Fiil Mudhori : Pengertian, Contoh, Tasrif dan Wazannya

Fiil mudhori yang dalam bahasa arab ditulis الفِعْلُ المُضَارِع adalah satu-satunya fiil yang huruf akhirnya dapat berubah (menerima i'rob), contohnya يَذْهَبُ jika kemasukan huruf nashab menjadi لَنْ يَذْهَبَ jika kemasukan huruf jazm menjadi لَمْ يَذْهَبْ.

Perubahan diakhir kalimat itulah yang dinamakan i'rab, dimana fiil madhi dan fiil amar huruf akhirnya tidak bisa berubah karena keduanya merupakan fiil mabni.

Dalam artikel kali ini kami akan terangkan apa itu fiil mudhori dan contohnya? Ada berapa tasrifnya? Apa saja i'robnya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan fiil mudhori'. Mari kita bahas.

Arti Fiil Mudhori

pengertian fiil mudhari dan contohnya
pengertian fiil mudhari adalah

Mudhori (مُضَارِع) dalam bahasa arab merupakan shighot isim fail dari fiil madhi ضَارع yang artinya menyerupai, dikatakan menyerupai karena memang ia serupa dengan isim fail dalam hal harokatnya dan huruf awal fiil mudhori' dinamakan huruf mudhoroah.

Contohnya يُكْرِمُ isim failnya adalah مُكْرِمُ keduanya dapat katakan semua harokatnya sama, hanya saja huruf awalnya yang berbeda. Lihatlah contoh lainnya يُعَلِّمُ dan isim failnya مُعَلِّمُ harakatnya sama bukan?

Menurut Ulama' ahli nahwu pengertian fiil mudhari adalah kalimat yang menunjukkan atas makna dan zaman yang memuat kejadian saat ini dan akan datang. Dalam bahasa arab pengertian tersebut berbunyi sebagai berikut :

فِعْلُ المُضَارِع : وهو كلمة دلّت على معنى وزمان يحتمل الحال والإستقبال

Dalam kitab Jurumiyah Syaikh Ash-Shonhaji mendefinisikan fiil mudhori dengan artian yang lebih mudah dipahami :

والمُضَارِع ماكان فى أوّله إحدى الزوائد الأربع يجمعها قولك أنيت

Fiil Mudhori adalah fiil yang diawali salah satu huruf tambahan yang terkumpul dalam lafadz anaitu, (yaitu hamzah, nun, ya dan ta).

Alhasil huruf fiil mudhori atau yang lebih dikenal dengan huruf mudhoroah ada 4 yaitu :

  1. Hamzah - أضرب 
  2. Nun -  نضرب
  3. Ya - يضرب 
  4. Ta - تضرب

Tasrif Fiil Mudhori

Tasrif artinya perubahan, sedangkan tasrif fiil mudhori adalah perubahan yang terjadi pada fiil mudhari, adakalanya berubah secara makna dan adakalanya berubah secara lughawi atau istilah.

Dapat disimpulkan bahwa tasrif fiil mudhori ada 2 :

  • Tasrif Istilahi (maknawi)
  • Tasrif Lughawi

Didalam pesantren kami pengajaran tentang tasrif istilahi jumlahnya ada 7 yaitu mulai dari fiil madhi- fiil mudhari- fiil amar-masdar-isim fail- isim maful- isim zaman dan isim makan.

Contoh tasrif fiil Mudhori istilahi lafadz jalasa :

 جَلَسَ - يَجْلِسُ - إِجْلِسْ - جُلُوْسًا - جَالِسٌ - مَجْلُوْسٌ - مَجْلِسٌ مَجْلِسٌ 

Karena ikut wazan fa'ala yaf'ilu maka fiil mudhori dari madhi jalasa adalah yajlisu (يَجْلِسُ). Untuk mendapatkan lebih banyak contoh lainnya anda dapat mempelajarinya dalam pembahasan artikel kami tentang tasrif fiil mudhori atau tasrif lughawi fiil madhi dan mudhari.

Sedangkan tasrif lughowi fiil mudhori jumlahnya ada 14 yaitu :

  1. يَفْعُلُ
  2. يَفْعُلَانِ
  3. يَفْعُلُوْنَ
  4. تَفْعُلُ
  5. تَفْعُلَانِ
  6. يَفْعُلْنَ
  7. تَفْعُلُ
  8. تَفْعُلَانِ
  9. تَفْعُلُوْنَ
  10. تَفْعُلِيْنَ
  11. تَفْعُلَانِ
  12. تَفْعَلْنَ
  13. أَفْعُلُ
  14. نَفْعُلُ

ِFiil mudhori dapat ditemui nun taukid, baik itu tsaqilah maupun khafifah. inilah tasrifnya :

  • يَفْعُلُنَّ
  • يَفْعُلَانِّ
  • يَفْعُلُنَّ
  • تَفْعُلُنَّ
  • تَفْعُلَانِّ
  • يَفْعُلْنَانِّ
  • تَفْعُلُنَّ
  • تَفْعُلَانِّ
  • تَفْعُلُنَّ
  • تَفْعُلِنَّ
  • تَفْعُلَانِّ
  • تَفْعُلْنَانِّ
  • أَفْعُلُنَّ
  • نَفْعُلُنَّ

Tasrif diatas adalah contoh fiil mudhori yang bertemu nun taukid tsaqilah. Sedangkan untuk fiil mudhori yang bertemu nun taukid khafifah ada beberapa bentuk fiil mudhori yang tidak dapat untuk bertemu dengan nun taukid khofifah yaitu fiil mudhori yang terdapat alif tatsniyah dan terdapat nun jamak inats.

Biasanya fiil mudhori yaang ditemui nun taukid depannya temui lam amar, contoh لِتَفْعُلُنَّ. atau لِيَنْصُرَنْ

Dari 14 tasrif fiil mudhori lughowi, diketahui dhomir fiil mudhori ada 3 yaitu :

  • Dhomir Ghaib : Ada 6 berupa mufrod mudzakar ghoib, tatsniyah mudzakar ghoib, jamak mudzakar ghoib, mufrod muannats ghoibah, tatsniyah muannats ghoibah, jamak muannats ghoibah.
  • Dhomir Mukhotob : Ada 6 berupa mufrod mudzakar mukhotob, tatsniyah mudzakar mukhotob, jamak mudzakar mukhotob, mufrod muannats mukhotobah, tatsniyah muannats mukhotobah, jamak muannats mukhotobah.
  • Dhomir Mutakallim : Ada 2 berupa mutakallim wahdah dan mutakallim ma'al ghair atau mu'adzim nafsah.

I'rob Fiil Mudhori'

I'rab dibagi menjadi 4 yaitu i'rob rofa', nashab, jar dan jazm sedangkan i'rob fiil mudhari hanya ada 3 yaitu i'rob rofa', nashab dan jazm.

Bentuk fiil mudhori ada 3 yaitu fiil mudhori' shohih akhir, fiil mudhori' mu'tal akhir dan fiil mudhori yang bertemu alif tatsniyah, wau jamak dan ya' muannatsah mukhotobah atau yang dinamakan af'al khomsah. Contoh يَكْتُبُ, يَعْلُوْ dan يَكْتُبُوْنَ.

Fiil mudhari dibaca rofa ketika tidak kemasukan amil nashab atau amil jazm. Fiil mudhori dibaca nashab ketika kemasukan huruf nashab dan dibaca jazm ketika kemasukan hurf jazm.

Tanda rofa fiil mudhari shahih akhir adalah dengan dhommah contohnya يَكْتُبُ, sedangkan fiil mudhori mu'tal akhir tanda rofa'nya dengan dhommah, contohnya يَعْلُوْ dan fiil mudhori yang bertemu alif tatsniyah, wau jamak dan ya' muannatsah mukhotobah tanda rofa'nya dengan tetapnya nun, contohnya يَكْتُبُوْنَ 

Fiil mudhori yang shohih akhir ketika nashab ditandai dengan fathah dan ketika jazem ditandai dengan sukun.Contoh لن يَكْتُبَ dan لم يَكْتُب

Fiil mudhori mu'tal akhir ketika nashab ditandai dengan hadzhu harfi illah (membuang huruf illat) begitu juga ketika tingkah jazm. Contohnya لن يَعْلُ dan لم يَعْلُ 

Af'al khomsah (fiil mudhori yang bertemu alif tatsniyah, wau jamak dan ya' muannatsah mukhotobah) ketika nashab ditandai dengan hadzfu nun (membuang nun) begitu juga ketika jazm. Contoh لن يَكْتُبُوْا dan لم يَكْتُبُوْا

Contoh Fiil Mudhori

Adapun contoh kalimat fiil mudhori antara lain :

يقرأ زيد القرأن

Yaqra'u zaidun Al Qura'na

Artinya : Zaid sedang membaca Al Quran

يجلس مصطفى أمام البيت

Yajlisu Mustofa amamal baiti

Artinya : Mustofa sedang duduk didepan rumah

يتعلمون الطلاب فى الفصل

Yata'allamuna atthullabu fil fashli

Artinya : Murid-murid sedang belajar di kelas

تذهب فاطمة مع أمه إلى السوق

Tadzhabu fatimah ma'a ummihi ilas suqi

Artinya : Fatimah sedang pergi bersama ibunya ke pasar

Latihan Soal Fiil Mudhari'

Dari materi fiil mudhori yang sudah kami sampaikan diatas, kami berharap anda dapat menjawab latihan soal yang akan kami berikan agar dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang baru saja di pelajari

  1. Apa definisi dari fiil mudhari?
  2. Sebutkan 3 contoh kalimat fiil mudhori.
  3. يقرأ , يَكْتُبُوْنَ dan جلس yang termasuk fiil mudhori adalah 
  4. Buatkan contoh kalimat bahasa arab yang didalamnya terdapat fiil mudhori
  5. Buatkan tasrif fiil mudhori جلس secara istilahi
Demikian pembahasan kami mengenai pengertian fiil mudhari beserta contoh dan tasrifnya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.
Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment