Barakallah Fii Umrik Fii Rizki Fii Ilmi Fi Dunya Wal Akhirat Tulisan Arab

Barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat merupakan ucapan selamat ulang tahun untuk seseorang dengan harapan orang tersebut diberikan keberkahan umur, rezeki, ilmu didunia dan akhirat.

Banyak lafadz atau doa ucapan selamat ulang tahun yang sering diucapkan oleh seseorang, diantaranya :

  • Mabruk alfa mabruk yaum miladik mabruk
  • Sanah helwah barakallah fi umrik wa hayatik
  • Milad mubarak barakallah fii umrik
  • Yaumul milad, barakallah fii umrik
  • Miladuki saidah barakallah fi i umrik

Dalam artikel ini kami akan membahas ucapan selamat ulang tahun barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat tulisan arab dan akan kami bedah artinya perkata dengan benar.

Simak sampai selesai agar tidak salah dalam menulis dan mengartikan.

Table of Contents

Barakallah Fii Umrik Fii Rizki Fii Ilmi Fi Dunya Wal Akhirat Arab

barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat tulisan arab
barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat

Waktu dulu, ucapan selamat ulang tahun yang biasa diucapkan warga Indonesia khususnya para remaja adalah "happy birthday to you" bahkan ucapan tersebut sampai dijadikan sebuah lagu untuk ulang tahun.

Seiring berkembangnya waktu, masyarakat Indonesia khususnya remaja pada saat ini lebih menyukai trend penggunaan bahasa arab untuk ucapan sehari-hari tak terkecuali ucapan selamat ulang tahun.

Salah satu ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab yang sering diucapkan sebagian orang adalah barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat.

Tulisan arabnya adalah sebagai berikut :

بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكَ فِيْ رِزْقِكَ فِيْ عِلْمِكَ فِيْ الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ

Barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat tulisan arab tanpa harakat (gundul) yaitu :

بارك الله في عمرك في رزقك في علمك في الدنيا والأخرة

Penjabaran dari cara penulisan arab Barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat adalah sebagai berikut :

  • Barakallah (بَارَكَ اللهُ) : بَارَكَ merupakan fiil madhi tsulasi mazid biharfin ikut wazan فَاعَلَ failnya berupa lafadz jalalah اللهُ.
  • Fii umrik (فِيْ عُمْرِكَ) : فِيْ merupakan huruf jar yang berfungsi mengejarkan isim. Lafadz عُمْرِكَ dijarkan oleh huruf jar فِيْ maka dibaca jar dengan tanda kasrah karena merupakan isim mufrad. Dhomir كَ merupakan dhomir muttasil mahal jar karena menjadi mudhof ilaih dari عُمْرِ.
  • Fii Rizkik (فِيْ رِزْقِكَ) : فِيْ merupakan huruf jar yang berfungsi mengejarkan isim. Lafadz رِزْقِكَ dijarkan oleh huruf jar فِيْ maka dibaca jar dengan tanda kasrah karena merupakan isim mufrad. Dhomir كَ merupakan dhomir muttasil mahal jar karena menjadi mudhof ilaih dari رِزْقِ.
  • Fii Ilmik (فِيْ عِلْمِكَ) : فِيْ merupakan huruf jar yang berfungsi mengejarkan isim. Lafadz عِلْمِكَ dijarkan oleh huruf jar فِيْ maka dibaca jar dengan tanda kasrah karena merupakan isim mufrad. Dhomir كَ merupakan dhomir muttasil mahal jar karena menjadi mudhof ilaih dari عِلْمِ
  • Fii Dunya (فِيْ الدُّنْيَا) : فِيْ merupakan huruf jar yang berfungsi mengejarkan isim. Lafadz الدُّنْيَا dijarkan oleh huruf jar فِيْ maka dibaca jar dengan tanda kasrah muqaddarah karena merupakan isim maqshur.
  • Wal akhirat (وَالأَخِرَةِ) : وَ merupakan huruf athof. Lafadz الأَخِرَةِ athof kepada lafadz 

Tulisan arab barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat yang benar adalah :

بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكَ فِيْ رِزْقِكَ فِيْ عِلْمِكَ فِيْ الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ

Barakallah Fii Umrik Fii Rizki Fii Ilmi Fi Dunya Wal Akhirat Artinya

Pengucapan selamat ulang tahun dengan lafadz barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat sebenarnya tulisan arabnya berbeda dengan yang kami tuliskan diatas. Kenapa berbeda, simak penjelasan kami.

Tulisan arab dengan bacaan latin barakallah fii umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat adalah sebagai berikut

بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكَ فِيْ رِزْقِ فِيْ عِلْمِ فِيْ دُنْيَا وَالأَخِرَةِ

Jika tulisannya seperti ini, maka qaidah bahasa arab dan artinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena terjadi kesalahan penulisan dari lafadz فِيْ رِزْقِ فِيْ عِلْمِ فِيْ دُنْيَا وَالأَخِرَةِ. 

Berikut penjelasannya :

  • فِيْ رِزْقِ jika diartikan artinya didalam rizki. Rizki itu umum, padahal didepan dijelaskan bahwa semoga Allah memberikan keberkahan didalam umurmu(secara khusus merujuk kepada kamu) Lalu tiba-tiba didalam rizki. Kata rizki disini menjadi rancu, rizki siapa? tentu saja jawabannya adalah rizkimu. jika didalam rizkimu maka bahasa arabnya adalah فِيْ رِزْقِكَ
  • فِيْ عِلْمِ jika diartikan artinya didalam ilmu. Ilmu itu umum, padahal didepan dijelaskan bahwa semoga Allah memberikan keberkahan didalam ilmumu(secara khusus merujuk kepada kamu). Lalu tiba-tiba didalam rizki. Kata ilmu disini menjadi rancu, ilmu siapa? tentu saja jawabannya adalah ilmumu. jika didalam ilmumu maka bahasa arabnya adalah فِيْ عِلْمِكَ.
  • فِيْ دُنْيَا artinya didalam dunia. Dunia ini sudah jelas yaitu apa yang sedang kita jalani saat ini. Maka dunia termasuk isim makrifat, maka penggunaannya memakai al dibaca فِيْ الدُّنْيَا.

Maka penulisannya yang benar adalah :

بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكَ فِيْ رِزْقِكَ فِيْ عِلْمِكَ فِيْ الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ

Latin : Barakallah fi umrik fii rizkik fii ilmik fid dunya wal akhirat

Artinya : Semoga Allah memberikan keberkahan didalam umur, rezeki dan ilmumu didunia dan diakhirat.

Walaupun tulisan arabnya sudah kami benarkan tetapi jika dilihat dari kaidah tata bahasa arab penulisannya masih kurang benar karena terdapat beberapa jar majrur yang bersambungan tanpa adanya pemisah huruf jar.

Seharusnya tulisan arabnya adalah sebagai berikut :

بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكَ وَفِيْ رِزْقِكَ وَفِيْ عِلْمِكَ وَفِيْ الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ

Ucapan selamat ulang tahun barakallah fi umrik fii rizki fii ilmi fid dunya wal akhirat dapat diucapkan untuk laki-laki ataupun perempuan.

Karena pada dasarnya harakat yang tedapat pada dhomir كَ untuk laki-laki ataupun dhomir كِ untuk perempuan pengucapannya diwaqafkan didalam bahasa indonesia, sebagai contoh فِيْ عُمْرِكَ atau فِيْ عُمْرِكِ dibaca fi umrik.

Adapun jawaban dari barakallah fi umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat adalah :

  • Aamiin آمِيْن : karena ucapan tersebut berisi doa agar Allah memberika keberkahan didalam umur, rezeki, ilmu didunia dan akhirat maka doa tersebut dapat dijawab dengan Aamin yang artinya semoga Allah mengabulkan.
  • Wafiika barakallah  : Mereka yang telah mendoakan kita sepaya kita mendapatkan berkah dari Allah, tidak ada salahnya kita juga mendoakan mereka dengan hal yang serupa yaitu dijawab wafika barakallah yang artinya semoga Allah memberikan berkah juga kepada kamu.

Inilah arti perkata barakallah fi umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat.

Tulisan Arab Latin Artinya
بَارَكَ Baraka Semoga memberikan keberkahan
اللهُ Alllah Allah
فِيْ 'Ala Atas
عُمْرِكَ Umrika Umurmu
رِزْقِكَ Rizqika Rizkimu
عِلْمِكَ Ilmika Ilmumu
الدُّنْيَا Ad-dunya Dunia
وَ Wa Dan
الأَخِرَةِ Al Akhirat Akhirat

Demikian pembahasan mengenai arti dari barakallah fi umrik fii rizki fii ilmi fi dunya wal akhirat dan tulisan arabnya disertai penjelasannya secara mendalam. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment