10 Keutamaan Wudhu Dalam Islam Beserta Haditsnya

Wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat, dimana seseorang harus suci dari hadats besar maupun hadats kecil. Cara mensucikan hadats kecil ialah dengan berwudhu. Diantara keutamaan wudhu adalah bahwa wudhu dapat menghilangkan dosa-dosa kecil sehingga ia seperti dilahirkan kembali dari kandungan ibunya.

 قال النبي صلى الله عليه وسلم : من توضأ للصلاة فأحسن الوضوء ثم قام إلى الصلاة فإنه يخرج من خطيئته كيوم ولدته أمه

Nabi SAW bersabda : Barang siapa berwudhu untuk melaksanakan shalat, kemuudian memperindah wudhunya (melakukan wudhu secara sempurna) kemudian berdiri melaksanakan sholat, maka orang tersebut bersih dari dosa-dosa kecil seperti ketika lahir dari kandungan ibunya.

Masih banyak manfaat dari melakukan wudhu dan menjaga wudhu yang akan diperoleh orang yang mengamalkannya. Maka dari itu kami akan menerangkan keutamaan-keutamaan wudhu beserta haditsnya.

Table of Contents

Hadits Keutamaan Wudhu

hadits keutamaan wudhu
keutamaan wudhu

Dalil tentang keutamaan wudhu dapat kita temukan dalam beberapa hadits, diantaranya :

روى الشيخان عن أبي هريرة رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إن أمتي يدعون يوم القيامة غرا محجلين من آثار الوضوء فمن استطاع منكم أن يطيل غرته فاليفعل

Imam Bukhari Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, beliau berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya ummatku kelak akan datang pada hari kiamat  dalam keadaan (muka dan kedua tangannya) kemilau bercahaya karena bekas wudhu. Karenanya, barang siapa dari kalian mampu memperbanyak kemilau cahayanya, silahkan dia melakukannya (dengan memperlebar basuhan wudhunya).

روى مسلم عن أبي هريرة رضي الله عنه قال سمعت خليلي صلى الله عليه وسلم يقول تبلغ الحلية من المؤمن حيث يبلغ الوضوء

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, beliau berkata : Aku mendengar kekasihku SAW bersabda : Kemilau cahaya seorang mukmin (kelak pada hari kiamat) sesuai dengan batas basuhan wudhunya.

روى مسلم عن أبي مالك الأشعري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم الطهور شطر الإيمان

Imam Muslim meriwayatkan dari Utsman radhiyallahu anhu, beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda : Bersuci adalah bagian dari iman.

 Dari hadits diatas kita dapat mengetahui 3 keutamaan wudhu.

Baca Juga : Mengapa Thaharah Itu Penting?

9 Keutamaan Wudhu

Berwudhu mepunyai banyak manfaat yang akan diperoleh bagi sesorang yang terbiasa dan mendawamkannya. Berikut keutamaan wudhu yang kami rangkum dari kitab Tanqihul Qaul :

1. Dihapuskan dosa-dosa kecil

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من توضأ للصلاة وصلى كفر الله ذنوبه ما بينه وبين الصلاة الأخرى التى تليها

Nabi SAW bersabda : Barang siapa melakukan wudhu untuk melaksanakan sholat maka Allah memberikan ampunan untuk dosa-dosa kecilnya yang dilakukan antara sholat tersebut dan sholat selanjutnya.

Baca Juga : 10 Keutamaan Siwak

2. Mendapatkan pahala seperti mati syahid

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من نام على وضوء فأدركه الموت فى تلك الليلة فهو عند الله شهيد

Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang tidur dalam keadaan berwudhu, kemudian pada malam hari tersebut dirinya meninggal maka menurut Allah orang tersebut mendapatkan pahala seperti orang mati syahid.

Keterangan : Didalam kitab Ihya' Ulumuddin Imam Ghazali menuturkan sabda Nabi : ketika seorang muslim tidur dalam keadaan suci (wudhu) maka ruhnya diangkat menuju arsy, jika dia bermimpi maka mimpinya termasuk mimpi yang benar. tetapi jika tidur tidak dalam keadaan suci, maka ruhnya tidak menuju arsy dan semua mimpinya hanyalah bunga tidur yang tidak ada kebenarannya.

3. Seperti orang puasa sunnah serta melakukan qiyamul lail

قال النبي صلى الله عليه وسلم : النائم الطاهر كالصائم القائم

Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci dari hadats seperti orang yang puasa sunah sekaligus malamnya melkasanakan sholat sunnah.

Keterangan : Barang siapa yang ketika sebelum tidur melakukan wudhu terlebih dahulu, maka dirinya akan memperoleh pahala seperti halnya pahala orang yang puasa diwaktu siang dan malamnya melakukan sholat sunnah.

Hadits diatas diriwayatkan oleh Imam Hakim dan Tirmidzi dari Umar bin Haris, sedangkan sanad hadits tersebut adalah dho'if. Demikian keterangan yang terdapat dalam kitab "Sirajul Munir".

4. Memperoleh 10 kebaikan

قال النبي صلى الله عليه وسلم :  من توضأ على طهر كتب له عشر حسنات

Nabi SAW bersabda : Barang siapa memperbaharui wudhu, maka akan memperoleh 10 kebaikan. (Hadits riwayat Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah dariIbnu Umar). Menurut Imam Turmudzi hadits tersebut dho'if.

Keterangan : Barang siapa yang masih suci dari hadats kemudian memperbaharui wudhu untuk melaksanakan sholat fardhu atau sunnah maka orang tersebut kan memperoleh 10 amal shalih.

Sebagian ulama' ada yang menerangkan bahwa, yang dimaksud "memperoleh 10 kebaikan" yaitu memperoleh pahala seperti halnya pahala wudhu 10 kali, sebab masalah kebaikan(hasanah) Allah sudah berjanji paling sedikit akan melipat gandakan 10x.

Sedangkan masalah wudhu disunnahkan untuk memperbaharui. Walaupun wudhunya belum batal sunnah memperbaharui lagi ketika akan sholat, tetapi maslah ini berbeda dengan Mandi Jinabat dan tayamum dimana tidak disunahkan untuk memperbaharui, seperti itulah menurut Qaul yang lebih shahih.

5. Sebagai penyempurna shalat

قال النبي صلى الله عليه وسلم : لا صلاة لمن لا وضوء له و لا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه

Nabi SAW bersabda : Tidak ada shalat yang sempurna untuk orang yang tidak wudhu dan tidak ada wudhu yang sempurna untuk orang yang tidak membaca basmalah ketika wudhu.

Keterangan : Orang yang melaksanakan shalat sebelumnya tidak berwudhu, sholatnya tidak diterima oleh Allah SWT, begitu juga wudhu yang tidak didahului basmalah pahalanya tidak sempurna. Al hasil sebelum wudhu disunahkan membaca basmalah.

Baca Juga : Hal-hal yang membatalkan wudhu

6. Merupakan bagian dari iman

قال النبي صلى الله عليه وسلم : الوضوء شطر الإيمان

Nabi SAW bersabda : Wudhu termasuk sebagian dari iman.

Keterangan : Dalam riwayat lain diterangkan الطهور شطر الإيمان (Kebersihan sebagiam dari iman). Wudhu dinamakan sebagian dari iman sebab iman itu mensucikan najis-najis batiniyah, sedangkan wudhu mensucikan najis-najis jismiyah.

7. Memperoleh pahala 2 tingkatan

قال النبي صلى الله عليه وسلم : صبغة الوضوء مرة فمن توضأ مرتين كان له كفلان من الأجر ومن توضأ ثلاثا فهو وضوء الأنبياء من قبلى

Nabi SAW bersabda : Asalnya wudhu itu adalah 1 kali, barang siapa melakukan wudhu 2 kali maka akan memperoleh pahala 2x lipat dan barang siapa wudhu 3 kali maka yang demikian itu adalah perbuatan para Nabi sebelumku.

Keterangan : Asalnya wudhu adalah membasuh anggota-anggota wudhu 1 kali. Barang siapa membasuh 2 kali 2 kali maka akan memperoleh pahala 2 kali. Sedangkan wudhu 3 kali 3 kali itu seperti halnay melakukan wudhunya para Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.

8. Diterima sholatnya

قال النبي صلى الله عليه وسلم : لا يقبل الله صلاة أحدكم إذا احدث حتى يتوضأ

Nabi SAW bersabda : Allah tidak akan menerima sholat salah satu dari kalian ketika bverhadats hingga melakukan wudhu.

Keterangan : Sholat yang dilakukan tidak dengan wudhu menurut hukum syariat islam, sholatnya tidak sah. Jadi melaksanakn sholat harus memenuhi syarat rukun, sehingga benar-benar termasuk amal taat kepada Allah, mendapatkan pahala apa yang sudah dijanjikan oleh Allah. Seperti itulah keterangan didalam kitab "Sirajul Munir".

9. Sebagai cahaya atas cahaya

قال النبي صلى الله عليه وسلم : الوضوء على الوضوء نور على نور

Nabi SAW bersabda : Memperbaharui wudhu merupakan cahaya diatas cahaya.

Keterangan : Memperbaharui wudhu termasuk kebaikan yang pahalanya berlipat-lipat, maka bagus dilakukan oleh orang muslim.

Imam Ibnu Hajar berkata jika hadits ini sanadnya dari Razin rahimahullah, adapun Razin belum pernah bertemu Imam Al Mundziri. Seperti itulah keterangan dalam kitab Albadrul Munir.

10 Hikmah Wudhu

Selain memiliki banyak keutamaan dan manfaat, tentunya ada beberapa point yang dirasakan postif bagi seorang muslim ketika melakukan wudhu. Berikut adalah beberapa hikmah berwudhu yang kami rangkum dari berbagai sumber:

  1. Menjaga kesehatan fisik - 
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Meredakan emosi
  4. Mudah berkonsentrasi
  5. Melindungi kulit dari kerutan
  6. Mencegah penyakit kulit
  7. Mencerahkan dan menyehatkan mata
  8. Mencerahkan kulit
  9. Mencegah bau mulut
  10. Mencegah penuaan dini

Demikian pembahasan mengenai keutamaan wudhu dalam islam beserta haditsnya, semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca, terlebih lagi untuk lebih giat melaksanakan wudhu.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment