Sholawat Nariyah Yang Asli : Manfaat Bacaan 11x, 100x dan Ijazahnya

Sholawat Nariyah Yang Asli - Sholawat nariyah termasuk salah satu sholawat yang populer dan sering diamalkan penduduk Indonesia selain sholawat fatih, sholawat munjiyat dan sholawat lainnya.

Di Indonesai sholawat nariyah sering diamalkan pada saat musim haji, lebih tepatnya keluarga orang yang sedang berhaji bisanya meminta sanak saudara dan tetangga dekat untuk meminta bantuan bacaan sholawat nariyah sebnayak 4444 kali.

Pengamalan sholawat nariyah tersebut dimaksudkan untuk meminta hajat biasanya berupa permintaan agar orang melaksanakan ibadah haji di makkah diberikan keselamatan, dihindarkan dari bahaya dan dapat kembali sampai rumah dalam keadaan selamat.

Sholawat nariyah tidaklah syirik sebagaimana yang dituduhkan beberapa kelompok yang kurang akan ilmu dan wawasan. Sholawat nariyah sudah sejak dari dulu diamalkan oleh banyak ulama' yang ilmunya tidak dapat dibandingkan dengan mereka yang menuduh syirik.

Pada artikel sebelumnya kami membahas tentang sholawat nuridzati, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai siapa pengarang sholawat nariyah yang asli, manfaat sholawat nariyah 11x dan 100x juga ijazah sholawat nariyah dari mbah maksum lasem.

Table of Contents

Sholawat Nariyah Yang Asli

bacaan sholawat nariyah yang asli dan artinya
sholawat nariyah yang asli

Banyak versi penyebutan tentang pemberian nama sholawat ini, diantaranya :

  • Sholawat nNariyah
  • Sholawat Tafrijiyah
  • Sholawat Kamilah
  • Sholawat Taziyah
Begitupun mengenai pengarang sholawat nariyah yang asli, ada beberapa sumber yang menyebutkan berbeda mengenai penyusunnya.

Sebagian ulama', ulama' wilayah barat atau maroko menamakan shalawat ini dengan nama sholawat nariyah karena ketika mempunyai hajat yang penting atau menolak bala' mereka berkumpul bersama dalam satu majlis kemudian mereka membaca sholawat nariyah sebanyak 4444x ( empat ribu empat ratus empat puluh empat kali) dan terbukti apa yang menjadi hajatnya akan segera terkabul. begitulah penjelasan dalam kitab risalatus sholawat.

KH Husein Ilyas mengatakan nariyah itu artinya pendorong untuk cinta kepada nabi Muhammad SAW. Naar itu kan artinya api, jadi pendorong. jadi ibarat mobil mesinnya dihidupkan kan kan ada apinya untuk mempercepat perjalanan. makanya dinamakan sholawat nariyah ibaratnya mobil bensin kemudian mobilnya dihidupkan. begitulah penuturan beliau.

Sholawat nariyah yang asli diciptakan oleh ulama yang berasal dari Maroko yang bernama syaikh ahmad At-tazi almaghribi ada yang menyebut dengan sholawat taziyah ada juga yang menyebut sholawat tafrijiyah ada juga yang menamai sholawat kamilah.

Sholawat ini (tafrijiyah) diamalkan secara muttasil oleh ulama' dari berbagai belahan dunia salah satunya oleh mufti mesir Syaikh ali jumah yang memperoleh sanad dari gurunya syekh abdullah al-ghummar seorang ahli hadits dari maroko.

Khasiat Sholawat Nariyah 11x,41x dan 100x

Sholawat nariyah dibaca sebanyak 11x setelah selesai sholat fardhu atau dibaca 41x atau 100x setiap hari, jika menginginkan hajat tertentu bacalah sholawat nariyah sebanyak 4444x.

As- Syaikh Muhammad Haaqqi Affandi didalam kitab Khazinatul Asrar, menukil dari imam qurtubi  menerangkan mengenai manfaat sholawat nariyah : Barang siapa melanggengkan membaca sholawat nariyah (sholawat tafrijiyah) 41 kali atau 100 kali atau lebih setiap hari, maka Allah akan menghilangkan :

  • kesusahan dan kecemasannya
  • memudahkan urusannya
  • menerangi hatinya 
  • mengangkat derajatnya
  • memperindah tingkah laku (akhlaqnya)
  • diselamatkan dari semua bahaya, dari kelaparan dari kefaqiran
  • akan disukai masyarakat
  • dan jika minta apa saja kepada Allah akan diberi
Tetapi bisanya tercapai faidah (manfaat) tersebut ada syaratnya. Syaratnya harus istiqomah didalam membaca sholawat (shalawat nariyah/ tafrijiyah).

Imam Dainuri memberikan pendapatnya : Barang siapa membaca sholawat ini (nariayah/tafrijiyah) setelah selesai shalat fardhu 11x digunakan sebagai wirid maka rizqinya tidak akan putus, disamping mendapatkan pangkat kedudukan dan tingkatan orang kaya.

Kesimpulan yang didapat antara lain :

  • Manfaat sholawat nariyah 11x setelah sholat fardhu adalah menjadikan rizqi kita tidak terputus.
  • Manfaat sholawat nariyah 41x dihilangkan kesusahan dan kecemasannya dll.
  • Manfaat sholawat nariyah 100x akan diangkat derajatnya dan dimudahkan urusannya dll.

Teks Sholawat Nariyah (Kamilah) Lengkap

Tidak ada didalam Al Quran Ayat tentang sholawat nariyah, Sedangkan ayat tentang bersholawat kepada Nabi SAW tertuang dalam Surat Al Ahzab ayat 56 :

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya ; Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Baca Juga : Sholawat Ibrahimiyah Yang Benar

Adapun teks bacaan sholawat nariyah arab adalah sebagai berikut :

 اللهمَّ صلِّ صلاة كاملةً و سلمّ سلاماً تامّا على سيّدنا محمّدنِ الّذي تنْحلّ به العقدُ وتنفرجُ بهِ الكربُ وتُقْضَي بهِ الحوائجُ وتنالُ بهِ الرّغائبُ ِ و حسن الخواتم ويستسقى الغمامّ بوجهه الكريم وعلى آلهِ و صحبهِ فى كلِّ لمحةٍ و نفسٍ بعدد كلِّ معلومٍ لك

Latin :

Allahumma Shalli Sholatan  kaamilatan wasallim salaaman taamman 'ala sayyidina muhammadinil ladzi tanhallu bihil uqadu watan fariju bihin qurabu watuqdho bihil hawaiju watunalu bihir raghoibu wahusnul khowatimi wayustasqol ghomamu biwajhihil karimi wa 'ala alihi wa shahbihi fi kulli lamhatin wanafasin bi'adadi kulli ma'lumil laka.

Arti Sholawat Nariyah Lengkap :

Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan kesejahteraan yang paripurna kepada junjungan kami, Muhammad SAW, yang dengan perantaraan beliau itu dilepaskan semua ikatan, dilenyapkan segala kesusahan, ditunaikan segala kebutuhan, diperoleh segenap keinginan, dicapai akhir yang baik, dan diberi minum dari awan berkat wajahnya yang mulia, juga kepada keluarga dan para sahabatnya, dalam setiap kejapan mata dan tarikan nafas,sebanyak jumlah pengetahuan yang Engkau miliki.

Shalawat ini lebih dikenal dengan sebutan shalawat "Tafrijiyah" ada juga yang menyebutnya sholawat kamilah. Tentang shalawat nariyah, Imam Al- Qurthubi menuturkan bahwa, barangsiapa yang membaca (sholawat nariyah) secara rutin setiap hari sebanyak 41 kali atau 100 kali atau lebih, Allah akan melenyapkan kecemasan dan kesusahannya, menghilangkan kesulitan dan penyakitnya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya, meninggikan kedudukannya, memperbaiki keadaannya, meluaskan rezekinya, dan membukakan baginya segala pintu kebaikan, dan lain-lain

Ijazah Sholawat Nariyah 4444 Mbah Maksum Lasem

Sholawat nariyah dibaca pada saat menginginkan suatu hajat tertentu dan dibaca sebanyak 4444x.

Menurut penuturan gus zaim, mbah maksum punya ijazah istimewa nariyah, kalau masalah jumlahnya sama dengan yang lain 4444. angka ini 4444 pernah ditanyakan oleh KH imron hamzah, ketika angka itu ditanyakan jawab mbah maksum "eeh, kamu itu gak tahu angka itu ada rahasianya". kiai imron kembali bertanya : apa mbah rahasianya. jawab kiai maksum "rahasia kok kamu tanyakan, aku sendiri gak tahu".

Mengenai ijazah sholawat nariyah mbah maksum lasem adalah sebagai berikut :

  • Dibaca 4444x
  • Dibaca dalam satu majlis
  • Yang membaca harus fasih
  • Semua Berwudhu
  • Tidak memakai alladzi
  • Dibaca 40 kali majlis
Beginilah bacaan sholawat nariyah mbah maksum :

اللهمَّ صلِّ صلاة كاملةً و سلمّ سلاماً تامّا على سيّدنا محمّد تنْحلّ به العقدُ وتنفرجُ بهِ الكربُ وتُقْضَي بهِ الحوائجُ وتنالُ بهِ الرّغائبُ ِ و حسن الخواتم ويستسقى الغمامّ بوجهه الكريم وعلى آلهِ و صحبهِ فى كلِّ لمحةٍ و نفسٍ بعدد كلِّ معلومٍ لك

Perlu diperhatikan bacaan sholawat tersebut tidak memakai alladzi dan hanya 2 yang disukun yaitu kamilah dan lak

Sholawat nariyah untuk hajat apa? Spesialnya nariyahnya mbah maksum untuk membeli tanah-tanah yang sulit dijual.

Tawassul Sebelum Membaca Sholawat Nariyah

Masih dari penuturan gus zaim, apabila anda mendapat ijazah sholawat nariyah mbah maksum lasem maka sebelum membaca sholawat nariyah tawassul kepada :
  1. Rasulullah SAW
  2. Sultan Mahmud
  3. Mbah Ma'sum
Sedangkan melansir dari tebuireng online sebelum membaca sholawat nariyah hendaknya bertawasul dengan menghadiahkan surat alfatihah kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat nabi, para wali, para ulama' dan kepada penyusun sholawat ini yaitu syaikh abdul wahab at tazy.

Unruk tercapai apa yang dikehendaki sholawat nariyah dibaca sebanyak 4444 kali, amalan ini sudah banyak yang membuktikannya, tentunya atas idzin Allah apa yang dikehendaki dapat tercapai.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan mengenai sholawat nariyah yang asli, manfaat, bacaan arab, latin dan arti serta ijazah pengamalannya. Semoga memberikan banyak manfaat bagi membutuhkan.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment