Pengertian Na'at dan Man'ut Beserta Contoh dan Ketentuannya

Naaat dan man'ut merupakan salah satu tarkib dalam bahasa arab yang sering dijumpai dalam percakapan atau dalam Ayat-ayat Al Quran, contohnya فِيْ جَنَّةٍ عَالِيَةٍ dalam surat Al Haqqah ayat 22. Lafadz عَالِيَةٍ berkedudukan sebagai naat sedangkan جَنَّةٍ berkedudukan sebagai man'ut.

Dalam dunia pesantren na'at biasa disebut dengan istilah sifat yang dibiasa diartikan dalam bahasa jawa kang, jadi na'at dan sifat itu sama saja. Secara bahasa naat artinya adalah ikut dan manut artinya yang diikuti.

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu naat dan ma'nut, seperti apa ketentuan dan contohnya dalam kesempatan kali ini zonasantri.com akan membahasnya secara mendalam.

Table of Contents

Pengertian Naat dan Man'ut

pengertian naat dan ma'nut dan contohnya
pengertian naat dan ma'nut adalah

Dalam terjemah Matan Al Jurumiyah karangan K.H. Misbah Mustofa mendefinisikan naat sebagai berikut :

التابع المشتق أو المؤوّل بالمشتق الموضح لمتبوعه فى المعارف أو المخصص له فى النكرات

Naat adalah isim yang ikut kepada isim sebelumnya (man'ut) dan isim tersebut berupa musytaq (bisa dipecah) atau muawwal bil mustaq yang menjelaskan man'utnya jika berupa isim makrifat atau mengkhususkan man'ut jika berupa isim nakirah.

Sedangkan Imam ibnu malik dalam kitab Alfiyah ibnu malik mendefinisikan naat sebagai berikut :

فالنعت تابع متمّ ما سبق * بوسمه أو وسم ما به اعتلق

Naat adalah lafadz yang ikut kepada lafadz sebelumnya menurut i'robnya, adanya lafadz tersebut untuk menyempurnakan lafadz sebelumnya yang butuh untuk dijelaskan atau dikhususkan dan juga lafadz tersebut harus memuat dhomir yang kembali kepada matbu' atau dhomirnya lafadz yang sambung kepada matbu'.

Pengertian man'ut adalah isim yang diikuti oleh naat, contohnya جَاءَ زَيْدٌ العَاقِلُ . Lafadz زَيْدٌ adalah man'ut karena ia diikuti oleh lafadz العَاقِلُ yang berkedudukan sebagai naat.

Naat dibagi menjadi 2 macam :

  1. Naat Haqiqi : Naat yang merofa'kan isim dhomir yang kembali kepada man'ut. Contohnya جَاءَ زَيْدٌ العَاقِلُ artinya zaid yang cerdas telah datang. Lafadz العَاقِلُ sebagai naat merofa'kan isim dhomir yang disimpan berupa huwa yang kembali kepada man'ut.
  2. Naat Sababi ; Naat yang merofa'kan isim dhohir yang mudhof kepada isim dhomir yang kembali kepada man'ut. Contohnya مررت برجلٍ حسنٍ وجهِه artinya aku berjalan berjumpa seorang laki-laki yang tampan wajahnya. Lafadz حسنٍ berlaku sebagai naat merofa'kan isim dhohir وجهِه dimana dalam isim dhohir ini terdapat dhomir yaitu ( ه ) yang kembali kepada man'ut.

Ketentuan Na'at dan Man'ut

Ketentuan dari naat dan man'ut adalah naat harus ikut kepada man'ut dalam 4 dari 10 hal :
  1. I'robnya ( Rofa, nashob dan jar)
  2. Ma'rifat dan Nakirah
  3. Mudzakkar dan Muannats
  4. Mufrod, Tatsniyah dan Jamak

1. I'robnya

Naat dan man'ut harus sama dalam hal i'rob, contohnya :

  • Rofa' : جَاءَ زَيْدٌ العَاقِلُ 
  • Nashob : رَاَيْتُ زَيْدًا العَاقِلَ
  • Jar : مررتُ بِزَيْدٍ العَاقِلِ

2. Ma'rifat dan Nakirah

Naat dan man'ut harus sama dalam hal nakirah dan makrifat, contohnya :

  • Nakirah : جَاءَ رَجُلٌ عَاقِلٌ
  • Ma'rifat : جَاءَ زَيْدٌ العَاقِلُ 

3. Mudzakkar dan Muannats

Naat dan man'ut harus sama dalam hal mudzakkar muannats, contohnya :

  • Mudzakkar : مررتُ بِزَيْدٍ العَاقِلِ 
  • Muannats : مررتُ بِمُسْلِمَةٍ عاقلةٍ

4. Mufrod, Tatsniyah dan Jamak

Naat dan man'ut harus sama dalam hal mufrod, tatsniyah jamak, contohnya :

  • Mufrod : جَاءَ زَيْدٌ العَاقِلُ 
  • Tatsniyah : جَاءَ زَيْدَانِ العَاقِلآنِ
  • Jamak : جَاءَ زَيْدُوْنَ العَاقِلُوْنَ

Contoh Na'at dan Man'ut

Berikut ini adalah beberapa contoh na'at dan manut dalam Al Quran :
  1. فِيْ جَنَّةٍ عَالِيَةٍۙ ٢٢ Artinya : dalam surga yang tinggi. Contoh naat dan manut adalah جَنَّةٍ عَالِيَةٍۙ dalam Al Quran surat Al Haqqah ayat 22 dimana naat dan manut sudah memenuhi 4 dalam 10 hal yaitu sama-sama jar, nakirah, muannats dan mufrod.
  2. قَالَ اذْهَبْ فَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ فَاِنَّ جَهَنَّمَ جَزَاۤؤُكُمْ جَزَاۤءً مَّوْفُوْرًا٦٣ Artinya : Dia (Allah) berfirman, “Pergilah, siapa saja di antara mereka yang mengikuti kamu, sesungguhnya (neraka) Jahanamlah balasanmu semua sebagai balasan yang sempurna. Contoh naat dan man'ut terdapat dalam kalimat جَزَاۤءً مَّوْفُوْرًا dalam surat Al Isra ayat 63, dimana naat dan ma'ut sudah memenuhi 4 dalam 10 hal yaitu sama-sama nashob, nakirah, mudzakar dan mufrod.
  3. وَكِتٰبٍ مَّسْطُوْرٍۙ ٢ Artinya : demi Kitab yang ditulis. Contoh naat dan man'ut terdapat dalam kalimat كِتٰبٍ مَّسْطُوْرٍۙ dalam surat At Tur ayat 2, dimana naat dan ma'ut sudah memenuhi 4 dalam 10 hal yaitu sama-sama jar, nakirah, mudzakar dan mufrod.
  4. وَالسَّقْفِ الْمَرْفُوْعِۙ ٥ Artinya : demi atap yang ditinggikan (langit), Contoh naat dan man'ut terdapat dalam kalimat السَّقْفِ الْمَرْفُوْعِۙ dalam surat At Tur ayat 5, dimana naat dan ma'ut sudah memenuhi 4 dalam 10 hal yaitu sama-sama jar, makrifat, mudzakar dan mufrod.
  5. وَالْبَحْرِ الْمَسْجُوْرِۙ ٦ Artinya : dan demi lautan yang dipanaskan (di dalamnya ada api), Contoh naat dan man'ut terdapat dalam kalimat الْبَحْرِ الْمَسْجُوْرِۙ dalam surat At Tur ayat 6, dimana naat dan ma'ut sudah memenuhi 4 dalam 10 hal yaitu sama-sama jar, makrifat, mudzakar dan mufrod.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian naat dan man'ut beserta contohnya, semoga memberikan banyak pemahaman bagi para pelajar yang sedang belajar bahasa arab khusunya ilmu nahwu bab Tabi'.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment