Hasbunallah Wanikmal Wakil 70 Kali dan Cara Mengamalkannya

Hasbunallah wanikmal wakil 70 kali biasa dibaca orang islam ketika malam asyura sebelum membaca doa asyura.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara pengamalan, khasiat dan arti hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Mari masuk dalam pembahasan.

Table of Contents

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir Artinya

Sebagai seorang muslim ketika membaca Alquran kita pernah mendapati ayat yang berbunyi hasbunallahu wanikmal wakil. Tetapi dilain kesempatan kita mendapati tulisan yang lebih panjang berbunyi hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Lafadz hasbunallahu wanikmal wakil nikmal di dalam alquran terdapat pada surat Ali Imran ayat 173.


الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

alladzina qaala lahumun nas. innan nasa qad jama'u lakum fakhsyauhum fazadahun imanan wa qalu hasbunallahu wanikmal wakil nikmal

Artinya: “(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: ‘Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka’.

Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: ‘Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung’," (QS Ali Imran: 173).

Adapun bacaan Nikmal Maula Wa Nikma Nashir terdapat dalam Surat Al Anfal 8:40
Bacaannya:

وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ۔

Latinnya: Wa in tawallau fa’lamuu annallaaha maulaakum, ni’mal-maulaa wa ni’man-nasir
Artinya: “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”.

Adapun arti  hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير adalah sebagai berikut:

Hanya Allah Yang Maha Mencukupi diri kami, Dialah Yang paling terbaik ketika diserahkan segala urusan dan Paling terbaik dalam memberikan bantuan dan pertolongan.

Hasbunallah Wanikmal Wakil 70 Kali

Membaca Hasbunallah wanikmal wakil 70 kali
keajaiban dzikir hasbunallah wanikmal wakil

Pada bulan muharram banyak sekali doa-doa dan amalan yang biasa dikerjakan seorang muslim. Diantaranya adalah membaca doa awal tahun dan doa akhir tahun, juga membaca doa asyura'. Pernahkah anda mendapati sebelum membaca doa asyura' sebaiknya membaca dzikir hasbunallah wanikmal wakil 70 kali.

Kenapa harus membaca hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir? dan kenapa harus 70 kali?

Baca Juga :

Dalam risalahnya yang berjudul Al fadhail al asyuriyyah Syaikh Muhammad Al Amir as Shaghir,, mengutip perkataan imam Ali Zainal Abidin al ajhuriy al maliki berkata :

. من قال يوم عاشوراء : حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير سبعين مرة كفاه الله تعالى شر ذلك العام

Latin : Man qaala yauma 'asyura-a " hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir sab'iina marrah kafaahullahu ta'ala syarru dzalikal 'am.

Artinya: Barang siapa pada hari asyura' membaca " hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir 70 kali, maka Allah akan mencukupinya (diberikan perlindungan) dari segala
keburukan di tahun tersebut.

Mungkin itulah kenapa hasbunallah wanikmal wakil sebanyak 70x dibaca sebelum membaca doa asyura' dan sebaiknya dibaca pada hari asyura'. Sedangkan manfaat dari wirid tersebut diharapkan dapat memperoleh perlindungan Allah dari segala kejelakan pada tahun tersebut.

Dilansir dari majlis al mu'afah, hasbunallah wanikmal wakil merupakan doa nabi ibrahim. Dzikir tersebut menjadi kalimat terakhir yang dibaca oleh Nabi Ibrahim Alaihis salam ketika beliau ingin dilempar dengan manjanik (ketapel besar) menuju kobaran api.

Dalam riwayat disebutkan tumpukan kayu sudah disiapin berminggu-minggu kalau seandainya Nabi Ibrahim Alaihis Salam neba di tumpukan kayu tak ubahnya laksana garuk-garuk cikur neba di puun asem.

Imam az-Zamakhsyariy dalam Tafsir al-Kassyaf menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi saat Nabi Ibrahim berusia 16 tahun. Kaga sembabad bangat seorang raja murka ama bocah ABG pake maen bakar dengan cara yang terlalu berlebihan. Pada hakikatnya raja Namrudz bukan bertujuan membinasakan Nabi Ibrahim Alaihis Salam melainkan dia ingin menantang Tuhannya Nabi Ibrahim Alaihis Salam.

Melihat hal demikian, malaikat Jibril Alaihis Salam turun ke bumi menawarkan pertolongan kepada Nabi Ibrahim Alaihis Salam. Jibril berkata: Ya Ibrahim aku telah datang! Apakah yang bisa aku bantu? Nabi Ibrahim berkata: "Jika engkau yang ingin menolong, maka aku tidak perlu! Cukup Allah buat diriku."

حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير

Hanya Allah Yang Maha Mencukupi diri kami, Dialah Yang paling terbaik ketika diserahkan segala urusan dan Paling terbaik dalam memberikan bantuan dan pertolongan.

Baca Juga :

Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada Imam Abul Hasan Ali Bin Zainal Abidin al-Ajhuriy (wafat 1066 Hijriyah)yang alfaqir dapatkan:

الحاج رزقي ذو القرنين البتاوي عن الشيخ عبد الرزاق امام اللاسمي عن الشيخ القاضي حسن محمد مشاط المكي ) ت 1399هـ( عن الشيخ علي بن عبد الله الطيب المدني ) ت 1359هـ ( عن الشيخ ابراهيم السقا ) ت 1298 هـ ( عن الشيخ علي بن محمد بن علي العربي السقاط الفاسي )ت 1183 هـ ( عن الشيخ ابراهيم الفيومي )ت 1137 هـ( عن الشيخ محمد بن عبد الله الخرشي الأزهري ) ت 1102 هـ ( عن الشيخ نور الدين أبي الحسن علي الأجهوري )ت 1066 هـ( رضي الله عنه

Syekh Abdul Hamid Qudus dalam kitab Kanzun Najah was Surur halaman 20 menyebutkan 2 kaifiyat membacanya: 

  • boleh dengan menggunakan bentuk jama' حسبنا الله (Hasbunallahu) artinya Allah cukup bagi kami. 
  • Atau dengan menggunakan bentuk tunggal حسبي الله (Hasbiyallahu) artinya: Cukup bagi diriku Allah."
Imam Muhammad Abdur Rauf al-Munawiy dalam kitab Faidhul Qodir mengatakan bahwa (Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakil Ni'mal Maula Wa Ni'man Nashir) merupakan dzikir yang dibaca oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ketika beliau menghadapi urusan pelik, sebagaimana diabadikan dalam surat Ali Imran ayat 173:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Ada orang-orang yang mengatakan, "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kalian. Karena itu, takutlah kepada mereka," maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah menjadi Pelindung kami dan Allah adalah sebaik-baik Penolong."

Imam Abul Hasan as-Sdyadzilliy Radhiyallahu Anhu mencatatkan beraneka ragam fadhilah dan asrar membaca dzikir (Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakil Ni'mal Maula Wa Ni'man Nashir) dalam satu kitab bernama as-Sirrul Jalil Fi Khowasshi Hasbunallahu wa ni'mal wakil."

Al-Quthbul Kamil Sayyidi Syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu Anhu juga menganjurkan kita untuk memperbanyak membaca (Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil) ungkapan beliau disebutkan dalam kitab Jawahirul Ma'aniy jilid 2 halaman 70:

وليكن لكل واحد منكم قدر من هذه الأذكار على قدر الطاقة. فإنه بقدر الإكثار من الأذكار تتناءى عن العبد كثرة المصائب والشرور

Artinya: Seyogyanya untuk setiap orang di antara kalian semampunya untuk membaca dzikir ini karena sesungguhnya memperbanyak dzikir, mushibah dan keburukan akan menjauh dari seorang hamba.

Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakil merupakan dzikir dari potongan ayat al-Qur'an yang diyakini memiliki fadhilah sangat besar, boleh jadi kalau ia menjadi wiridan yang diamalkan oleh berbagai Thoriqoh.

Cara Mengamalkan Hasbunallah Wanikmal Wakil

cara mengamalkan hasbunallah wani'mal wakil
rahasia hasbunallah wanikmal wakil 450x

Ada orang yang menerima amalan tentang hasbunallah wanikmal wakil untuk kekayaan. Sebenarnya apa khasiat dari hasbunallah dan berapa kali membaca hasbunallah wanikmal wakil, apakah 100x, 1000x atau lainnya.

Didalam kitab assirrul jalil fii khowassi hasbunallah wanikmal wakil yang disusun imam abul hasan asy syadzili ada 3 cara mengamalkan حسبنا الله ونعم الوكيل (hasbunallah wanikmal wakil):

1. Baca ayat " hasbunallah wanikmal wakil 450x, Membaca shalawat munjiyat 11x ( kalau hapal ) ,lalu berdoa dg bahasa kita.

2. Baca : hasbunallah wanikmal wakil 450x, 

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ sebanyak 7x, فانقلبوا  بنعمة  من الله  وفضل  لم  يمسسهم  سوء ، واتبعوا  رضوان الله ، والله  ذو فضل  عظيم satu kali  Membaca shalawat munjiyat 11x ( kalau hapal ) , lalu berdoa dg bahasa kita 
3. Baca :    الذين  قال  لهم الناس ، ان الناس  قد  جمعوا لكم  فاخشوهم  فزادهم  ايمانا ، وقالوا  حسبنا الله ونعم الوكيل .  فانقلبوا  بنعمة  من الله  وفضل  لم  يمسسهم  سوء ، واتبعوا  رضوان الله ، والله  ذو فضل  عظيم.313 
Sholawat munjiyat  11 x.

Adapun penjelasan dari cara mengamalkan dan khasiat hasbunallah wanikmal wakil adalah sebagai berikut 

1. Dibaca 450x

Barang siapa yang menginginkan dicukupi oleh Allah segala urusannya, dan Allah menjaga orang tersebut dari kejelekan semua makhluk dan mengharapkan pertolongan dari Allah , allah menyimpan rasa cinta dihati makhluk Allah dihati terhadap orang tadi dan menginginkan dikayakan dicukupkan oleh Allah maka hendaklah mendawamkan membaca ayat hasbunallah wanikmal wakil 450x.

Kapan membacanya? Dibaca sehari semalam. 450 kali boleh siang boleh malam, setelah selesai ditutup dengan sholawat munjiyat dimana sholawat ini mencakup segala hajat.

Jika tidak hafal sholawat munjiyat tidak apa-apa langsung berdoa.

2. Dibaca 450 dilanjutkan Surat Ali Imron 173

Sebagian ahli makrifat berkata: Barang siapa yang mengharapkan dijaga dari kejelekan semua makhluk, ingin dimudahkan rizqi oleh Allah, dan ingin dicintai oleh makhluk Allah, dan mengharap Allah agar kesempitannya dijadikan kelapangan.

Cara mengamalkannya membaca hasbunallah wanikmal wakil 450 kali sehari semalam, boleh siang boleh malam kemudian dilanjutkan membaca surat Ali Imron ayat 173 : الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ sebanyak 7 kali dan membaca ayat فانقلبوا  بنعمة  من الله  وفضل  لم  يمسسهم  سوء ، واتبعوا  رضوان الله ، والله  ذو فضل  عظيم sebanyak 1 kali.

Khasiatnya, barang siapa yang mendawamkan amalan yang kedua ini maka akan ada 1 rahasia yang mengagungkan didalam memudahkan sesuatu yang sulit.

3. Membaca Surat Ali Imron 173-174 sebanyak 313

Barang siapa yang merasa hartanya hanya sedikit dan ingin rizqinya dimudahkan oleh Allah, maka hendaknya setelah selesai sholat subuh membaca. الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ .فانقلبوا  بنعمة  من الله  وفضل  لم  يمسسهم  سوء ، واتبعوا  رضوان الله ، والله  ذو فضل  عظيم

Cara Pengamalannya surat Ali Imram 173 ini dibaca setelah selesai sholat subuh 313, dan juga setelah selesai sholat asar 313 dalam sehari semalam.

Faidahnya, Insya Allah pada waktu singkat maka dunia yang diharapkan, rizqi yang dia inginkan akan datang , dan akan diberikan kejutan oleh Allah yang diluar kebiasaan dengan idzin Allah yang mempunyai asma Alkarim dan Al wahhab.

Demikian penjelasan mengenai hasbunallah wanikmal wakil 70 kali, cara pengamalan, khasiat dan artinya. Semoga memberi banyak pengetahuan dan manfaat.

Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment