Jawaban Jazakallah Khairan Untuk Wanita dan Artinya Beserta Tulisan Arab

Jawaban jazakallah khairan untuk wanita berbeda dengan jawaban jazakallah khairan untuk laki-laki dan orang banyak. Didalam bahasa arab dhomir untuk wanita 1 orang yaitu ha (هَا) dan (كِ), berbeda dengan dhomir untuk laki-laki 1 orang hu (هُ) dan ka (كَ) begitu juga dhomir untuk orang banyak hum, hunna, kum, kunna ( هُمْ, هُنَّ, كُمْ, كُنَّ ).

Untuk mengetahui kapan jazakallah khairan diucapkan, kita terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana penulisan arabnya yang benar dan apa artinya, barulah kita tahu saat kapan mengucapaknya yang benar dan bagaimana balasannya.

Untuk menjawab masalah diatas pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang jazakallah khairan artinya dan balasannya serta tulisan arabnya yang benar.

jawaban jazakallah khairan untuk wanita artinya dan balasannya
jawaban jazakallah khairan untuk wanita

Table of Contents

Tulisan Arab Jazakallah Khairan Untuk Wanita

Penulisan arab jazakallahu khairan ada 2 macam, yaitu tulisan tanpa harakat (arab gundul) dan tulisan berharakat.

Adapun tulisan arab gundul jazakallah khoiran adalah sebagai berikut : جزاك اللّه خيرا

Sedangkan tulisan arab berharakat jazakallah khairan yang benar adalah : جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا

Tulisan arab jazakallah khairan untuk wanita berbeda dengan tulisan arab jazakallah khoiran untuk laki-laki dan orang banyak, yang membedakan adalah dhomirnya. Menanggapi hal tersebut akan kami berikan rincian tulisan jazakallah khairan beserta penggunaannya :

  • جَزَاهُ اللَّهُ خَيْرًا (untuk dia laki-laki 1 orang)
  • جَزَاهُمَا اللَّهُ خَيْرًا (untuk dia laki-laki 2 orang)
  • جَزَاهُمْ اللَّهُ خَيْرًا (untuk dia laki-laki 3 orang atau lebih)
  • جَزَاهَا اللَّهُ خَيْرًا (untuk dia wanita 1 orang)
  • جَزَاهُمَا اللَّهُ خَيْرًا (untuk dia wanita 2 orang)
  • جَزَاهُنَّ اللَّهُ خَيْرًا (untuk dia wanita 3 orang atau lebih)
  • جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا (untuk kamu laki-laki 1 orang)
  • جَزَاكُمَا اللَّهُ خَيْرًا (untuk kamu laki-laki 2 orang)
  • جَزَاكُمْ اللَّهُ خَيْرًا (untuk kamu laki-laki 3 orang atau lebih)
  • جَزَاكِ اللَّهُ خَيْرًا (untuk kamu wanita 1 orang)
  • جَزَاكُمَا اللَّهُ خَيْرًا (untuk kamu wanita 2 orang)
  • جَزَاكُنَّ اللَّهُ خَيْرًا (untuk kamu wanita 3 orang atau lebih)
  • جَزَانِيَ اللَّهُ خَيْرًا (untuk saya)
  • جَزَانَا اللَّهُ خَيْرًا (untuk kita)
Alhasil, tulisan arab jazakallah khairan untuk wanita adalah جَزَاكِ اللَّهُ خَيْرًا (jazakillah khairan) dan جَزَاهَا اللَّهُ خَيْرًا (jazahallah khairan katsiran).

Sebaiknya ditulis menggunakan harakat untuk membedakan dengan tulisan جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا untuk laki-laki yang penulisannya sama jika tanpa harakat جزاك اللّه خيرا.

Jazakallah Khairan Katsiran Artinya

Setelah mengetahui tulisan jazakallah khairan yang benar, baik itu untuk laki-laki, perempuan dan orang baik, sekarang ketahui juga arti dari jazakallah khairan. Untuk itu akan kami jabarkan arti perkata jazakallah khairan katsiran :
  1. Jazakallah (جَزَاكَ اللَّهُ ) : Jaza (جَزَي) adalah fiil madhi tsulatsi mujarrod mu'tal akhir ikut wazan faala yafilu mempunyai arti membalas. Ka (كَ) dhomir muttasil mahal nashob berkedudukan sebagai maful bih mempunyai arti kamu laki-laki 1 orang sedangkan lafadz jalalah Allah (اللَّهُ) berkedudukan sebagai fail.
  2. Khairan (خَيْرًا) : Khairan berkedudukan sebagai maful mutlaq dimana maf'ul mutlaq harus dibaca nashob, karena merupakan isim mufrod alamat nashobnya memakai fathah harus dibaca khairan artinya kebaikan.
  3. Katsiran (كَثِيْرًا) : Banyak orang yang mengucapakan jazakallah khairan katsiran, tidak hanya sampai ucapan jazakallah khairan saja. Katsiran meruppakan masdar dari fiil madhi katsuro yang mempunyai arti banyak(lawan kata sedikit). Dalam konteks kalimat jazakallah khairan katsiran, lafadz katsiran berkedudukan sebagai naat dimana harus ikut kepada man'ut yaitu lafadz khairan (خَيْرًا) jadi harus dibaca nashob, maka pelafadzannya benar dibaca katsiran (كَثِيْرًا).
Dapat disimpulkan arti dari jazakallah khairan katsiran artinya Semoga Allah membalasmu (laki-laki) dengan kebaikan yang banyak.

Dari pengertian diatas kita mengetahui bahwa jazakallah khairan katsiran untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan pemakaian lafadznya adalah جَزَاكِ اللَّهُ خَيْرًا كَثِيْرًا (jazakillah khairan katsiran).

Adapun mengenai arti jazakumullah khairan katsiran (جَزَاكُمْ اللَّهُ خَيْرًا كَثِيْرًا) artinya semoga Allah membalas kalian semua dengan kebaikan yang banyak. Kalimat ini digunakan untuk mengatakan kepada banyak orang yang telah melakukan kebaikan kepada kita.

Pada dasarnya ucapan jazakallah khairan diucapkan kepada orang lain yang berbuat baik atas diri kita. Dalam praktiknya pengucapan terima kasih dan doa atas kebaikan sesorang itu berbeda beda diantaranya :

  • Syukron katsiran artinya terima kasih banyak
  • Syukron jazakallah artinya terima kasih semoga Allah membalasmu
  • Jazakallah khairan katsiran artinya semoga Allah membalasmu dengan kebaikan
  • Syukron jazakallah khairan artinya terima kasih, semoga Allah membalasmu dengan kebaikan
  • Syukron Jazakallah khairan katsiran artinya terima kasih, semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak 
  • Tabarakallah jazakumullah artinya Maha berkah Allah semoga Allah membalasmu
  • Jazakumullah khairan katsiran fajazakumullah ahsanal jaza artinya semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak, semoga Allah juga membalasmu dengan sebaik-baik balasan.

Jawaban Jazakallah Khairan Untuk Wanita

Ucapan jazakallah khairan diucapkan ketika ada seseorang yang memperlakukan kita dengan baik, hal ini sesuai dengan hadits Nabi SAW :

وَعَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ، فَقَالَ لِفَاعِلهِ : جَزَاكَ اللهُ خَيْراً ، فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ )) .

Latin : (wa 'an usamah bin zaid radhiyaklahu 'anhuma qola : qala rasulullah SAW " man suni'a ilaihi ma'rufun faqola lifa'ilihi : jazakallah kahiran , faqod ablagho fis sana i) rowahut turmudzi ,waqola (haditsun hasanun shohihun).

Artinya : Dari usamah bin zaid radhiyallahu anhuma berkata : Rasulullah SAW bersabda : barang siapa yang diperlakukan baik (oleh orang lain), kemudian dia mengucapkan kepada pelakuya (yang berbuat baik) : جَزَاكَ اللهُ خَيْراً (jazakallah khairan) maka sungguh ia sangat telah menyanjungnya. Hadits riwayat Turmudzi, dan berkata : hadits ini hasan dan shohih.

Adapun mengenai balasan jazakallah khairan katsiran adalah sebagai berikut :

1. Mengucap Aamiin.

Pada dasarnya ucapan jazakallah khairan katsiran adalah ucapan doa. Orang lain yang merasa dirinya diperlakuakan baik oleh kita kemudian dia membalas kebaikan kita dengan doa, tidak ada salahnya jika kita mengamini doa orang tersebut karena kenyataannya berisi kebaikan. Jadi jika ada orang mengucap jazakallah khairan dapat dijawab Aamiin.

2. Mengucap Wa antum Fajazaukumullah khairan.

Hal ini didasarkan atas jawaban Nabi SAW yang membalas jawaban kaum Anshor. Hal tersebut didasarkan hadits shahih yang diriwayatkan Imam An Nasa’i dan Ibnu Hibban, ketika Usaid bin Hudhair mewakili kaum Anshar berterima kasih kepada Rasulullah Saw dengan mengucapkan jazakallah khairan, Rasulullah lantas menjawabnya dengan ucapan:

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

“Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.

3. Membalas jawaban yang sama

Balasan jawaban jazakallah khairan katsiran harus memperhatikan lawan bicaranya. Jika lawan bicaranya adalah orang banyak maka balasan jazakallah khairan katsiran adalah fajazakumullah khairan katsiran. Jika lawan bicaranya adalah perempuan maka balasannya adalah fajazakillah khairan katsiran. Jika lawan bicaranya adalah laki-laki maka balasannya adalah fajazakallah khairan katsiran.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa jawaban jazakallah khairan katsiran untuk wanita adalah فَجَزَاكِ اللَّهُ خَيْرًا (fajazakillah khairan).

Demikian uraian dan penjelasan mengenai Jawaban dan arti dari jazakallah khairan beserta tulisan arabnya semoga memberikan banyak manfaat dan menambah banyak wawasan bagi teman-teman yang membutuhkan.

Source:
https://pecihitam.org/jazakallah/

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment