bismillah,istighfar, syahadat,haoqolah, ya Allah (3x)
4. Sholawat nuridzati sebanyak 41x
Tiada daya dan upaya melainkan pertolongan Allah SWT.

Adapun Ijazah Sholawat Nuridzati dari Gus syamsuddin, ketika anda sudah siap menerima ijazah dari gus syamsuddin:

  1. Siapkan air
  2. Jawab Qobiltu
  3. Sholat Malam
Sholat malam dimulai dari jam 12 malam, intinya jam 12 lebih mau itu jam 1 atau jam 2 intinya lewat jam 12. yang pertama mandi Sholat taubat 2 rakaat, sholat hajat 4 rakaat dan membaca sholawat nuridzati 313x ini diamalkan selama 41 hari dan di hari selasa berpuasa mulai hari selasa, rabu, kamis dan jum'at malam jumatnya tidak tidur (mulai dari subuhnya kamis sampai sbuhnya jumat). Nanti ketika gus syamsuddin membaca dikata asmai sebut nama kedua orang tua ibu dan ayah lalu setelah itu sebut didalam hati sedulur batin anak batin lalu membaca surat alfatihah 7x tanpa bismillah.

Setelah menerima ijazahnya, airnya diminum duduk tenang tegak kedua jari telunjuk dan ibu jari menempel, rasakan keluar masuknya nafas dengan dzikir Allah Allah Allah, rasakan energi yang masuk dalam diri dinikmati saja lakukan terus minimal 15 menit.

setelah anda mengamalkan ini, anda untuk tidak melakukan perbuatan yang melawan dari hati dari batin anda semua hal yang bertentangan dengan syariat yang terutama : zina, judi, madat, obat terlarang dan membunuh orang. Insya Allah selama tidak melanggar hal-hal yang disampaikan tadi energio tetap akan tersambung dengan diri anda.

- Gus Syamsuddin

Yang terpoenting ketika mengamalkan sholawat ini diamalkan dengan penuh rasa cinta karena ini adalah amalan sholawat yaitu amalan mahabbah cinta kita kepada baginda Rasulullah SAW.

- Gus Syamsuddin

Kisah Nyata Pengamal Sholawat Nuridzati

mengenai kisah nyata pengamal sholawat nuridzati saya pernah membaca cerita dari prabu agung alfayed, untuk ceritanya saya bawakan dari sudut pandang diri sendiri : 

Alkisah ada seorang jagoan atau preman katakanlah bernama Satria (nama samaran) yang berasal dari salah satu kota yang berada di jatim. Singkat cerita mas satria bertaubat mendekatkan diri kepada Allah. Oleh gurunya diberikan suatu amalan sholawat nuridzati.

dilain hari ketika akan pergi ketempat gurunya untuk mengikuti pengajian, musuh-musuh lamanya sebanyak 5 orang datang menghadang untuk membunuhnya, lalu majulah salah seorang dari komplotan tersebut menyerang mas satria, clurit yang diayunkan musuhnya tersebut dibalas reflek pukulan dari mas satia eh anehnya tangannya tidak terluka oleh sabetan tersebut malah musuhnya terdorong mundur sejauh beberapa meter terkena pukulan tadi dan pingsan.

Melihat kejadian itu 4 musuh yang tersisa merasa takut dan berbegas melarikan diri.Sementara mas satria masih bingung dengan kejadian barusan ia tetap melanjutkan perjalanaan ke pengajian dan semakin kuat keinginannya untuk berada dijalan yang benar. Sebab keyakinannya kini bertambah bahwa Allah akan melindungi hambanya yang bertobat.

baca juga : 

Demikian ulasan singkat mengenai Tulisan Arab, Bacaan dan Manfaat Sholawat nuridzati, Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan dapat menambah ilmu dan wawasan bagi yang baru pertama mengenalnya dan menambah rasa cinta kepada baginda Nabi SAW.

Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment