Sholawat Munjiyat (Penyelamat) : Ijazah, Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Banyak dari kalangan muslim tanpa disadari mendapatkan banyak manfaat nyata atas sesuatu yang dikerjakannya, misalnya manfaat membaca sholawat tertentu.

Pada Kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang sholawat nariyah dan sholawat nuridzati. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang sholawat muniyat mulai dari bacaan, karomah, ijazah dan keutamaannya.

Apa itu sholawat munjiyat ?

Nama Munjiyat sendiri memiliki makna menyelamatkan, yang berarti siapa saja yang mau berdoa menggunakan sholawat munjiyat ini maka dia akan mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari segala musibah yang sedang atau akan menimpanya. 

Ini janji Allah SWT, dimana pengamal rutin dari sholawat munjiyat ini akan dikeluarkan dari kesulitan yang sedang dihadapinya. Baik kesulitan materi dan ekonomi atau kesulitan mental dan fisik.

Table of Contents

Bacaan Sholawat Munjiyat

Adapun bacaan sholawat munjiyat adalah sebagai berikut

Teks Arab

sholawat munjiyat 41x
teks sholawat munjiyat

Teks Arab, Latin dan Artinya

الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ صَلآةَ تُنْـجِيـنَا بِهَا مِنْ جَـمِيـْعِ اَلْاَ هـوَالِ وَاَلْاَ فاَتِ ,وَتـَقْضِى لَنَا بِـهـَا جَـمِيْعَ الْحَا جَاتِ ، وَتُـطَـهِـرُنَا بِهاَ مِنْ جَمِيعِ السَّـيِئاَ تِ وَتَرْ فَعُناَ بِهاَ اَعْلىَ الدَّ رَجاَتِ ، وَتُبَـلِّـغُـنَا بِهاَ اَقْصَ الْغاَ ياَتِ، مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ 
فِى الْحَياَتِ وَبَعْدَ الْمَماَتِ اِنَّكَ عَلىَ كُلِّ شَيئٍ قَـدِ يْرٌ

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin sholatan tunjina biha min jamiil ahwali wal afaat, wataqdhi lana biha jamiial haajat wathuthahhiruna biha min jamiis sayyiat watarfauna biha 'a'lad darajat, watuballighuna biha aqshol ghooyat, min jamiil khoirot fil hayati waba'dal mamat. innaka 'ala kulli syaiin qadir.

ya Allah limpahkan sholawat kepada baginda Rasulullah SAW dengan sebuah sholawat yang menyelamatkan kami dari segala bentuk bencana dan hal-hal yang tidak menyenangkan, dan dengan sholawat tersebut seluruh hajat kami engkau wujudkan dan dengan sholawat tersebut engkau bersihkan kami dari segala bentuk kotoran dosa dan dengan sholawat tersebut engkau angkat derajat kami disisimu di derajat yang paling tinggi dn berkat sholawat tersebut engkau sampaikan kami pada cita-cita kami yang paling tinggi.

Karomah Sholawat Munjiyat

Imam Hasan bin ali al-aswani berkata : barang siapa membaca sholawat ini (munjiyat) 1000x  ketika menghadapi sesuatu yang menyusahkan atau menghadapi bahaya Allah akan menghilangkan bahaya tersebut dan akan menemukan apa yang dicita-cita kan.

Mengenai karomah dari sholawat munjiyat akan kami bawakna cerita tentang asal usul sholawat munjiyat. Diceritakan dari Imam ibnu Alfakihani, dari syaikh sholih musa adh-dhorir beliau berkata : Saya pernah naik kapal dilaut, kemudian ada angin yang sangat besar. angit tersebut menyebabkan banyak perahu tenggelam hanya sedikit yang selamat.

Orang-orang banyak yang panik, berteriak histeris tiba-tiba saya merasa ngantuk berat dan kemudian tertidur. Didalam tidur saya bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW, beliau berkata " katakan kepada orang-orang yang berada di kapal supaya membaca sholawat munjiyat ini 1000x ", kemudian saya terbangun.

Dan mimpi tersebut aku ceritakan kepada orang-orang yang berada diatas kapal, kemudian kita semua membaca sholawat munjiyat 1000x, baru selesai membaca kira-kira 300x Allah sudah memberikan pertolongan kepada kita dan angin besar tersebut hilang

Kisah diatas merupakan kisah nyata sekaligus testimoni pengamal sholawat munjiyat dari syaikh sholih musa ad-dhorir.

Ijazah Sholawat Munjiyat Habib Novel Alaydrus

Pada suatu kesempatan habib novel alaydrus memberikan amalan kepada jamaahnya berupa sholawat munjiyat. Sebelum itu beliau berkata : barang siapa yang punya hajat apapun hajatnya dan galau apapaun penyebab galaunya tekunlah membaca sholawat munjiyat yakinlah pasti beres tidak mungkin tidak beres.

Karena isinya permohonan dan tawassul dengan sholawat. sementara orang kalau berdoa, janjinya Allah yang artinya berdoalah kepadaku, minta kepadaku pasti aku kabulkan. kemudia nabi Muhammad SAW juga bersabda : Addu'a u silahul mukmin "doa itu senjatanya orang mukmin". Apa isi sholawat munjiyat :

 الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ صَلآةَ تُنْـجِيـنَا بِهَا مِنْ جَـمِيـْعِ اَلْاَ هـوَالِ وَاَلْاَ فاَتِ ,وَتـَقْضِى لَنَا بِـهـَا جَـمِيْعَ الْحَا جَاتِ ، وَتُـطَـهِـرُنَا بِهاَ مِنْ جَمِيعِ السَّـيِئاَ تِ وَتَرْ فَعُناَ بِهاَ اَعْلىَ الدَّ رَجاَتِ ، وَتُبَـلِّـغُـنَا بِهاَ اَقْصَ الْغاَ ياَتِ، مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَياَتِ وَبَعْدَ الْمَماَتِ اِنَّكَ عَلىَ كُلِّ شَيئٍ قَـدِ يْرٌ

Insya Allah berkat sholawat munjiyat jika ada hal-hal yang gak enak akan diredam, karena doa dengan sholawat itu doa yang sayapnya kuat, powernya kuat.

Sholawat Munjiyat 41x

Berdasarkan tulisan dari gus faqih, salah satu alumni tegalrejo asal wonosobo mengenai amalan sholawat munjiyat 41x. Amalan dari Simbah Nyai Hj.Chalimah Istri Simbah KH.Chudlori Pengasuh API Ponpes Salaf Tegalrejo Magelang.

Tiap hatri kelahiran anak (Dina weton : jawa) hendaknya mengamalkan :

  • Sholawat Tunjina / munjiat 41X
  • Surat Al-Fatihah 41X
  • Sedekah Semampunya
Insya Alloh putra putri kita dijadikan:
  • Anak Yang Solih / Solihah
  • Patuh Sama Kedua Orang Tua
  • Ahli Ilmu
  • Ahli Qur'an
Aaamiiin Yaa Robbal ' Aalamiin. Semoga beliau sehat selalu

Gus Muhammad Najhan Atho'illah

Keutamaan Sholawat Munjiyat

Ada banyak keutamaan dan khasiat yang diperoleh jika mau istiqomah mengamalkan sholawat munjiyat. Diantara Fadhilah sholawat munjiyat yaitu :

  • Diberikan Pertolongan : Dinukil dari Syarah Dalailul Khoirôt dari Al Hasan bin Ali Al Aswani beliau berkata: Barangsiapa yang membaca sholawat ini dalam kondisi kesulitan sebanyak 1.000 kali maka Allah beri pertolongan atas urusannya.
  • Dihindarkan dari Wabah// marabahaya : Sebagian guru-guru besar berkata: Barangsiapa yang membaca sholawatnya dalam kebutuhan dan keinginan suatu keperluan sebanyak 1.000 kali Allah berikan jalan keluar atasnya dan ditolong atas urusannya. Dan siapa orang yang banyak membaca sholawatnya pada zaman banyak wabah tho'un (pagebluk) diberikan rasa aman dari wabah tersebut. Dan siapa orang yang banyak membacanya ketika berlayar di laut, diberikan aman saat berlayar.
  • Dikabulkan yang dicita-citakan : Barangsiapa orang yang membaca sholawatnya sebanyak 500 kali dan berdoa apa yang dihajatkan dari harapannya dan kekayaan maka insya Allah (sangat cepat) benar mujarabnya dari seluruhnya itu (dari keinginannya)
  • Dikabulkan Hajat : Barangsiapa orang yang membacanya (sholawat munjiyat) sebanyak 1.000 kali ditengah malam untuk suatu hajat dan berdoa apa yg jadi hajatnya baik hajat dunia dan akhirat maka Allah SWT tunaikan apa yang jadi hajatnya dan sesungguhnya sangatlah cepat ijabahnya bagaikan halilintar yang menyambar, suatu obat ramuan yang hebat mujarabnya, Penangkal yang Agung, dan simpanlah serta tutuplah dari selain ahlinya. (Sumber kitab Afdholus Sholawatu 'ala sayyida saddah karangan Asy-Syeikh Yusuf ibn Isma'il An-Nabhani). 
  • Hajat :Jika dibaca 11x tiap lepas sholat fardlu, kemudian berdo'a meminta apa hajatnya, insya Allah berhasil. 
  • Anak Sholih/ Sholihah : Jika sholawat ini dibaca 41x ketika kelahiran anaknya, insya Allah anak tersebut akan menjadi anak yang Sholeh, 'alim dan manfa'at. 
  • Anak tidak  nakal : KH. Chalwani Nawawi Berjan Purworejo memberi amalan kepada alfaqir yang bersumber dari simbah Dalhar Watucongol: Tirakati anakmu dengan membaca sholawat Munjiyat 1.000 kali setiap hari wetonnnya selama tiga tahun berturut-turut. Lakukan itu sebelum anak masuk usia TK. Sholawat Munjiyat 1.000 kali tidak harus dibaca sendiri. Boleh dibagi dengan orang lain. Dan jika anak sudah terlanjur memasuki usia TK, maka boleh mengamalkan dengan niat qodlo'. Faidahnya, Insya Allah kelak suatu hari si anak bakal kembali ke jalan yang benar/baik meski bergaul sama siapa saja.

Kesimpulan

Sholawat munjiyat jika diamalkan dengan rutin dan istiqomah akan membawa banyak manfaat atau fadilah, diantaranya :

Sholawat Munjiyat dapat menghilangkan kesusahan, mempermudah semua pekerjaan dan urusan, membuka dan meluaskan rezeki, menerangkan hati, meninggikan pangkat dan derajat, dan membuka pintu kebaikan dan dapat menolak atau menghindar bencana ,musibah dalam bentuk apa pun. Juga bisa mempermudah terkabulnya hajat dan mendekatkan jodoh Insya Allah.

Sekian Artikel mengenai bacaan aran latin dan artinya juga karomah, ijazah dan kisah nyata pengamal sholawat munjiyat semoga dapat memberikan banyak manfaat.
Baca Juga :

Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment