20 Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al Quran : Al Baqarah, Juz 30 Beserta Artinya

Contoh jumlah ismiyah dalam Al Quran dapat kita temukan dalam juz 30 pada surat Al Buruj ayat 14  yang berbunyi : وَهُوَ الْغَفُوْرُ الْوَدُوْدُۙ (wahuwal gharurul wadud). Huwa merupakan isim dhomir dimana jumlah ismiyah harus diawalai dengan isim sedangkan al wadud merupakan khobar dari huwa.

Unsur penting dari jumlah ismiyah disamping diawali dengan isim adalah terdiri dari mubtadak khobar. Dalam kesempata kali ini kami akan membahas tentang contoh-contoh jumlah ismiyah yang terdapat didalam Al Quran khusunya dalam surat Al Baqarah dan di Juz 30.

Table of Contents

Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al Quran

contoh jumlah ismiyah surat albaqarah, juz 30
contoh jumlah ismiyah dalam alquran

Untuk memudahkan teman-teman dalam mempelajari dan membedakan mana yang termasuk jumlah ismiyah dan mana yang bukan, kami akan memberikan warna yang berbeda pada lafadz yang didalamnya memuat jumlah ismiyah.

10 Contoh Jumlah Ismiyah dalam Surat Al Baqarah :

  1. Surat Al Baqarah Ayat 184 :  ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ١٨٤ Artinya : Dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Jumlah ismiyah dalam ayat ini tidak tampak secara dhohir, tetapi ditakwil jika ditakdirkan maka : صيامكم خير لَّكُمْ
  2. Surat Al Baqarah Ayat 187 : هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ Artinya : Mereka (istrimu) adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka.
  3. Surat Al Baqarah Ayat 188 : وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَالِ النَّاسِ بِالْاِثْمِ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ࣖ ١٨٨ Artinya : Janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada para hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.
  4. Surat Al Baqarah Ayat 197 : اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ Artinya :  (Musim) haji itu (berlangsung pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi(Waktu yang dimaklumi untuk pelaksanaan ibadah haji ialah Syawal, Zulkaidah, dan 10 malam pertama Zulhijah)
  5. Surat Al Baqarah Ayat  202 : اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ نَصِيْبٌ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ سَرِيْعُ الْحِسَابِ ٢٠٢ Artinya : Mereka itulah yang memperoleh bagian dari apa yang telah mereka kerjakan. Allah Mahacepat perhitungan-Nya.
  6. Surat Al Baqarah Ayat 204 : وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يُّعْجِبُكَ قَوْلُهٗ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَيُشْهِدُ اللّٰهَ عَلٰى مَا فِيْ قَلْبِهٖ ۙ وَهُوَ اَلَدُّ الْخِصَامِ ٢٠٤ Artinya : Di antara manusia ada yang pembicaraannya tentang kehidupan dunia mengagumkan engkau (Nabi Muhammad) dan dia menjadikan Allah sebagai saksi atas (kebenaran) isi hatinya. Padahal, dia adalah penentang yang paling keras.
  7. Surat Al Baqarah Ayat 205 : وَاِذَا تَوَلّٰى سَعٰى فِى الْاَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيْهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ ۗ وَ اللّٰهُ لَا يُحِبُّ الْفَسَادَ ٢٠٥ Artinya : Apabila berpaling (dari engkau atau berkuasa), dia berusaha untuk berbuat kerusakan di bumi serta merusak tanam-tanaman dan ternak. Allah tidak menyukai kerusakan.
  8. Surat Al Baqarah Ayat 207 : وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّشْرِيْ نَفْسَهُ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ رَءُوْفٌۢ بِالْعِبَادِ ٢٠٧ Artinya : Di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya untuk mencari rida Allah. Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba(-Nya).
  9. Surat Al Baqarah ayat 2268 : اَلشَّيْطٰنُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاۤءِ ۚ وَاللّٰهُ يَعِدُكُمْ مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ۖ ٢٦٨ Artinya : Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan kamu ampunan dan karunia-Nya. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.
  10. Surat Al Baqarah ayat 2276 : يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ ٢٧٦ Artinya : Allah menghilangkan (keberkahan dari) riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang sangat kufur lagi bergelimang dosa.

10 Contoh Jumlah Ismiyah dalam Juz 30

  • Surat Al Qariah Ayat 1 : اَلْقَارِعَةُۙ مَا الْقَارِعَةُ Al-Qāri‘ah (hari Kiamat yang menggetarkan).Apakah al-Qāri‘ah itu?
  • Al Bayyinah ayat 2 : رَسُوْلٌ مِّنَ اللّٰهِ يَتْلُوْا صُحُفًا مُّطَهَّرَةًۙ ٢ (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Nabi Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran suci (Al-Qur’an) .
  • Al Bayyinah ayat 8 : جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗرَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهٗ ࣖ ٨ Artinya : Balasan mereka di sisi Tuhannya adalah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. Jumlah dari kalimat جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ adalah contoh jumlah ismiyah dalam Al Quran surat Al Bayyinah ayat 8.
  • Surat Al Buruj Ayat 7 : وَّهُمْ عَلٰى مَا يَفْعَلُوْنَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ شُهُوْدٌ ۗ ٧ Artinya : Mereka menyaksikan apa yang mereka perbuat terhadap orang-orang mukmin.
  • Al Buruj ayat 14 : وَهُوَ الْغَفُوْرُ الْوَدُوْدُۙ ١٤ Artinya : Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih,
  • Surat Al Buruj ayat 20 : وَّاللّٰهُ مِنْ وَّرَاۤىِٕهِمْ مُّحِيْطٌۚ ٢٠ Artinya : padahal Allah mengepung dari belakang mereka.
  • Surat Al Insyiqoq ayat 23 : وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا يُوْعُوْنَۖ ٢٣ Artinya : Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan (dalam hati mereka).
  • Surat Al Mutaffifin ayat 26 : خِتٰمُهٗ مِسْكٌ ۗوَفِيْ ذٰلِكَ فَلْيَتَنَافَسِ الْمُتَنٰفِسُوْنَۗ ٢٦ Artinya : Laknya terbuat dari kasturi. Untuk (mendapatkan) yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.
  • Surat Al Mutaffifin ayat 27 : وَمِزَاجُهٗ مِنْ تَسْنِيْمٍۙ ٢٧ Artinya : Campurannya terbuat dari tasnīm,
  • Surat An Naba' ayat 39 : ذٰلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّۚ فَمَنْ شَاۤءَ اتَّخَذَ اِلٰى رَبِّهٖ مَاٰبًا ٣٩ Artinya : Itulah hari yang hak (pasti terjadi). Siapa yang menghendaki (keselamatan) niscaya menempuh jalan kembali kepada Tuhannya (dengan beramal saleh).
Demikian pembahasan mengenai 20 contoh jumlah ismiyah dalam Al Quran khususnya dalam surat Al Baqarah dan juz 30, semoga menambah pemahaman bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa arab khususnya nahwu shorof.
Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment