Tulisan Masya Allah Tabarakallah Yang Benar dan Artinya

Masya Allah tabarakallah (ماشاء الله تبارك الله) adalah salah satu ungkapan kaum muslim yang biasa digunakan untuk menyatakan sesuatu yang menunjukkan keheranan atau kekaguman sekaligus memuji atas kebesaran Allah.

Masya Allah dan tabarakallah adalah 2 ungkapan yang berbeda. Tetapi banyak juga yang menggabungkan 2 ungkapan ini menjadi 1 hingga seolah-olah ungkapan tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. 

Dalam artikel kali ini kami akan membahas lebih lanjut tentang apa arti dari masya Allah tabarakallah, bagaimana tulisan arabnya yang benar dan apa perbedaan keduanya. 

Table of Contents

Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah Yang Benar

Masya Allah tabarakallah artinya dan tulisan arab
tulisan arab masya Allah tabarakallah artinya

Tulisan masya Allah tabarakallah terdiri dari 5 kalimat yaitu ما kalimat isim, شاء kalimat fiil,  الله kalimat isim, تبارك kalimat fiil dan الله kalimat isim. 

Baca Juga: Allahumma Yassin Walau Tuassir Arab dan Artinya

ما merupakan isim maushul dimana harus mempunyai silah, silahnya berupa jumlah fi'liyah yaitu kalimat شاء الله. Sya a شاء merupakan film madhi makan harus mempunyai fail, failnya berupa lafadz jalalah yaitu الله. Tabaraka تبارك adalah film madhi maka harus mempunyai fail yaitu berupa lafadz jalalah الله. 

Alhasil, tulisan arab masya Allah tabarakallah yang benar adalah: 

  • Arab gundul: ماشاء الله تبارك الله
  • Arab berharakat: ماشاء الله تبارك الله

Perbedaan Masya Allah dan Tabarakallah

Masya Allah dan Tabarakallah adalah 2 ungkapan yang berbeda, tentunya mempunyai arti yang berbeda.

Baraka artinya semoga diberkati, dalam praktiknya biasanya yang sering digunakan adalah lafadz barakallah laka yang artinya semoga Allah memberkati mu.

Tabaraka artinya maha berkah. Dalam praktiknya tabaraka sering disandingkan dengan lafadz jalalah Allah yang artinya maha suci Allah.

Jadi perbedaan antara baraka dan tabaraka adalah lafadz baraka sering digunakan untuk mendoakan orang lain dengan disandingkan lafadz Allah menjadi barakallahu laka yang artinya semoga Allah memberkatimu, sedangkan lafadz tabaraka sering disandingkan dengan lafadz Allah menjadi tabarakallah yang artinya maha suci Allah. 

Masya Allah adalah sebuah ungkapan kekaguman atau keheranan. Misalnya melihat ciptaan Allah berupa alam yang begitu indah dan muncullah kekaguman atau keheranan maka ucapkanlah masya Allah. 

Bedanya masya Allah dan masya Allah tabarakallah adalah masya Allah diucapkan untuk mengungkapkan sebuah keheranan atas ciptaan Allah. Sedangkan masya Allah tabarakallah diucapkan sebagai bentuk keheranan(kekaguman) atas ciptaan Allah sekaligus pengakuan dan penghormatan atas kekuasaan Dzat Allah (maha suci Allah). 

Masya Allah Tabarakallah Artinya

Masya Allah tabarakallah (ماشاء الله تبارك الله) sering diucapkan oleh orang muslim ketika melihat sesuatu yang mengagumkan atau mengherankan.  Sebenarnya masya Allah tabarakallah adalah 2 ungkapan yang berbeda.

Dalam prakteknya, kedua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian atau bersama-sama untuk mengungkapkan rasa syukur, kagum, dan penghormatan terhadap Allah.

Menurut kamus Al Munawwir masya Allah adalah kata-kata yang menunjukkan keheranan. Bisa dikatakan jika ada orang menjumpai sesuatu yang mengherankan,misalnya melihat ciptaan Allah yang indah sehingga membuat takjub maka ucapkanlah masya Allah.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia masya Allah artinya sesuatu yang telah dikehendaki oleh Allah. 

Arti perkata Masya Allah dalam bahasa Indonesia mempunyai arti sebagai berikut :

  • Maa : merupakan isim maushul berlaku sebagai mubtada' artinya sesuatu 
  • Sya a : fiil madhi mabni ma'lum ikut wazan faala. syaa artinya menghendaki
  • Allah : lafadz jalalah sebagai failnya sya'a. Artinya Allah (Tuhan semesta alam). 

Jadi Arti dari Masya Allah artinya sesuatu yang telah dikehendaki oleh Allah. 

Tabarakallah artinya mahal suci Allah. Didalam kamus Al Munawir Arab -Indonesia tabaraka jika disandingkan dengan lafadz Allah makan mempunyai makna sama dengan lafadz taqaddasa yang artinya maha suci Allah.

Makna ini selaras dengan apa yang diartikan Kemenag RI dalam surat al Mukminun ayat 14

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظٰمًا فَكَسَوْنَا الْعِظٰمَ لَحْمًا ثُمَّ اَنْشَأْنٰهُ خَلْقًا اٰخَرَۗ فَتَبَارَكَ اللّٰهُ اَحْسَنُ الْخٰلِقِيْنَۗ

Artinya: Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang menggantung (darah). Lalu, sesuatu yang menggantung itu Kami jadikan segumpal daging. Lalu, segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. Lalu, tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta.

Dalam ayat tersebut Kemenangan RI mengartikan tabarakallah dengan arti maha suci Allah. 

Masya Allah tabarakallah artinya sesuatu yang telah dikehendaki oleh Allah, maha suci Allah. 

Dalam prakteknya masya Allah tabarakallah diucapkan ketika menjumpai sesuatu yang mengherankan atau menakjubkan sekaligus sebagai pengakuan atas keagungan Dzat yang menciptakan sesuatu tersebut. 

Tidak ada jawaban dari ungkapan masya Allah tabarakallah, karena ungkapan tersebut bukanlah merupakan sebuah pertanyaan melainkan sebuah ungkapan untuk mengekspresikan atau mengakui keagungan Allah berupa ciptaan-Nya yang menakjubkan. 

Demikian pembahasan kami mengenai arti dari masya Allah tabarakallah disertai tulisan arab, juga penggunaannya semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca. 

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment