Sholawat Jibril : Asal Usul, Bacaan, Cara Pengamalan dan Khasiatnya

Sholawat jibril dengan bacaan shollallahu 'ala muhammad (صلّى الله على محمّد) termasuk sholawat yang paling pendek juga merupakan salah satu sholawat yang populer di Indonesia dan sering diamalkan selain sholawat nariyah, sholawat fatih, sholawat munjiyat dan lain sebagianya.

Dalam pengamalannya, banyak ijazah yang diberikan para ulama' atau kiai untuk mendawamkan (mengistiqomahkan) bacaan sholawat jibril 1000x dalam sehari untuk mendapatkan manfaat tertentu. Apa saja manfaat sholawat jibril dan bagaimana cara mengamalkannnya. Mari kita simak ulasan dari zonasantri.com agar kita tahu asal usul sholawat jibril dan bacaannya.

Table of Contents

Asal Usul Sholawat Jibril

bacaan sholawat jibril pendek
bacaan sholawat jibril arab

Didalam buku Sholawat Gembolan dijelaskan asal usul sholawat jibril adalah ketika Alloh menciptakan Siti Hawa, Alloh memberi rasa ketertarikan kepada Nabi Adam terhadap Ibu Hawa, Namun ketika Nabi Adam ‘Alaihis salam hendak mendekati atau dalam bahasa lain “mengulurkan tangan mungkin maksudnya menyentuh” Ibu Hawa, Alloh melarang beliau. Alloh melarang beliau menyentuh ibu Hawa sebelum memberi mahar kepadanya. Ternyata mahar itu berupa bacaan sholawat.

Malaikat Jibril ‘Alaihis Salam diperintah oleh Alloh ta’ala untuk mentalqin bacaan sholawat itu kepada Nabi Adam ‘Alaihis Salam. Karena itulah ijazah sholawat yang agung ini dinamakan Sholawat Jibril. Sholawat dari Yang Maha Mulia, ditalkinkan oleh Malaikat yang mulia, dan diterima oleh Manusia mulia.

Bacaan Sholawat Jibril Pendek dan Artinya

Diantara banyaknya bacaan sholawat nabi, terdapat sholawat yang pendek dan mudah unr=tuk dihafal yaitu sholawat jibril. Untuk mengetahui bacaan sholawat jibril yang benar terlebih dahulu harus mengetahui tulisan arabnya yang benar. Tulisan arab sholawat jibril adalah sebagai berikut :

  • Arab gundul :  صلّى الله على محمّد
  • Arab berharakat : صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Setelah mengetahui tulisan arabnya yang benar, bacaan sholawat jibril pendek adalah sebagai berikut :

صلّى الله على محمّد

Shollallahu 'ala Muhammad

Artinya : Semoga Allah memberikan rahmat kepada Nabi Muhammad.

Sholawat jibril merupakan sholawat yang paling pendek dengan bacaan صلّى الله على محمّد (Shollallahu 'ala Muhammad) dibandingkan bacaan sholawat lainnya sehingga mudah untuk dihafalkan dan diamalkan. Bacaan sholawat jibril berbeda dengan bacaan sholawat jibril muthowwif binnur.

Di Indonesia, sholawat jibril juga dijadikan sebuah lagu dengan penambahan beberapa lirik sholawat yang lain. Inilah lirik sholawat jibril berbentuk lagu :

صلى الله على محمد

Shollallahu ala muhammad

صلى الله عليه وسلم

Shollallahu alaihi wasallam

صلى الله على محمد

Shollallahu ala muhammad

صلى الله عليه وسلم

Shollallahu alaihi wasallam

أنت شمس أنت بدر

Anta syamsun anta badrun

أنت نور فوق نور

Anta nurun fauqo nur

أنت شمس أنت بدر

Anta syamsun anta badrun

أنت نور فوق نور

Anta nurun fauqo nur

أنت إِكسير وغالي

Anta iktsiru wagholi

أنت مصباح الصدور

Anta misbahus sudur

يا حبيبى يا محمد

Ya habibi ya Muhammad

يا عروس الخافقين

Ya arusal khofiqoini

يا حبيبى يا محمد

Ya habibi ya Muhammad

يا عروس الخافقين

Ya arusal khofiqoini

يا مؤيد يا ممجد

Ya Muayyad ya mumajjad

يا إِمام القبلتين

Ya imamal qiblataini

صلى الله على محمد

Shollallahu 'ala muhammad

صلى الله عليه وسلم

Shollallahu 'alaihi wasallam

صلى الله على محمد

Shollallahu 'ala muhammad

صلى الله عليه وسلم 

Shollallahu 'alaihi wasallam

Cara Pengamalan Sholawat Jibril

Sholawat jibril merupakan sholawat yang pendek tetapi dahsyat khasiatnya. Menurut penuturan Kiai Kholil Bisri dalam buku Kumpulan Ijazah Sholawat, Sholawat jibril biasa diwiridkan sebanyak 1000x oleh para kiai kuno.

Baca Juga : Sholawat Ibrahimiyah Yang Benar dan Khasiatnya

Adapun cara mengamalkan sholawat jibril adalah :
  • Untuk membuka jalan memperoleh berkah dalam segala upaya : dibaca sekaligus 1000x dan bisa dicicil setelah sholat maktubah ( sholat 5 waktu) sebanyak 200x.
  • Untuk mempercepat ijabah bagi hajat mendesak : dibaca 1000x sekaligus dalam 1 majelis (1x duduk tidak boleh berhenti) dan dilakukan setelah sholat hajat 2 rakaat, yang sebaiknya dilakukan pada tengah malam. Setelah membaca 1000x lalu membaca doa tawasul.
  • Untuk memperoleh hajat yang dirasa sulit dijangkau menurut ukuran kemampuan : Di baca sebanyak 15.000x dengan tata cara seperti diatas, setelah selesai membaca doa tawassul.
Inilah doa tawasul setelah membaca sholawat jibril :

أَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ وَأَتَوَجَّهٗ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدْ, نَبِيِّ الرَّحْمَةْ. يَاسَيِّدِيْ يَامُحَمَّدْ إِنِّيْ أَتَوَسَّلُ بِكَ إلٰى رَبِّيْ فَشَفِّعْهُ فِيَّ لِقَضَاءِ حَاجَاتِيْ, وَهِيَ
... (disebutkan hajatnya).

Latin : Allahumma inni asaluka wa atawajjahu ilaika binabiyyika muhammadin nabiyyir rahmah ya sayyidi ya muhammad inni atawassalu bika ila rabbi fasyaffi'hu fiyya liqadhai hajati, wahiya...

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu dan menghadap kepada-Mu dengan perantara nabi-Mu Muhammad yaitu Nabi pembawa rahmat. Wahai junjunganku, wahai Muhammad sesungguhnya aku memohon kepada Tuhanku dengan perantaramu (Muhammad) maka mohonkanlah pertolongan kepada Allah bagiku untuk memenuhi kebutuhanku, yaitu... (disebutkan hajatnya).

Khasiat Sholawat Jibril

Didalam kitab Afdhalus Sholawat diterangkan :

قال الامام الشعراني كان صلى الله عليه و سلم يقول من قال هذه الصلاة فقد فتح على نفسه سبعين بابا من الرحمة و ألقى الله محبته في قلوب الناس فلا يبغضه الا من في قلبه نفاق 

Artinya : Imam sya'roni berkata, Rasulullah SAW telah bersabda : Barang siapa membaca sholawat ini (صلى الله على محمد) maka ia telah membuka 70 pintu rahmat dan Allah memberikan cinta kepadanya dihati manusia, maka manusia tidak akan membencinya kecuali orang yang dihatinya terdapat sifat munafik.

Dari penjelasan ini dan penjelasan-penjelasan diatas yang sudah kami tuturkan, dapat diketahui beberapa khasiat sholawat jibril diantaranya :

  • Membuka jalan memperoleh berkah 
  • Mempercepat hajat untuk diijabah (dikabulkan)
  • Mempercepat hajat yang sulit dicapai
  • Membuka 70 pintu rahmat
  • Dicintai Manusia dll.
Demikian pembahasan kami mengenai cara pengamalan sholawat jibril dan khasiatnya beserta asal usul bacaan sholawat jibril. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca terlebih dapat meningkatkan kecintaan kepada Allah dan Rasulnya.
Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment