Sholawat Nariyah : Manfaat, Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Sholawat Nariyah - Bagi mayoritas muslim indonesia membaca sholawat adalah kesenangan tersendiri karena bisa menenangkan hati dan banyak manfaat lain yang didapat terlebih sebagai tanda kecintaan kepada nabi Muhammad SAW.

Hanya sedikit dari sebagian kelompok yang tiba-tiba mengatakan bahwa ada sholawat tertentu,, yaitu sholawat nariyah yang mereka anggap dengan tuduhan syirik, Disini kami tidak akan membahas apa yang mereka tuduhkan karena sanad dan pengamalan sholawat ini sudah ada sejak dahulu. 

Bukan karena ikut-ikutan, tetapi keilmuan ulama' terdahulu tentang sholawat ini menenai nahwu shorof makna dan rahasia dari sholawat nariyah ini tentunya tidak bisa terbantahkan karena memang dari dahulu tidak ada berdebatan diantara ulama'.

Pada artikel sebelumnya kami membahas tentang sholawat nuridzati, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengarang, manfaat, bacaan arab, latin dan arti sholawat nariyah beserta ijazah pengamalannya.

Table of Contents

Arti Sholawat Nariyah : Pengarang dan Berbagai Macam Penyebutannya

Banyak versi penyebutan tentang pemberian nama sholawat ini. Sebagian ulama', ulama' wilayah barat atau maroko menamakan shalawat ini dengan nama sholawat nariyah karena ketika mempunyai hajat yang penting atau menolak bala' mereka pada berkumpul dalam satu majlis kemudia mereka membaca sholawat nariyah sebanyak 4444x ( empat ribu empat ratus empat puluh empat kali) dan terbukti apa yang menjadi hajatnya akan segera terkabul. begitulah penjelasan dalam kitab risalatus sholawat.

KH Husein Ilyas mengatakan nariyah itu artinya pendorong untuk cinta kepada nabi Muhammad SAW. Naar itu kan artinya api, jadi pendorong. jadi ibarat mobil mesinnya dihidupkan kan kan ada apinya untuk mempercepat perjalanan. makanya dinamakan sholawat nariyah ibaratnya mobil bensin kemudian mobilnya dihidupkan. begitulah penuturan beliau.

Sholawat nariyah diciptakan oleh ulama yang berasal dari Maroko yang bernama syaikh ahmad At-tazi almaghribi ada yang menyebut dengan sholawat taziyah ada juga yang menyebut sholawat tafrijiyah ada juga yang menamai sholawat kamilah.

Sholawat ini (tafrijiyah) diamalkan secara muttasil oleh ulama' dari berbagai belahan dunia salah satunya oleh mufti mesir Syaikh ali jumah yang memperoleh sanad dari gurunya syekh abdullah al-ghummar seorang ahli hadits dari maroko.

Khasiat Sholawat Nariyah 11x,41x dan 100x

Adapun mengenai manfaat  Sholawat Nariyah, As- Syaikh Muhammad Haaqqi Affandi didalam kitab Khazinatul Asrar, menukil dari imam qurtubi yang menerangkan barang siapa melanggengkan membaca sholawat nariyah (sholawat tafrijiyah) 41 kali atau 100 kali atau lebih setiap hari, maka Allah akan menghilangkan :
  • kesusahan dan kecemasannya
  • memudahkan urusannya
  • menerangi hatinya 
  • mengangkat derajatnya
  • memperindah tingkah laku (akhlaqnya)
  • diselamatkan dari semua bahaya, dari kelaparan dari kefaqiran
  • akan disukai masyarakat
  • dan jika minta apa saja kepada Allah akan diberi
Tetapi, bisanya tercapai faidah (manfaat) tersebut ada syaratnya. Syaratnya harus istiqomah didalam membaca sholawat (shalawat nariyah/ tafrijiyah).

Imam Dainuri memberikan pendapatnya : Barang siapa membaca sholawat ini (nariayah/tafrijiyah) setelah selesai shalat fardhu 11x digunakan sebagai wirid maka rizqinya tidak akan putus, disamping mendapatkan pangkat kedudukan dan tingkatan orang kaya

Sholawat Nariyah Lengkap : Bacaan Arab Latin dan Artinya

Adapun lirik bacaan sholawat nariyah arab latin dan terjemahannya sebagai berikut

Teks Arab

 

Teks Sholawat nariyah arab
teks sholawat nariyah arab

Teks Arab, Latin dan Terjemah

اللهمَّ صلِّ صلاة كاملةً و سلمّ سلاماً تامّا على سيّدنا محمّدنِ الّذي تنْحلّ به العقدُ وتنفرجُ بهِ الكربُ وتُقْضَي بهِ الحوائجُ وتنالُ بهِ الرّغائبُ ِ و حسن الخواتم ويستسقى الغمامّ بوجهه الكريم وعلى آلهِ و صحبهِ فى كلِّ لمحةٍ و نفسٍ بعدد كلِّ معلومٍ لك

Allahumma Shalli Sholatan  kaamilatan wasallim salaaman taamman 'ala sayyidina muhammadinil ladzi tanhallu bihil uqadu watan fariju bihin qurabu watuqdho bihil hawaiju watunalu bihir raghoibu wahusnul khowatimi wayustasqol ghomamu biwajhihil karimi wa 'ala alihi wa shahbihi fi kulli lamhatin wanafasin bi'adadi kulli ma'lumil laka

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan kesejahteraan yang paripurna kepada junjungan kami, Muhammad SAW, yang dengan perantaraan beliau itu dilepaskan semua ikatan, dilenyapkan segala kesusahan, ditunaikan segala kebutuhan, diperoleh segenap keinginan, dicapai akhir yang baik, dan diberi minum dari awan berkat wajahnya yang mulia, juga kepada keluarga dan para sahabatnya, dalam setiap kejapan mata dan tarikan nafas,sebanyak jumlah pengetahuan yang Engkau miliki.".

Shalawat ini lebih dikenal dengan sebutan shalawat "Tafrijiyah". Tentang shalawat ini, Imam Al- Qurthubi menuturkan bahwa, barangsiapa yang membacanya secara rutin setiap hari sebanyak 41 kali atau 100 kali atau lebih, Allah akan melenyapkan kecemasan dan kesusahannya, menghilangkan kesulitan dan penyakitnya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya, meninggikan kedudukannya, memperbaiki keadaannya, meluaskan rezekinya, dan membukakan baginya segala pintu kebaikan, dan lain-lain

Ijazah Sholawat Nariyah 4444 Mbah Maksum Lasem

Menurut penuturan gus zaim, mbah maksum punya ijazah istimewa nariyah, kalau masalah jumlahnya sama dengan yang lain 4444. angka ini 4444 pernah ditanyakan oleh KH imron hamzah, ketika angka itu ditanyakan jawab mbah maksum "eeh, kamu itu gak tahu angka itu ada rahasianya". kiai imron kembali bertanya : apa mbah rahasianya. jawab kiai maksum "rahasia kok kamu tanyakan, aku sendiri gak tahu".

Mengenai ijazah sholawat nariyah mbah maksum lasem adalah sebagai berikut :

  • Dibaca 4444x
  • Dibaca dalam satu majlis
  • Yang membaca harus fasih
  • Semua Berwudhu
  • Tidak memakai alladzi
  • Dibaca 40 kali majlis
Beginilah bacaan sholawat nariyah mbah maksum :
اللهمَّ صلِّ صلاة كاملةً و سلمّ سلاماً تامّا على سيّدنا محمّد تنْحلّ به العقدُ وتنفرجُ بهِ الكربُ وتُقْضَي بهِ الحوائجُ وتنالُ بهِ الرّغائبُ ِ و حسن الخواتم ويستسقى الغمامّ بوجهه الكريم وعلى آلهِ و صحبهِ فى كلِّ لمحةٍ و نفسٍ بعدد كلِّ معلومٍ لك

Perlu diperhatikan bacaan sholawat tersebut tidak memakai alladzi dan hanya 2 yang disukun yaitu kamilah dan lak

Sholawat nariyah untuk hajat apa? Spesialnya nariyahnya mbah maksum untuk membeli tanah-tanah yang sulit dijual.
Adapun tawassul sebelum membaca sholawat nariyah kepada :
  1. Rasulullah SAW
  2. Sultan Mahmud
  3. Mbah Ma'sum
Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan mengenai sholawat nariyah yang asli, manfaat, bacaan arab, latin dan arti serta ijazah pengamalannya. Semoga memberikan banyak manfaat bagi membutuhkan.
Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment