Cara Mengamalkan Hasbunallah Wanikmal Wakil dan Khasiatnya

Cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil banyak ragamnya, ada yang mengamalkan sebanyak 70x ada yang 313x dan ada juga yang sampai 450 kali masing-masing mempunyai hasiat tersendiri.

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir merupakan bacaan dzikir yang sering diamalkan umat islam untuk dzikir harian maupun untuk perantara sebagai pemenuhan hajat.

Didalam Al Quran terdapat juga ayat berupa lafadz حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ (hasbunallah wanikmal wakil) dan juga نِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ (nikmal maula wanikman nasir) tetapi keduanya tidak dalam 1 ayat melainkan terdapat dalam ayat yang berbeda.

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir dan apa saja manfaat dari pengamalannya. Mari kita simak bersama.

Table of Contents

Khasiat Hasbunallah Wanikmal Wakil

cara mengamalkan hasbunallahu wanikmal wakil
cara mengamalkan hasbunallahu wanikmal wakil

Hasbunallah wanikmal wakil memiliki banyak khasiat antara lain :

  • Diberikan perlindungan dari segala keburukan di tahun ini.
  • Dicukupi oleh Allah segala urusannya, dan 
  • Dijaga Allah dari kejelekan semua makhluk 
  • Allah menyimpan rasa cinta dihati makhluk Allah terhadap orang tadi 
  • Ada 1 rahasia yang mengagungkan didalam memudahkan sesuatu yang sulit.
  • Rizqinya dimudahkan oleh Allah
  • Waktu singkat maka dunia yang diharapkan, rizqi yang dia inginkan akan datang dan 
  • Akan diberikan kejutan oleh Allah yang diluar kebiasaan dengan idzin Allah.

Dalam Al fadhail Al Asyuriyyah Syaikh Muhammad Al Amir as Shaghir mengutip perkataan imam Ali Zainal Abidin al ajhuriy al maliki hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir 70 kali adalah diberikan perlindungan dari segala keburukan di tahun tersebut.

من قال يوم عاشوراء : حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير سبعين مرة كفاه الله تعالى شر ذلك العام

- Syaikh Muhammad Al Amir as Shaghir dalam Al fadhail Al Asyuriyyah

Artinya : Barang siapa pada hari asyura' membaca " hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir 70 kali, maka Allah akan mencukupinya (diberikan perlindungan) dari segala keburukan di tahun tersebut.

Baca Juga : Sholawat Ibrahimiyah Untuk Rezeki dan Cara Mengamalkannya

Cara Mengamalkan Hasbunallah Wanikmal Wakil

Cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil ada 3, yaitu :

1. Dibaca Sebanyak 70x

Cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir 70x adalah dibaca pada hari asyura' atau seringnya dibaca setelah sholat maghrib pada malam hari tanggal 10 muharram.

. من قال يوم عاشوراء : حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير سبعين مرة كفاه الله تعالى شر ذلك العام

Latin : Man qaala yauma 'asyura-a " hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir sab'iina marrah kafaahullahu ta'ala syarru dzalikal 'am.

Artinya : Barang siapa pada hari asyura' membaca " hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir 70 kali, maka Allah akan mencukupinya (diberikan perlindungan) dari segala keburukan di tahun tersebut.

2. Dibaca Sebanyak 313x

Cara mengamalkan hasbunallahu wanikmal 313x dalam surat Ali Imran ayat 173 adalah dibaca setelah selesai sholat subuh sebanyak 313 kali dan juga setelah selesai sholat asar 313 kali dalam sehari semalam.

Baca Juga : Fadhilah Sholawat Munjiyat 11 Kali dan Cara Mengamalkannya

Barang siapa yang merasa hartanya hanya sedikit dan ingin rizqinya dimudahkan oleh Allah, maka hendaknya setelah selesai sholat subuh membaca :

 الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ .فانقلبوا  بنعمة  من الله  وفضل  لم  يمسسهم  سوء ، واتبعوا  رضوان الله ، والله  ذو فضل  عظيم

Faidah dari pengamalan hasbunallah wanikmal wakil 313x dalam surat Ali Imran 173 insya Allah pada waktu singkat maka dunia yang diharapkan, rizqi yang dia inginkan akan datang dan akan diberikan kejutan oleh Allah yang diluar kebiasaan dengan idzin Allah yang mempunyai asma Alkarim dan Al wahhab.

3. Dibaca Sebanyak 450x

Cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil sebanyak 450x adalah dibaca setiap hari, boleh siang boleh malam kapan saja dan diakhiri dengan sholawat munjiyat 11 kali jika hafal lalu berdoa.

Cara lainnya dalam mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil adalah dibaca sebanyak 450x dalam kehari semalam boleh siang boleh malam kemudian dilanjutkan  membaca surat Ali Imron ayat 173 :

 الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ 

dibaca sebanyak 7 kali kemudian membaca ayat :

 فانقلبوا  بنعمة  من الله  وفضل  لم  يمسسهم  سوء ، واتبعوا  رضوان الله ، والله  ذو فضل  عظيم 

Dibaca sebanyak 1 kali.

Demikian pembahasan mengenai cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil beserta khasiatnya semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment