Teks Sholawat Syifa Untuk Orang Sakit : Cara Mengamalkan dan Manfaatnya

Sholawat syifa dikenal sebagai sholawat untuk menyembuhkan orang sakit (penyembuh penyakit). ada juga yang menamakan sholawat tibbil qulub jadi yang dimaksud sholawat syifa adalah sholawat tibbil qulub.

Walaupun kebanyakan orang menganngap bahwa sholawat syifa adalah sholawat tibbil qulub tetapi ada juga ulama yang menerangkan berbeda, jadi sholawat tibbil qulub itu sendiri dan sholawat syifa juga mempunyai teks sendiri yang berdeda dengan bacaan sholawat tibbil qulub.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang ke dua teks sholawat syifa yang berbeda tersebut, juga tentunya sholawat syifa untuk kesembuhan dan juga manfaat dan pengamalannya.

Table of Contents

Teks Sholawat Syifa

sholawat syifa tibbil qulub untuk orang sakit
sholawat syifa untuk orang sakit

Didalam kitab sa'adatut darain Syekh Yusuf An nabhani menuturkan اَلصَّلَاةُ التَّاسِعَةَ عَشَرَ صَلَاةُ سَيِّدِيْ الشَّيْخِ حَسَنِ أَبِي حَلَاوَةِ اَلْغّزِّيْ artinya : Sholawat yang kesembilan belas adalah sholawat milik Syaikh Hasan Abi Halawah Al Ghazzi.

Syaikh Hasan Abi Halawah Al Ghazzi adalah salah satu ulama' yang tidak lagi diragukan kewaliannya. Beberapa keramahannya sudah biasa disaksikan masyarakat secara umum. Syekh Yusuf al-Mur’asai mengatakan :

وَكَانَ الشَّيْخُ حَسَن مِنْ أَوْلِيَاءِ الْقُدْسِ الذِيْن وَقَعَ الْاِتِّفَاقُ   Artinya, “Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi merupakan bagian dari wali-wali (Allah) di al-Quds (Baitul Maqdis, Palestina), yang telah disepakati (kewalian dan karamahnya).”

- Abu Yusuf, Natsrul Jawahir wad Durar fi ‘Ulamail Qurunir Rabi’ wal ‘Asyir

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengarang sholawat syifa adalah Syaikh Hasan Abi Halawah Al Ghazzi. Adapun teks dan tulisan arab bacaan sholawat syifa Syaikh Hasan Abi Halawah Al Ghazzi adalah sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيــِّدِنَا مُحَمَّدٍ حَبِـيْبِ الْـمَحْبُوْبِ شَافِيْ فِي الْعِلَلِ وَمُفَرِّجِ الْــكَرُوْبِ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ  

Latin : Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin habibil mahbubi syafi fil 'ilali wamufarrijil kurubi wa 'ala alihi washohbihi wasallim.

Artinya : Ya Allah, limpahkalah rahmat dan keselamatan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang menjadi kekasih Dzat yang mengasihi dan Dzat yang menyembuhkan segala penyakit dan Dzat yang menghilangkan segala kesusahan. Limpahkan pula (rahmat dan keselamatan) kepada keluarga Nabi SAW dan sahabat-sahabat beliau.

Sholawat Syifa Tibbil Qulub

Di Indonesia sholawat syifa lebih dikenal dengan sebutan sholawat tibbil qulub. Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa sholawat syifa dan sholawat tibbil qulub adalah 2 sholawat yang berbeda. Maka untuk membedakan keduanya kami akan menyebut sholawat tibbil qulub dengan sebutan sholawat syifa tibbil qulub.

BACA JUGA : Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Yang Benar

Adapun bacaan arab sholawat syifa tibbil qulub adalah sebagai berikut : 

  اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ  

Latin : Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin tibbil qulubi wa dawaiha, wa 'afiyatil abdani wa syifaiha wanuril abshori wa dhiyaiha, wa 'ala alihi wa shohbihi wasallim.

Artinya : Ya Allah, berikanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga (berikanlah rahmat dan keselamatan) kepada keluarga dan sahabat beliau.

Sholawat Syifa Untuk Orang Sakit

Beberapa orang mencari sholawat nariyah untuk orang sakit, sholawat jibril untuk kesembuhan dan lain sebagainya. Sholawat yang bisa menyembuhkan orang sakit adalah sholawat syifa sebagaimana diyakini dan diamalkan oleh kebanyakan orang. Walaupun demikian juga tidak menutup kemungkinan untuk mengamalkan sholawat yang lainnya (seperti sholawat jibril dan nariyah) untuk kesembuhan karena kesembuhan itu berasal dari Allah bukan dari sholawat.

Orang yang mencari kesembuhan dengan sholawat sejatinya orang tersebut sedang mencari perantara untuk kesembuhan, seperti halnya obat untuk kesembuhan tetapi pada hakikatnya hanyalah Allah yang bisa menyembuhkan suatu penyakit.

Jadi jangan sampai kita menyekutukan Allah dengan keyakinan bahwa obat bisa menyembuhkan penyakit begitu juga sholawat syifa, tetapi yang harus kita yakini adalah obat atau sholawat syifa adalah perantara untuk menyembuhkan penyakit dimana penyakit itu bisa sembuh dengan izin Allah.

Adapun bacaan sholawat syifa untuk orang sakit adalah sebagai berikut :

  اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ  

(Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin tibbil qulubi wa dawaiha, wa 'afiyatil abdani wa syifaiha wanuril absori wadhiyaiha wa 'ala alihi washohbihi wasallim).

Artinya : Ya Allah, berikanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, dan juga kepada keluarga Nabi dan para sahabat Nabi.

Berikut adalah tanggapan salah satu ulama mengenai sholawat syifa untuk kesembuhan :

Apabila Sholawat tibbil qulub dibaca sebanyak 400 kali atau 2000 kali, diniatkan untuk orang sakit maka dengan izin Allah penyakit apapun akan sembuh.
- Syaikh Ahmad Ibnu Muhammad As Showi Al Maliki dalam Al Fuyudhat Ar-Rabbaniyyah 

Cara Mengamalkan Sholawat Syifa

Didalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah secara umum dijelaskan mengenai faedah shalawat Tibbil Qulub : 

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن   

Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin. - KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47.
Faedah di atas berlaku bagi orang yang membaca shalawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah (cara membaca) yang umum. Sehingga orang yang istiqamah membaca shalawat Tibbil Qulub ini dalam bilangan berapa pun, akan diberikan kesehatan lahir dan batin serta akan disembuhkan dari berbagai penyakit atas seizin Allah. 
Sedangkan tata cara membaca shalawat tibbil qulub secara khusus, umumnya cenderung berbeda-beda sesuai dengan ijazah dari kiai atau ulama yang mengijazahkan bacaan shalawat ini, agar dibaca dalam bilangan tertentu. 

Salah satu tatacara khusus dalam membaca shalawat tibbil qulub ini, seperti yang dijelaskan dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini berikut :

إنها صيغة الطب الظاهر والباطن تقرأ ألفين على أي مرض وقيل أربعمائة فيشفى بإذن الله   “

Shalawat ini merupakan lafal shalawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah.

- Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini).

Alhasil cara mengamalkan sholawat syifa yaitu :

  • Secara umum diamalkan secara istiqomah dengan sebanyak kemampuan dan kemauan (bilangan berapapun)
  • Secara khusus diamalkan sebanyak 2000 kali atau 400 kali setiap hari hingga penyakitnya sembuh.

Semoga kita dapat istiqamah membaca shalawat tibbil qulub dengan menghayati maknanya, agar diberikan kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan ruhani, serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Amin ya rabbal ‘alamin.

Manfaat Sholawat Syifa

Banyak faidah dan manfaat yang akan dirasakan jika seseorang senantiasa mengamalkan sholawat tak terkecuali sholawat syifa. Beberapa ulama' memberikan penjelasan mengenai manfaat sholawat syifa

 هٰذِهِ الصَّلَاةُ مُجَرَّبَةٌ لِتَفْرِيْجِ الْكُرُوْبِ   Artinya, “Shalawat ini teruji (menjamin) untuk menghilangkan kesusahan/kepayahan.

- Yusuf an-Nabhani dalam Sa’adatud Darain.

Setiap saya sakit saya sering membaca sholawat tibbil qulub karena diantara keutamaan sholawat ini bila dibaca oleh orang yang sakit maka Allah SWT akan memberikan kesembuhan tanpa ia berobat ke dokter

- Prof Dr Wahbah Zuhaili

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan beberapa manfaat sholawat syifa yaitu :

  • Mendapat pahala dari Allah SWT
  • Mendapat syafaat Nabi SAW kelak di hari kiamat
  • Disembuhkan dari segala macam penyakit (biidznillah)
  • Untuk menghilangkan kesusahan (kepayahan)

Kisah Nyata Pengamal Sholawat Syifa

Dilansir zonasantri.com dari Yayasan Al Muafah, ada sebuah kisah dikatakan bahwa ada seseorang mendatangi habib ahmad ibnu hasan al atthas dikota huraidhoh. orang tersebut mengadukan perihal matanya yang mengalami gangguan penglihatan. Lalu habib Ahmad mengusap ke 2 mata orang tersebut dan memerintahkan agar memperbanyak membaca sholawat syifa.

Habib ahmad berkata : habib Ahmad ibnu zain baabud telah mengatakan kepadaku bahwa dia pernah mengalami gangguan penglihatan sehingga beliau meminta solusi kepada habib sholih ibnu Abdullah Al Atthas. Lalu habib sholih mengusap mata beliau dan memerintahkan agar membaca sholawat syifa sebanyak 300 kali. maka beliau (habib ahmad ibnu zain baabud) amalkan sholawat itu sehingga diberikan kesembuhan dalam waktu dekat.

Demikian pembahsan mengenai sholawat syifa untuk kesembuhan dan juga cara mengamalkan dan manfaatnya, semoga bisa menjadi jawaban atas apa yang anda cari. Wallahu a'lam.

Referensi:
https://islam.nu.or.id/shalawat-wirid/shalawat-syifa-sejarah-penulis-dan-keutamaannya-CCCxR

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment