Fadhilah Sholawat Ummi Di Hari Jumat Beserta Bacaan Arab Latin dan Artinya

Salah satu sholawat yang sebaiknya diamalkan di hari jumat adalah sholawat ummi. 

Sholawat ummi termasuk katagori sholawat yang pendek dan mempunyai faidah atau keutamaan untuk menghapus dosa.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai fadilah sholawat ummi hari jumat beserta bacaan arab latin dan terjemahnya.

Table of Contents

Sholawat Ummi Hari Jumat

sholawat ummi hari jumat dan fadhilahnya
teks sholawat ummi

Tidak ada ketentuan dalam pembacaan sholawat nabi, mau itu setiap hari, setiap malam, atau hari-hari tertentu. Tetapi alangkah baiknya sholawat ummi diamalkan pada hari jumat atau malamnya,

Dinukil dari sebagian Arifin (orang-orang arif) dari syaikh mursi radhiyallahu anhu : " barang siapa yang melanggengkan membaca sholawat ini (sholawat ummi) sehari semalam sebanyak 500x  orang tersebut tidak akan meninggal sehingga dapat bertemu dengan nabi SAW dalam keadaan sadar.

Syaikh abdul qadir aljailani meriwayatkan dari a'raj dari abu hurairah radhiyallahua anhu, beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda : 

Barang siapa yang melaksanakan shalat 2 rakaat  pada malam jumat , setiap 1 rakaat membaca surat alfatihah dan ayat kursi 1x , kemudian surat al ikhlas sebanyak 15x kemudian sesudah salam membaca :  

اللهمّ صلِّ على النّبيّ الأمّيّ (Allahumma sholli 'alan nabiyyil ummiy) orang tersebut akan melihatku didalam tidurnya. jika tidak ada hasil di jumat yang pertama, akan dijumpai dijumat yang lainnya, pasti akan melihatku, dan barang siapa bisa melihatku maka pasti masuk surga dan semua dosanya yang terdahulu dan yang sekarang akan diampuni oleh Allah SWT

demikian keterangan yang kami dapat dalam kitab risalatus sholawat.

Bacaan Sholawat Ummi Arab Latin dan Artinya

Berikut adalah bunyi bacaan sholawat ummi arab latin dan terjemahannya

Lirik Arab :

اللهمّ صلِّ على محمّدٍ عبدكَ ونبيّكَ ورسولكَ النّبيّ الأمّيّ وعلى آلهِ وصحبهِ وسلِّمْ

Lirik Latin :

Allahumma sholli 'ala muhammadin 'abdika wanabiyyika wa rasulikan nabiyyil ummiyyi wa 'ala aalihi washohbihi wa sallim

Artinya :

Ya Allah, semoga rahmat ta'dzim dan keselamatan tetap atas nabi Muhammad SAW, hambamu, nabimu dan utusanmu yaitu nabi yang ummi (tidak bisa membaca dan menulis) dan semoga juga tercurahkan atas keluarga nabi dan sahabatnya.

Fadhilah Sholawat Ummi

Adapun keutamaan sholawat ummi antara lain :
  • Dapat bertemu Nabi Saw dalam keadaan sadar
  • Dapat mimpi bertemu Rasulullah SAW
  • Diampuni dosanya 80 tahun
Demikian apa yang dapat kami sampaikan mengenai fadhilah sholawat ummi di hari jumat beserta bacaan arab latin dan artinya. semoga memberikan banyak manfaat.
Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment