Doa Robbana Latuzig Qulubana Arab dan Artinya

Robbana latuzig qulubana merupakan potongan ayat surat Ali Imran ayat 8 yang berbunyi "Robbana la tuzig qulubana ba'da idz hadaitana wahab lana milladunka rohmah innaka antal wahhab".

Orang-orang yang ilmu pengetahuannya telah mendalam berdoa sebagaimana ayat tersebut.

Apa arti dari doa robbana la tuzig qulubana ba'da idz hadaitana wahab lana milladunka rohmah innaka antal wahhab dan bagaimana tulisan arabnya?

Mari kita simak penjelasan dari zonasantri.com berikut ini.

Table of Contents

Robbana Latuzig Qulubana Arab

robbana la tuzig qulubana ba'da idz hadaitana wahab lana milladunka rohmah innaka antal wahhab
robbana latuzig qulubana arab dan artinya

Didalam Al Quran terdapat ayat yang diawali dengan doa robbana la tuzig qulubana, yaitu dalam surat Ali imran ayat 8.

Baca Juga : Robbana Atina Milladunka Rohmatan Wahayyi' Lana Min Amrina Rosyada

Tulisan arab robbana latuzig qulubana yang benar adalah 

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا

Adapun robbana latuzig qulubana dalam tulisan arab tanpa harakat (arab gundul) yaitu

ربنا لا تزغ قلوبنا

Mari kita simak pembahasan i'rab berikut ini :

  • Robbana - merupakan munada yang membuang huruf nida, Tulisan arabnya رَبَّنَا.
  • Latuzig - La nahi merupakan huruf jazem, tuzigh merupakan fiil mudhori ketika kemasukan amil jawazim maka dibaca jazm dengan alamat sukun karena termasuk fiil mudhari shahih akhir. Arabnya yaitu لَا تُزِغْ.
  • Qulubana - Qulub merupakan jamak dari qalbun. Jadi lamnya tidak ditasydid dibaca qulubana. Dhomir na merupkan mudhof ilaih. Penulisan arabnya قُلُوْبَنَا.

Dari penjelasan diatas, cara penulisan arab latin robbana la tuzigh qulubana ada 2 metode :

  1. Arab berharakat رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا
  2. Arab tanpa harakat (arab gundul) : ربنا لا تزغ قلوبنا.

Adapun tulisan arab robbana latuzig qullubana dalam surat Ali Imran ayat 8 adalah sebagai berikut :

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Latin : Robbana latuzig qulubana ba'da idz hadaitana wahab lana milladunka rahmah innaka antal wahhab.

Baca Juga : Fainna Ma'al Usro Yusra Inna Ma'al Usri Yusro Tulisan Arab dan Artinya

Robbana Latuzig Qulubana Artinya

Robbana latuzigh qulubana merupakan doa orang-orang yang ilmu pengetahuannya telah mendalam agar diberikan keteguhan hati supaya tidak berpaling setelah diberi petunjuk dan anugerah.

Robbana latuzigh qulubana bukanlah doa nabi melainkan doa orang-orang yang ilmu pengetahuannya telah mendalam, sebagaimana dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 7 yang artinya :

Orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, “Kami beriman kepadanya (Al-Qur’an), semuanya dari Tuhan kami.” Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran, kecuali ululalbab.

Kemudian mereka berdoa : robbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana wahab lana milladunka rohmah innaka antal wahhab.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya : (Mereka berdoa,) “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami berpaling setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan anugerahkanlah kepada kami rahmat dari hadirat-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Mereka (Orang-orang yang ilmunya mendalam) juga berdoa : robbana innaka jāmi'un nāsi liyaumil laa raiba fihi innallaha la yukhliful mi'ad. (Surat Ali Imran Ayat 9).

رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ࣖ

Tafsir Ayat Robbana Latuzig Qulubana

Dilansir zonasantri.com dari quran.kemenag.go.id berikut ini adalah tafsir robbana la tuzig qulubana ba'da idz hadaitana wahab lana milladunka rohmah innaka antal wahhab dalam surat Ali Imran ayat 8 :

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Tafsir Ringkas Kemenag

Menggunakan akal semata akan membuat seseorang mudah tergelincir. Oleh karenanya, orang-orang yang mendalam ilmunya dan mantap imannya selalu berdoa, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan sebagaimana halnya mereka yang mencaricari takwil ayat-ayat mutasyabih untuk menimbulkan keraguan, setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat yang mencakup segala jenis dan macamnya, antara lain berupa kemantapan iman, ketenangan batin, kemudahan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Rahmat itu bersumber dan langsung dari sisi-Mu, turun secara berkesinambungan dan tanpa mengharap imbalan apa pun, sebab sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

Tafsir Tahlili

Sikap orang yang ilmu pengetahuannya telah mendalam, mereka selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah swt, bila mereka tidak sanggup lagi memikirkan ayat-ayat Allah. Mereka berdoa kepada Allah agar selalu dipelihara, dipimpin, diberi petunjuk, dan jangan sampai mereka tergelincir ke jalan yang sesat setelah mereka mendapat petunjuk. Dari doa mereka dipahami bahwa yang mereka mohonkan itu bukanlah semata-mata keselamatan dan kebahagiaan duniawi, tetapi juga mereka memohon kebahagiaan dan keselamatan di akhirat.

Baca Juga : Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar Doa Artinya

Demikian pembahasan mengenai arti dari robbana latuzig qulubana arab dalam surat Ali Imran ayat 8, semoga memberikan banyak manfaat bagi para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment