Sholawat Nuridzati Yang Asli dan Artinya Beserta Bacaan Arab Latin

Sholawat menjadi salah satu bacaan yang sering dan senang diamalkan muslim indonesia mengingat banyaknya manfaat yang akan diperoleh dari membacanya tak terkecuali bacaan sholawat nuridzati yang asli.

Dari banyaknya bacaan sholawat seperti sholawat jibril, sholawat nariyah dan lainnya, sholawat nuridzati banyak juga dicari orang mengingat banyaknya khasiat yang akan diperoleh.

Dalam artikel ini kami akan membahas bacaan sholawat nuridzati yang asli dan artinya beserta tulisan latin agar mudah dibaca orang yang pelum pintar membaca tulisan arab.

Table of Contents

Sholawat Nuridzati dari siapa?

Sholawat nuridzati yang asli dan artinya
Sholawat nuridzati yang asli dan artinya

Sholawat nuridzati adalah sholawat karya imam Abul Hasan As-syadzili. Menurut penuturan Syaikh Abdul Wahab Asy Sya'roni, Syaikh Abul Hasan As Syadzili termasuk diantara mereka (para wali), Beliau banyak menerima petuah-petuah yang disampaikan oleh Abul Wafa.

Baca Juga: Sholawat Basyairul Khairat Syaikh Abdul Qadir Al Jailani

Adapun bacaan sholawat nuridzati adalah: 

الّلهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد النّور الذّاتي والسّر السّاري في سائر الأسماء والصّفات

Diantara keutamaan sholawat nuridzati diantaranya untuk: 

  • Menarik rezeki
  • Memudahkan segala kesusahan
  • Perisai diri dari marabahaya
  • Menjauhkan dari bahaya
  • Pelindung dari perbuatan orang jahat
  • Dapat membantu menyembuhkan penyakit
  • Menghilangkan perasaan susah
  • Sebagai suwuk untuk anak kecil yang rewel

Sholawat Nuridzati Yang Asli

Pengarang sholawat nuridzati yang asli adalah  Imam Abul Hasan As-Syadzili. Banyak pendapat dari beberapa ulama' yang menisbatkan sholawat nuridzati kepada Imam As-syadzili, walaupun beberapa diantaranya ada yang tidak menyebutkan siapa pengarangnya tetapi dilihat dari kemiripan bacaannya sama dengan teks sholawat nuridzati hanya saja ada beberapa perbedaan kata.

Baca Juga: Sholawat Fatih Yang Asli Milik Syaikh At-Tijani?

Berikut adalah teks sholawat nuridzati :

الّلهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد النّور الذّاتي والسّر السّاري في سائر الأسماء والصّفات

Allahumma sholli wasallim wabarik 'ala sayyidina muhammadinin nuridzati was sirris sari fi sairil asmai was shifati.

Beberapa pendapat ulama' mengenai sholawat nuridzati antara lain :

1. Sayyidi Ahmad As Showi

قال سيدي أحمد الصاوي هذه صلاة النور الذاتي لسيدي أبي الحسن الشاذلي رضي الله عنه ونفعنا به وهي بمثابة ألف صلاة وعدتها خمسمائة لتفريج الكرب.

Artinya :

Sayyid Ahmad As Showi berkata : Sholawat ini sholawat nuridzati milik sayyidi Abu hasan as-syadzili (semoga Allah meridhoi beliau dan memberi kita manfaat sebab beliau). Sholawat ini sebanding dengan 1000 sholawat, hitungannya 500 kali untuk memudahkan segala kesusahan.

2. Imam Ibnu Abidin

وذكرها ابن عابدين في ثبته نقلاً عن ثبت الشراباتي فقال كيفية صلاة جليلة أخذتها سابقاً عن شيخنا العارف بالله السيد أحمد البغدادي القادري ونسبها لبعض العارفين وهي اللهم صل على سيدنا محمد النور الذاتي الساري في جميع الآثار والأسماء والصفات وعلى آله وصحبه وسلم.

Artinya : 

Imam Ibnu abidin didalam kitab tsabatnya menuturkan dikutip dari tsabatnya imam As-Syarbani beliau berkata : tata cara membaca sholawat yang agung ini. “Dulu saya mendapatkannya dari guru sayaa al-arif billah Sayyid Ahmad al-Baghdadi al-Qodiri dan Beliau menisbatkannya kepada sebagian ulama’ ahli ma’rifat, cara bacanya yaitu :

Allahumma sholli alaa sayyidinaa muhammadinin nurid dzati as saari fii jami’il atsaar wal asma’ was sifat wa alaa alihi wasohbihi wasallim".

Baca Juga: Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul

3. Sayyidi Syekh Ahmad al-Malawi

 وأفاد سيدي الشيخ أحمد الملوي في صلوات له أنها للإمام الشاذلي وأنها بمائة ألف صلاة وأنها لفك الكرب ولكنها بزيادة ونقص على ما تقدم وهذه صورتها اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد النور الذاتي والسر الساري في جميع الأسماء والصفات.

Artinya :

Sayyidi Syekh Ahmad al-Malawi memberikan faedah dalam kitab sholawatnya bahwa sholawat ini ciptaan Imam as-Syadzili dan sesungguhnya ini sholawat pahalanya sebanding dengan 100.000 sholawat dan manfatnya untuk memecahkan segala kesulitan, tetapi dengan penambahan dan pengurangan sebagaimana terdahulu. inilah bacaan sholawatnya :

allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa muhammadidnin nurid dzati was sirris saari fii jaami’il asma’i was shifaati. 

4. Syeikh Muhammad Uqailah

 وذكرها شيخنا الشيخ محمد عقيلة في صلوات له بلفظ اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا ومولانا محمد النور الذاتي والسر الساري سره في جميع الآثار والأسماء والصفات وسلم تسليماً ا.ه.

Artinya: 

Syaikhuna,  Syaikh Muhammad Uqailah dalam beberapa sholawat nya menyebutkan dengan lafadz: 

Allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa wamaulana muhammadinin nurid dzati was sirri  as saari sarrihi fii jami’il atsaar wal asma’ i was sifati wasallim taslima. 

Sholawat Nuridzati Yang Asli dan Artinya

Pembahasan diatas sudah kami terangkan tengtang sholawat nuridzati yang asli dan artinya beserta beberapa pendapat ulama' tentangnya. Berikut ini adalah arti dari sholawat nuridzati perkata :

Bacaan Arab Latin Artinya
الّلهمّ Allahumma Ya Allah
صلّ Sholli Semoga rahmat
وسلّم Wasallim dan keselamatan
وبارك Wabarik dan keberkahan
على سيّدنا 'Ala sayyidina Atas tuan kita
محمّد Muhammadin Muhammad
النّور الذّاتي An nuridzati Yang mempunyai cahaya dzat
والسّر السّاري Wassirris sari Rahasia yang memiliki rahasia
في سائر الأسماء Fii sairil asma'i Dalam semua nama-nama
والصّفات Wasshifati dan sifat-sifat

Demikian pembahasan mengenai bacaan sholawat nuridzati yang asli arab latin dan artinya. Semoga memberi banyak manfaat bagi para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment