25 Contoh Kalimat Mubtada Khobar Dalam Al Quran

Contoh mubtada khobar didalam Al Quran sangat banyak, diantaranya dapat kita jumpai dalam Surat Al Baqarah ayat 5 yang berbunyi اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ. Mubtada berupa lafadz اُولٰۤىِٕكَ dan khobarnya berupa jar majrur عَلٰى هُدًى . dan juga اُولٰۤىِٕكَ yang kedua berlaku sebagai mubtada sedangkan khobarnya berupa jumlah ismiyah yaitu هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ.

Sebagian dari teman-teman mungkin bertanya kenapa kalimat diatas bisa ditarkib mubtada bukan khobar dan lain sebagainya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus tahu definisi dari mubtada dan khobar, apa saja ciri-cirinya setelah itu kita akan mengetahui contoh-contoh mubtada khobar yang benar.

Dalam kesempatan kali ini zonasantri.com akan menjelaskan dan memberikan contoh tarkib mubtada khobar yang terdapat dalam Al Quran agar dapat dijadikan pembelajaran bagi teman-teman yang membutuhkan.

Apa Yang dimaksud Mubtada dan Khobar ?

contoh kalimat mubtada khobar dalam alquran
contoh kalimat mubtada khobar

Mubtada adalah isim yang dibaca rofa' yang sepi dari 'amil lafdziyah, sedangkan khobar adalah isim yang dibaca rofa' yang disandarkan kepada mubtada. Contohnya زيدٌ قائمٌ , Lafadz زيدٌ berlaku sebagai mubtada sedangkan lafadz قائمٌ berlaku sebagai khobar.

Mubtada ada 2 macam, yaitu berupa isim dhohir dan berupa isim dhomir. Mubtada yang berupa isim dhohir contohnya زيدٌ قائمٌ sedangkan mubtada yang berupa isim dhomir ada 12 yaitu :

  1. أنا
  2. نحن
  3. أنتَ
  4. أنتِ
  5. أنتما
  6. أنتم
  7. أنتنَّ
  8. هو
  9. هي
  10. هما
  11. هم
  12. هنّ
Begitu juga dengan khobar ada 2 macam, yaitu khobar mufrod dan ghairu mufrod. Khobar mufrod contohnya زيدٌ قائمٌ ,sedangkan khobar ghairu mufrod ada 4 macam yaitu :
  1. Jar majrur, Contohnya زيدٌ في الدار
  2. Dhorof, Contohnya زيدٌ عندك
  3. Fiil fail, Contohnya زيدٌ قام أبوه
  4. Mubtada khobar, Contohnya زيدٌ أبوه قائم

10 Contoh Kalimat Mubtada Khobar

Contoh kalimat mubtada khobar sering dijumpai dalam kitab-kitab fiqih terutama pada bagian awal dalam penjelasan masing-masing bab, diantara contoh kalimat mubtada khobar dalam kitab-kitab fiqih antara lain : 

  • فروض الوضوء ستّة أشياء Artinya Beberapa fardhu wudhu ada 6 perkara
  • فرائض الغسل ثلاثة أشياء Artinya Beberapa fardhu mandi ada 3 perkara
  • شرائط التيمّم خمسة أشياء Artinya Syarat-syarat tayamum ada 5 perkara
  • والذي ينقض الوضوء خمسة أشياء Artinya Perkara yang membatalkan wudhu ada 5 perkara
  • والذي يوجب الغسل ستّة أشياء Artinya Perkara yang mewajibkan mandi ada 6 perkara
  • وكلّ مائع خرج من السبيلين نجس Artinya Setiap benda cair yang keluar dari 2 kemaluan (qubul dan dubur) adalah najis
  • شرائط وجوب الصلاة ثلاثة أشياء Artinya Syarat-syarat wajib sholat ada 3 perkara
  • شرائط الصلاة قبل الدخول فيها خمسة أشياء Artinya Beberapa syarat sholat sebelum mengerjakan sholat ada 5 perkara.

Contoh Mubtada Khobar dalam Surat Al Baqarah

  • Ayat 5 : اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ٥ Artinya : Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.
  • Ayat 8 : وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ ٨ Artinya : Di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari Akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang mukmin.
  • Ayat 54 : وَاِذْ قَالَ مُوْسٰى لِقَوْمِهٖ يٰقَوْمِ اِنَّكُمْ ظَلَمْتُمْ اَنْفُسَكُمْ بِاتِّخَاذِكُمُ الْعِجْلَ فَتُوْبُوْٓا اِلٰى بَارِىِٕكُمْ فَاقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ عِنْدَ بَارِىِٕكُمْۗ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ ٥٤ Artinya : (Ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku, sesungguhnya kamu telah menzalimi dirimu sendiri dengan menjadikan (patung) anak sapi (sebagai sembahan). Oleh karena itu, bertobatlah kepada Penciptamu dan bunuhlah dirimu.27) Itu lebih baik bagimu dalam pandangan Penciptamu. Dia akan menerima tobatmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.
  • Ayat 55 : وَاِذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نُّؤْمِنَ لَكَ حَتّٰى نَرَى اللّٰهَ جَهْرَةً فَاَخَذَتْكُمُ الصّٰعِقَةُ وَاَنْتُمْ تَنْظُرُوْنَ ٥٥ Artinya : (Ingatlah) ketika kamu berkata, “Wahai Musa, kami tidak akan beriman kepadamu sebelum melihat Allah dengan jelas.” Maka, halilintar menyambarmu dan kamu menyaksikan(-nya).
  • Ayat 72 : وَاِذْ قَتَلْتُمْ نَفْسًا فَادّٰرَءْتُمْ فِيْهَا ۗ وَاللّٰهُ مُخْرِجٌ مَّا كُنْتُمْ تَكْتُمُوْنَ ۚ ٧٢ Artinya : (Ingatlah) ketika kamu membunuh seseorang lalu kamu saling tuduh tentang itu. Akan tetapi, Allah menyingkapkan apa yang selalu kamu sembunyikan.
  • Ayat 81 : بَلٰى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَّاَحَاطَتْ بِهٖ خَطِيْۤـَٔتُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ٨١ Artinya : Bukan demikian! Siapa yang berbuat keburukan dan dosanya telah menenggelamkannya, mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.
  • Ayat 82 : وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْجَنَّةِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ࣖ ٨٢ Artinya : Adapun orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka itulah penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya.
  • Ayat 86 : اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اشْتَرَوُا الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا بِالْاٰخِرَةِ ۖ فَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمُ الْعَذَابُ وَلَا هُمْ يُنْصَرُوْنَ ࣖ ٨٦ Artinya : Mereka itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan (kehidupan) akhirat. Maka, azabnya tidak akan diringankan dan mereka tidak akan ditolong.
  • Ayat 95 : وَلَنْ يَّتَمَنَّوْهُ اَبَدًاۢ بِمَا قَدَّمَتْ اَيْدِيْهِمْ ۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ ۢ بِالظّٰلِمِيْنَ ٩٥ Artinya : Akan tetapi, mereka tidak akan menginginkan kematian itu sama sekali karena (dosa-dosa) yang telah dilakukan oleh tangan-tangan mereka. Allah Maha Mengetahui orang-orang zalim.
  • Ayat 130 : وَمَنْ يَّرْغَبُ عَنْ مِّلَّةِ اِبْرٰهٖمَ اِلَّا مَنْ سَفِهَ نَفْسَهٗ ۗوَلَقَدِ اصْطَفَيْنٰهُ فِى الدُّنْيَا ۚوَاِنَّهٗ فِى الْاٰخِرَةِ لَمِنَ الصّٰلِحِيْنَ ١٣٠ Artinya : Siapa yang membenci agama Ibrahim selain orang yang memperbodoh dirinya sendiri? Kami benar-benar telah memilihnya (Ibrahim) di dunia ini dan sesungguhnya di akhirat dia termasuk orang-orang saleh.
27) Menurut sebagian mufasir, perintah untuk membunuh diri pada ayat ini berarti perintah bagi orang yang tidak menyembah patung anak sapi untuk membunuh orang yang menyembahnya. Namun, perintah itu bisa pula dipahami sebagai perintah kepada orang-orang yang menyembah patung anak sapi itu untuk saling membunuh atau membunuh diri mereka sendiri sebagai bentuk tobat kepada Allah.

Contoh Mubtada Khobar di Juz 30

  1. Al Balad ayat 2 : وَاَنْتَ حِلٌّۢ بِهٰذَا الْبَلَدِۙ٢ Artinya : sedangkan engkau (Nabi Muhammad) bertempat tinggal di negeri (Makkah) ini.
  2. Al Balad ayat 18 : اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِۗ ١٨ Artinya : Mereka itulah golongan kanan.
  3. An Naba ayat 29 : ذٰلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّۚ فَمَنْ شَاۤءَ اتَّخَذَ اِلٰى رَبِّهٖ مَاٰبًا ٣٩ Artinya : Itulah hari yang hak (pasti terjadi). Siapa yang menghendaki (keselamatan) niscaya menempuh jalan kembali kepada Tuhannya (dengan beramal saleh).
  4. An Naziat ayat 27 : ءَاَنْتُمْ اَشَدُّ خَلْقًا اَمِ السَّمَاۤءُ ۚ بَنٰىهَاۗ ٢٧ Artinya : Apakah penciptaan kamu yang lebih hebat ataukah langit yang telah dibangun-Nya?
  5. Abasa ayat 8 : وَاَمَّا مَنْ جَاۤءَكَ يَسْعٰىۙ ٨ Artinya : Adapun orang yang datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan pengajaran),
  6. Abasa ayat 9 : وَهُوَ يَخْشٰىۙ ٩ Artinya : sedangkan dia takut (kepada Allah),
  7. Abasa ayat 10 : فَاَنْتَ عَنْهُ تَلَهّٰىۚ ١٠ Artinya : malah engkau (Nabi Muhammad) abaikan.
  8. Abasa ayat 12 : فَمَنْ شَاۤءَ ذَكَرَهٗ ۘ ١٢ Artinya : Siapa yang menghendaki tentulah akan memperhatikannya
  9. Al Infitar ayat 19 : يَوْمَ لَا تَمْلِكُ نَفْسٌ لِّنَفْسٍ شَيْـًٔا ۗوَالْاَمْرُ يَوْمَىِٕذٍ لِّلّٰهِ ࣖ ١٩ Artinya : (Itulah) hari (ketika) seseorang tidak berdaya (menolong) orang lain sedikit pun. Segala urusan pada hari itu adalah milik Allah.
  10. Al Insyiqaq ayat 23 : وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا يُوْعُوْنَۖ ٢٣ Artinya : Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan (dalam hati mereka).
Demikian pembahasan mengenai contoh kalimat mubtada khobar didalam Al Quran dan juga macam-macamnya semoga memberi banyak manfaat bagi para pembaca yang sedang belajar bahasa arab khususnya ilmu Nahwu dan shorof.
Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment