Pengertian Mad Badal : Contoh dan Hukum Bacaannya

Mad Badal adalah salah satu dari macam-macam mad far'i. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab hidayatul mustafid bahwa mad far'i terbagi menjadi 13 yang nomor 4 adalah mad badal dengan tulisan arab المدّ  البدل

Badal secara bahasa artinya pengganti. Sebab dinamakan mad badal karena berkaitan dengan bertemunya 2 hamzah dan hamzah yang  kedua diganti dengan huruf mad.

Dalam kesempatan kali ini zonasantri.com akan menerangkan pengertian mad badal beserta contohnya dan juga mengulas kapan terjadinya mad badal dan hukum bacaanya.

Pengertian Mad Badal

Pengertian mad badal dan contohnya
pengertian mad badal

Mad secara bahasa artinya memanjangkan, ada juga yang mengartikan tambah. Sedangkan secara istilah mad adalah memanjangkan sesuatu sebab terdapat salah satu huruf mad.

Pengertian mad badal sebagaimana dikemukakan oleh Syaikh Muhammad Mahmud dalam kitab hidayatul mustafid adalah sebagai berikut :

س : ما هو مدّ  البدل ؟

ج : هو أن يجتمع المد مع الهمزة فى كلمة لكن تتتقد الهمزة على المدّ مثل  آدم وإيمان أصله أأدم وإإيمان بهمزتين

Soal : Apa yang dinamakan mad badal

Jawab : Mad badal adalah berkumpulnya mad beserta hamzah didalam satu kalimat tetapi lebih dahulu hamzah dari pada mad, contohnya adalah آدم dan إيمان asalnya adalah lafadz أأدم dan إإيمان dengan 2 hamzah.

Di dalam tuhfatul athfal juga diterangkan :

او قدم الهمز على المد وذا * بددل كآمنوا وإيمانا خذا

Artinya : Jika hamzah ada sebelum mad, maka ini adalah mad badal contohnya آمنوا dan إيمانا.

Dari kedua penjelasan diatas dapat disimpulkan pengertian mad badal adalah bacaan mad yang terjadi ketika bertemunya hamzah dan huruf mad dalam 1 kalimat dan didahului oleh hamzah, contohnya إيمانا. berasal dari lafadz إإيمان.

Dapat diketahui sebab mad badal karena huruf mad yang jatuh setelah hamzah dalam satu kalimat.

Ketika membaca Al Quran mungkin agak sulit untuk mengidentifikasi mana yang merupakan bacaan mad badal dan mana yang merupakan bacaan mad thobi'i karena bacaannya sama seperti lafadz إِيْمَانًا dimana terdapat ya mati yang jatuh setelah kasrah merupakan bacaan mad thobi'i. Ciri-ciri mad badal adalah jika ada huruf mad jatuh setelah hamzah dalam satu kalimat.

Dilihat dari segi ilmu shorof terjadinya mad badal sebab berkumpulnya 2 hamzah dalam satu kalimat dan hamzah yang kedua mati kemudian hamzah yang kedua di ganti dengan huruf yang cocok dengan harakat hamzah yang pertama, contohnya :

  • آمن (Aa-mana) : asalnya adalah lafadz أأمن (a' mana) hamzah kedua mati kemudian diganti huruf yang cocok dengan harakat hamzah pertama yaitu harakat fathah maka hamzah kedua diganti alif kemudian jadilah lafadz آمن 
  • أومل (Uu-mul) : asalnya adalah lafadz أؤمل (u' mul) hamzah kedua mati kemudian diganti huruf yang cocok dengan harakat hamzah pertama yaitu harakat dhommah maka hamzah kedua diganti wawu kemudian jadilah lafadz أومل 
  • إيدم (Ii-dim) : asalnya adalah lafadz  إئدم (i' dim) hamzah kedua mati kemudian diganti huruf yang cocok dengan harakat hamzah pertama yaitu harakat kasrah maka hamzah kedua diganti ya kemudian jadilah lafadz إيدم
Keterangan ini berkesuaian dengan qoidah i'lal yang ke-sebelas yaitu :

الهمزتان اذ التقتا في كلمة واحدة ثانيتهما ساكنة وجب ابدال الثانية بحرف ناسب الى حركة الاولى نحو آمن اصله أأمن وأومل اصله أؤمل و إيدم اصله إئدم

Artinya : 2 hamzah ketika bertemu dalam 1 kalimat dan hamzah kedua sukun(mati) maka hamzah kedua wajib diganti dengan huruf yang berkesesuaian dengan harakat hamzah pertama contohnya adalah آمن asalnya adalah أأمن dan  أومل asalnya adalah أؤمل dan إيدم asalnya adalah إئدم.

Baca Juga : Pengertian Mad Farqi dan Contohnya

Hukum Bacaan Mad Badal

Huruf mad ada 3 yaitu : 

  1. wawu mati yang jatuh setelah dhommah
  2. ya mati yang jatuh setelah kasroh
  3. alif yang jatuh setelah fathah
Bacaan yang memenuhi salah satu dari 3 kriteria diatas merupakan bacaan mad asli (mad thobi'i). Huruf mad badal sama dengan huruf mad thobi'i yang membedakan adalah hamzah yang berada diawal(sebelum) huruf mad. Karena tambahan hamzah itulah mad badal termasuk kedalam mad far'i (mad yang panjangnya melebihi mad asli)

Hamzahnya mad badal dan hamzahnya mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil itu berbeda, bedanya jika hamzahnya mad badal berada di awal (sebelum) huruf mad sedangkan hamzahnya mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil berada sesudah huruf mad.

Hukum bacaan mad badal yaitu dibaca dibaca panjang 2 harakat atau 1 alif sama dengan bacaan mad thobi'i.

Contoh Mad Badal

Mad badal terdapat dibanyak surat dalam Al Quran, diantaranya dalam Surat Al Baqarah, Surat An Naml, Surat Taha, Surat At-taubah, Surat At-tur dan lain-lainnya.

Untuk memudahkan agar mengetahui contoh mad badal dalam Al Quran sebaiknya ketahui dahulu ciri-ciri mad badal. Ciri- ciri mad badal adalah :

  • Huruf awal mad badal berupa hamzah
  • Setelah hamzah terdapat huruf mad
  • Hamzah dan huruf mad dalam satu kalimat
  • Antara hamzah dan huruf mad tidak ada pemisah (tidak dipisahkan huruf lainnya)
Inilah 5 contoh mad badal dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya :

1. Surat Al Baqarah ayat 201

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ ٢٠١

Artinya : Di antara mereka ada juga yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.”

Contoh mad badal adalah lafadz اٰتِنَا dimana terdapat hamzah diawal dan setelahnya berupa huruf mad alif.

2. Surat An Naml ayat 7

اِذْ قَالَ مُوْسٰى لِاَهْلِهٖٓ اِنِّيْٓ اٰنَسْتُ نَارًاۗ سَاٰتِيْكُمْ مِّنْهَا بِخَبَرٍ اَوْ اٰتِيْكُمْ بِشِهَابٍ قَبَسٍ لَّعَلَّكُمْ تَصْطَلُوْنَ ٧

Artinya : (Ingatlah) ketika Musa berkata kepada istrinya, “Sesungguhnya aku melihat api. Aku akan membawa kabar tentangnya kepadamu atau membawa suluh api (obor) agar kamu dapat menghangatkan badan (dekat api).”

اٰتِيْكُمْ adalah contoh mad badal dimana terdapat hamzah diawal dan setelahnya berupa huruf mad alif.

3. Surat At Taubah ayat 18

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ ١٨

Artinya : Sesungguhnya yang (pantas) memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, mendirikan salat, menunaikan zakat, serta tidak takut (kepada siapa pun) selain Allah. Mereka itulah yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Contoh mad badal adalah lafadz اٰتَى dimana terdapat hamzah diawal dan setelahnya berupa huruf mad alif.

4. Surat At-tur ayat 21

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِاِيْمَانٍ اَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآ اَلَتْنٰهُمْ مِّنْ عَمَلِهِمْ مِّنْ شَيْءٍۗ كُلُّ امْرِئٍ ۢبِمَا كَسَبَ رَهِيْنٌ ٢١

Artinya : Orang-orang yang beriman dan anak cucunya mengikuti mereka dalam keimanan, Kami akan mengumpulkan anak cucunya itu dengan mereka (di dalam surga). Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.

اٰمَنُوْا adalah contoh mad badal dimana terdapat hamzah diawal dan setelahnya berupa huruf mad alif dan lafadz اِيْمَانٍ terdapat hamzah diawal dan setelahnya berupa huruf mad ya.

5. Surat Taha ayat 36

قَالَ قَدْ اُوْتِيْتَ سُؤْلَكَ يٰمُوْسٰى ٣٦

Artinya : (Allah) berfirman, “Sungguh, telah diperkenankan permintaanmu, wahai Musa.

Contoh mad badal adalah lafadz اُوْتِيْتَ dimana terdapat hamzah diawal dan setelahnya berupa huruf mad wawu.

Demikian penjelasan kami mengenai pengertian mad badal dan contohnya, besar harapan semoga memberikan banyak manfaat bagi para pembaca khususnya yang sedang belajar ilmu tajwid dan bacaan Al Quran.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment